invisible hit counter invisible bg invisible ico

Obat Batuk Kering dan Gatal dari Bahan Alami

Obat Batuk Kering dan Gatal dari Bahan AlamiBatuk kering dan gatal yang tidak tertahankan membuat penderita dan orang di sekelilingnya merasa kurang nyaman, yang pada akhirnya membuat si penderita bergegas mencari obat batuk kering dan gatal. Pada umumnya, terdapat dua tipe batuk: batuk berdahak dan batuk kering, dimana masing-masing dari keduanya terkait dengan kondisi medis yang berbeda. Batuk berdahak adalah apabila ketika Anda batuk disertai dengan keluarnya lendir dari tenggorokan. Batuk berdahak tidak perlu ditahan, karena tipe batuk ini adalah metode alami tubuh untuk membersihkan kuman penyakit di saluran pernafasan. Meskipun demikian, Anda tetap dapat meredakan tipe batuk ini dengan ekspektoran, untuk mengencerkan dahak dan memudahkannya untuk dikeluarkan. Lantas, bagaimana dengan batuk kering?

Batuk kering tidak disertai dengan dahak. Berbeda dengan batuk berdahak yang biasanya disebabkan oleh flu, bronkitis kronis, atau penyakit paru obstruktif kronis, batuk kering lebih sering disebabkan oleh asma, alergi, udara kering, atau adanya partikel tertentu yang masuk ke tenggorokan seperti debu atau sejenisnya. Pada batuk kering terjadi iritasi pada membran mukosa tenggorokan. Inilah sebabnya seseorang yang menderita batuk kering biasanya juga merasakan gatal pada tenggorokan.

Redakan Batuk yang Anda Rasakan dengan Beberapa Obat Batuk Kering dan Gatal Berikut Ini

Rasa gatal di tenggorokan dapat membuat individu batuk sepanjang hari, pada situasi apapun, bahkan di malam hari yang membuat kualitas tidur individu tersebut terganggu. Tentunya kondisi ini membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Di sisi lain, beberapa penelitian menemukan bahwa bahan utama dari obat batuk kering, seperti misalnya dekstrometorfan dan difenhidramin, memiliki efektivitas yang sama dalam mengobati batuk seperti halnya plasebo (zat yang terlihat menyerupai obat namun sebenarnya tidak mengandung bahan kimia dan tidak memiliki efek apapun).

Alih-alih menggunakan bahan kimia buatan untuk mengobati setiap gejala kecil yang timbul, mengapa tidak kita manfaatkan saja bahan-bahan alami di sekitar kita? Di bawah ini adalah beberapa obat batuk kering dan gatal dari bahan alami yang dapat Anda temukan dengan mudah di sekitar Anda.

  • Madu asli

Beberapa penelitian ilmiah, seperti salah satunya yang dipublikasikan oleh Penn State College of Medicine, menemukan bahwa satu sendok makan penuh madu asli dapat bekerja lebih efektif untuk meredakan batuk kering dibandingkan dengan obat-obatan biasanya yang dijual bebas di apotik. Madu memiliki viskositas tinggi, yang bekerja sangat baik dalam melapisi membran mukosa yang mengalami iritasi.

Ketika lebah mengumpulkan madu, mereka menambahkan enzim tertentu pada madu tersebut. Enzim ini berperan sebagai antimikroba alami, yang membuat madu juga dapat mempercepat proses penyembuhan Anda, apabila batuk yang Anda alami disebabkan oleh bakteri. Namun demikian, perlu diingat bahwa tidak dianjurkan memberikan pada anak di bawah usia 1 tahun karena menimbulkan resiko anak terkena infant botulism.

Untuk dapat digunakan sebagai obat batuk kering dan gatal, minum satu sendok makan madu asli sebanyak 1-3 kali dalam sehari untuk mengontrol batuk. Anda suka susu? Madu dikombinasikan dengan susu juga sangat efektif meredakan batuk kering dan nyeri dada yang mungkin Anda rasakan akibat batuk yang terus-menerus. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, minum susu panas dengan tambahan madu ini sebelum tidur. Jika batuk mengganggu Anda di malam hari, minum madu segera sebelum tidur. Untuk anak-anak, Anda dapat mengurangi dosisnya menjadi hanya satu sendok teh sekali minum.

  • Air garam

Rasa gatal yang timbul menyertai batuk kering adalah karena peradangan dan pembengkakan dinding tenggorokan. Air garam bekerja mengurangi ketidaknyamanan ini dengan prinsip osmosis. Konsentrasi air garam lebih tinggi daripada konsentrasi cairan dalam sel-sel tubuh. Ketika air garam mengenai dinding membran mukosa, ia akan menarik cairan keluar dari sel-sel dinding membran mukosa karena konsentrasinya yang tinggi tersebut. Ketika cairan meninggalkan sel-sel dinding membran mukosa, rasa gatal dan pembengkakan akan mereda.

Jika Anda mengalami batuk kering dan gatal disertai dengan sakit tenggorokan, cara ini akan jadi sangat efektif untuk Anda. Agar air garam dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk kering dan gatal dengan maksimal, caranya adalah dengan melarutkan 1 sendok teh garam dalam 250 ml air hangat. Gunakan untuk berkumur selama 15 menit, lalu buang (jangan ditelan). Ulangi dengan air yang masih tersisa, setelah itu berkumurlah dengan air bersih biasa.

  • Jahe

Selama ini kita mengenal jahe sebagai rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai ekspektoran untuk meredakan batuk berdahak saja, yang bekerja dengan cara mengencerkan dahak dan membantu mengeluarkannya dari paru-paru dan tenggorokan. Namun jangan salah, jahe juga dapat digunakan sebagai obat batuk kering dan gatal.

Apa yang Anda butuhkan adalah 3 sendok makan jahe yang sudah dicuci bersih dan digeprek, 4 cangkir air, dan 1 cangkir madu. Sebagai tambahan, sertakan 1 sendok makan peppermint yang sudah dikeringkan (peppermint berkhasiat meredakan rasa gatal di tenggorokan). Dengan bahan-bahan tersebut, Anda akan membuat sirup obat batuk Anda sendiri.

Caranya adalah, masukkan jahe dan peppermint dalam air yang sudah disiapkan. Didihkan perlahan-lahan dengan api kecil. Rebus hingga air yang tersisa hanya setengahnya. Biarkan dingin, lalu masukkan madu sambil diaduk-aduk sampai tercampur merata. Masukkan dalam botol dan minum 1 sendok makan tiap beberapa jam sesuai kebutuhan hingga batuk Anda mereda. Campuran ini dapat disimpan dalam lemari es dan dapat bertahan hingga 3 minggu lamanya.

  • Kunyit

Kunyit dikenal sebagai bumbu untuk memberi warna berbagai jenis masakan, seperti kari, opor ayam, atau nasi kuning. Namun tidak banyak orang yang mengetahui manfaat kunyit untuk kesehatan, salah satu di antaranya adalah untuk obat batuk kering dan gatal. Ada beberapa cara menggunakan kunyit untuk mengobati batuk. Yang pertama adalah dengan menumbuk kunyit segar sampai halus, lalu mencampurnya dengan air dan madu, dan meminumnya dua kali dalam sehari. Cara ini adalah yang paling sederhana.

Cara kedua, jika Anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk menumbuk kunyit