invisible bg invisible ico

Obat Cacar Air pada Anak: Penanganan hingga Sembuh Total

Obat Cacar Air pada Anak: Penanganan Hingga Sembuh TotalSebagian orangtua mungkin akan kalang kabut begitu mengetahui buah hati mereka terkena penyakit cacar air, yang membuat mereka banyak mencari informasi mengenai obat cacar air pada anak. Penyakit cacar air atau yang juga disebut dengan varisela biasa menyerang anak-anak dengan menyebabkan munculnya bintil merah berisi cairan dan gatal di seluruh tubuh. Meskipun biasanya diderita oleh anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun, penyakit cacar air juga dapat menyerang orang dewasa. Orang dewasa yang lebih rentan terkena cacar air misalnya ibu hamil dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. Umumnya, orang dewasa yang pernah sekali terkena cacar air pada masa kanak-kanaknya tidak akan terkena cacar air lagi untuk kedua kalinya.

Penyakit cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus ini menular melalui droplet pada saat bersin atau batuk, atau melalui kontak langsung dengan pakaian, sprei, atau cairan yang keluar dari bintil kulit seseorang yang terinfeksi virus tersebut. Gejala akan timbul dalam waktu 10-21 hari setelah seseorang terkena paparan virus. Penyakit cacar air ditandai dengan munculnya ruam di kulit sebagai gejala utama. Ruam ini akan berkembang menjadi bintil merah yang menyebar hingga seluruh tubuh. Bintil merah tersebut kemudian akan terisi dengan cairan, yang perlahan mengering dan sembuh.

Meskipun demikian, seseorang yang terinfeksi sudah dapat menularkan virus ini ke orang lain satu atau dua hari sebelum ruam muncul, dimana ia baru merasakan demam, sakit kepala, dan hilang nafsu makan (pada waktu tersebut seseorang biasanya belum menyadari bahwa ia sedang menderita cacar air). Hingga seluruh bintil mengering dan sembuh, individu tersebut masih dapat menularkan virus ke orang lain.

Apa Obat Cacar Air pada Anak yang Tepat?

Sebagian besar kasus penyakit cacar air tidak memerlukan langkah penanganan khusus karena tujuan pengobatan yang diberikan hanya untuk mengurangi gejala. Obat-obatan yang diberikan oleh dokter biasanya ada dua jenis. Yang pertama yaitu parasetamol untuk menurunkan demam. Yang kedua adalah bedak atau losion untuk mengurangi rasa gatal di kulit.

Cacar air disebabkan oleh virus, sehingga tidak akan merespon terhadap antibiotik. Terkadang, bagi kelompok yang lebih rentan mengalami komplikasi akibat penyakit cacar air, dokter akan meresepkan antivirus acyclovir. Acyclovir berfungsi meringankan gejala-gejala cacar air dan hanya efektif jika diberikan dalam jangka waktu 24 jam setelah ruam pertama kali muncul. Selain obat cacar air pada anak yang disebutkan di atas, sebagai orangtua Anda juga dapat melakukan beberapa langkah berikut untuk merawat buah hati Anda yang sedang terkena cacar air:

  • Meminimalkan kemungkinan buah hati Anda menggaruk kulitnya

Idealnya, seseorang yang tengah menderita penyakit cacar air disarankan untuk tidak menggaruk kulitnya. Bintil cacar air yang tergaruk akan menjadi luka sehingga dapat meningkatkan resiko infeksi (selain tentu saja dapat meninggalkan bekas luka). Namun pada anak-anak, hal ini mungkin sulit dilakukan. Salah satu trik yang dapat Anda lakukan adalah dengan membungkus tangan dan kakinya dengan sarung tangan dan kaos kaki. Selain itu, Anda dapat memotong pendek kuku jari buah hati Anda.

  • Handuk lembab untuk meredakan gatal

Seperti yang telah disebutkan, obat cacar air pada anak untuk mengurangi gatal dapat berupa losion, bedak kalamin, atau chlorphenamine yang dapat diminum oleh anak-anak berusia satu tahun atau lebih. Selain itu, Anda dapat juga meletakkan handuk yang dingin dan lembab ke area yang gatal lalu biarkan sisa-sisa air yang ada di permukaan kulit mengering dengan sendirinya.

  • Lawan demam dengan memberikan banyak cairan

Berikan banyak cairan pada buah hati Anda, apalagi jika ia demam, untuk mencegahnya mengalami dehidrasi. Apabila ia masih menyusui, susuilah ia sesering mungkin agar di saat yang bersamaan ia juga memperoleh antibodi dan nutrisi yang cukup untuk melawan penyakit. Apabila buah hati Anda berusia lebih dari dua bulan, Anda dapat memberikan parasetamol (yang jamak digunakan sebagai obat cacar air pada anak untuk menurunkan suhu dan meredakan nyeri).

  • Pilih pakaian yang tepat

Rasa gatal dan kadang nyeri tentunya bukan kondisi yang nyaman bagi anak-anak. Anda dapat meringankan sakitnya dengan memakaikan baju yang longgar, mudah diganti, dan menyerap keringat. Katun adalah pilihan bahan terbaik agar buah hati Anda berkurang rasa gatalnya. Jika anak Anda masih memakai popok sekali pakai, sebaiknya istirahatkan dulu pemakaian popok untuk memberi kesempatan pada bintil-bintil yang mungkin berada di sekitar area pantat dan genital agar mengering dan sembuh.

  • Mandi

Selain mengenai obat cacar air pada anak yang manjur, pertanyaan lain yang paling sering diajukan adalah apakah penderita cacar air boleh mandi atau tidak. Ada kekhawatiran bahwa mandi akan membuat cacar air tidak sembuh-sembuh atau bahkan meluas. Sebagian besar dokter memperbolehkan penderita cacar air untuk mandi. Apalagi cacar air butuh waktu hingga beberapa saat hingga sembuh total, sehingga apabila tidak mandi sama sekali justru kulit menjadi kotor sehingga berpotensi menimbulkan masalah baru.

Namun tentu saja, Anda tetap harus memperhatikan beberapa syarat dan ketentuan dalam memandikan anak Anda yang terkena cacar air. Yang pertama adalah, gunakan air hangat, apalagi jika anak Anda demam. Penggunaan air hangat bertujuan agar tubuh tidak menggigil akibat perbedaan suhu tubuh dan suhu air yang terlalu jauh.

Kedua, mandikan anak Anda dengan perlahan dan hindari penggunaan spon mandi agar tidak memecahkan bintil cacar air. Salah satu prinsip perawatan cacar air adalah menjaga agar bintil cacar air tidak pecah, melainkan mengempis dengan sendirinya. Karena jika pecah, rentan terjadi infeksi sekunder dan juga akan meninggalkan bekas luka.

Ketiga, gunakan handuk lembut untuk mengeringkan tubuh sehabis mandi. Alasannya sama dengan poin sebelumnya, yakni untuk menjaga agar bintil cacar air tidak pecah. Cara mengeringkan badan bagi penderita cacar air bukan dengan menggosokkan handuk ke permukaan kulit, melainkan cukup dengan menempelkannya dengan ringan. Pastikan pula agar handuk bekas penderita cacar air tidak digunakan oleh orang lain, untuk mencegah penularan penyakit.

  • Berikan sirkulasi udara yang baik untuk kamar anak

Selain dibantu dengan obat cacar air pada anak seperti yang telah disebutkan, pemberikan sirkulasi udara yang baik sangat bermanfaat untuk mengurangi gatal. Namun yang perlu diingat adalah untuk tidak mengarahkan semburan angin dari AC atau kipas angin langsung ke badan anak, karena apabila anak demam maka akan bertambah parah dan menggigil.

Bisakah penyakit cacar air dicegah? Tentu saja bisa. Selain dengan melakukan upaya agar penderita cacar air tidak menularkan virus pada orang lain, langkah preventif lain adalah dengan vaksinasi. Vaksin cacar air memang belum termasuk dalam 5 imunisasi dasar yang dianjurkan Departemen Kesehatan. Seseorang yang pernah divaksin cacar air bukan berarti 100% pasti tidak akan terkena penyakit ini.

Namun, resikonya menjadi sangat jauh berkurang dan jika terkenapun umumnya gejala yang timbul tidak separah orang yang belum pernah divaksin. Demikian artikel yang dapat kami sajikan tentang obat cacar air pada anak. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *