invisible bg invisible ico

Obat Bisul di Pantat yang Cepat Mengobati dari Bahan Alami

Obat Bisul di Pantat yang Cepat Mengobati dari Bahan AlamiMenderita penyakit bisul terutama di pantat merupakan hal yang sangat menyiksa, oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas tentang obat bisul di pantat yang terbuat dari bahan alami. Pantat merupakan area yang paling sering terkena bisul karena merupakan daerah yang terdapat timbunan lemak dan areanya yang cenderung lembab. Selain pantat, bisul juga dapat tumbuh di beberapa tempat yang lain, seperti di daerah paha, kepla, muka, ketiak, punggung, dan sebagainya.Jika bisul tumbuh di pantat, maka penderitanya tentunya mengalami kesakitan ketika duduk dan tidak nyaman ketika hendak buang air besar.

Bisul merupakan penyakit peradangan pada kulit yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus yang masuk melalui pori-pori. Bisul ditandai dengan pembengkakan pada area kulit yang membentuk seperti gunung kecil, dimana di dalamnya berisi darah dan nanah. Penderitanya akan merasa nyeri baik ketika tersentuh maupun pada saat didiamkan. Proses pembentukan bisul pertama-tama akan timbul warna kemerahan pada suatu area kulit. Kemudian akan muncul benjolan kecil yang jika disentuh terasa sakit. Benjolan tersebut akan bertambah besar seiring berjalannya waktu dan di dalamnya terkandung nanah.

Beberapa Obat Bisul di Pantat yang Alami yang Terbukti Mujarab

Timbulnya bisul di pantat dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang memicu tumbuhnya bakteri staphylococcus aureus. Faktor tersebut antara lain yaitu kurangnya menjaga kebersihan di area sekitar pantat, lemahnya sistem kekebalan tubuh,maupun  alergi terhadap makanan tertentu. Untuk mengobati bisul di pantat, Anda dapat menggunakan berbagai pilihan obat bisul di pantat dari bahan alami yang ampuh berikut ini:

1. Bawang putih

Bawang putih yang sring digunakan sebagai bumbu dapur ini ternyata dapat digunakan sebagai obat bisul di pantat yang efektif. Bawang putih dikenal memiliki kandungan zat antibiotik alami yang ampuh untuk membasmi bakteri penyebab bisul. Caranya yaitu siapkan 1 siung bawang putih, kupas kulitnya, lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu oleskan pada bisul secukupnya. Memang agak sedikit pedih, tahan sebentar supaya bisul yang Anda derita segera sembuh.

2. Daun sirih

Anda juga dapat mengobati bisul di pantat menggunakan daun sirih. Daun sirih sering digunakan sebagai zat antiseptik yang efektif melawan kuman. Caranya yaitu siapkan kurang lebih 3 lembar daun sirih, cuci sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Setelah halus, oleskan pada area kulit yang menderita bisul. Balut dengan perban supaya tertutup dan lebih meresap. Lakukan cara ini secara teratur 2 kali dalam sehari.

3. Lidah buaya

Lidah buaya telah lama dikenal sebagai tanaman untuk mempercantik kulit dan rambut. Tanaman ini ternyata juga dapat digunakan sebagai obat bisul di pantat. Caranya yaitu siapkan 1 batang lidah buaya, cuci sampai bersih, lalu belah menjadi 2 bagian. Setelah dibelah maka lidah buaya akan mengeluarkan lendir atau gel. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada bisul, biarkan mengering secara alami.

4. Getah daun kamboja

Anda mungkin sering melihat tanaman kamboja sering tumbuh di sekitar area pemakaman. Jangan remehkan tanaman yang satu ini, karena dapat digunakan sebagai obat bisul di pantat yang ampuh. Caranya yaitu petik daun kamboja dari pohonnya, maka otomatis dari pangkal daun akan mengeluarkan getah. Oleskan sesegera mungkin getah daun kamboja tersebut pada area kulit yang menderita bisul. Lakukan cara ini secara teratur maka bisul yang Anda derita akan segera sembuh.

5. Daun bayam duri

Obat bisul di pantat yang berikutnya yaitu menggunakan daun bayam duri. Tanaman bayam duri sering tumbuh di pekarangan tanpa dimanfaatkan. Anda dapat membuat sendiri ramuan dari daun bayam duri dengan mudah. Caranya yaitu siapkan sekitar 3 lembar daun bayam duri, cuvi sampai bersih, lalu ditumbuk. Tambahkan sedikit garam, dan tumbuk bersama-sama daun bayam duri sampai halus. Setelah itu oleskan pada bisul secara merata.

6. Daun katuk

Anda mungkin mengenal khasiat daun katuk untuk memperbanyak produksi air susu ibu. Daun ini ternyata juga mempunyai khasiat sebagai obat bisul di pantat. Caranya yaitu ambil sekitar 1 genggam daun katuk, cuci sampai bersih, lalu ditumbuk hingga halus. Setelah halus, oleskan pada daerah kulih yang menderita bisul.

7. Mentimun dan biji pala

Perpaduan mentimun dan biji pala juga dapat Anda gunakan untuk mengobati bisul di pantat. Caranya yaitu siapkan 1 buah mentimun yang masih segar, kupas kulitnya, lalu dicuci sampai bersih. Setelah itu parut mentimun sampai halus dan tambahkan beberapa biji pala secukupnya. Kemudian bungkus dengan daun pisang dan panggang selama beberapa menit. Lalu angkat dan buka daun pisang tersebut, ambil parutan mentimun yang dicampur biji pala tadi dan oleskan ke bisul selagi masih hangat.

8. Temu lawak dan asam jawa

Selain obat yang dioles, Anda juga dapat membuat obat bisul di pantat yang menyembuhkan dari dalam dengan cara diminum. Bahan yang digunakan yaitu temu lawak dan asam jawa. Kedua jenis bahan ini merupakan tanaman herbal yang bermanfaat untuk membunuh kuman sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan 1 ruas temulawak, diiris tipis-tipis dan masukkan pada panci berisi 2 gelas air. Lalu masukkan ke dalamnya seibu jari asam jawa, dan tambahkan gula aren secukupnya sebagai pemanis. Setelah mendidih lalu diangkat, disaring untuk diambil airnya dan minum secara teratur 2 kali dalam sehari.

Di samping mengobati dengan obat bisul di pantat seperti yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu memperhatikan cara perawatan bisul. Hal yang harus diperhatikan yaitu jangan menekan bisul, sebab hal ini justru akan menimbulkan penyebaran bakteri yang menyebabkan tumbuhnya bisul di tempat lain. Untuk mengurangi nyeri dan mempercepat proses penyembuhan, sebaiknya kompres bisul dengan air hangat secara rutin. Caranya yaitu siapkan lap steril, basahi dengan air hangat, diperas, lalu tempelkan pada bisul. Selain itu Anda juga harus memperhatikan kebersihan pakaian yang Anda pakai, sebab pakaian yang kotor juga akan memudahkan pertumbuhan dan penyebaran bakteri penyebab bisul.

Agar terhidar dari penyakit bisul di pantat, Anda dapat melakukan berbagai langkah pencegahan. Langkah tersebut yaitu dengan cara selalu menjaga kebersihan badan terutama area pantat dengan mandi secara teratur, bersihkan dengan sabun sampai ke area pantat dan sekitarnya. Kemudian saat bercebok, baik setelah buang air kecil maupun buang air besar pastikan benar-benar bersih. Anda juga harus memperhatikan makanan yang Anda makan. Perhatikan apakah ada hubungan setelah Anda makan jenins makanan tertentu dengan munculnya bisul. Hal ini dikarenakan pada beberapa kasus, bisu juga dapat disebabkan karena faktor alergi terhadap makanan tertentu. Selain itu Anda juga perlu meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena bisul, yaitu dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur serta berolahraga secara teratur. Jika bisul yang Anda alami tiak kunjung sembuh atau bahkan bertambah parah, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *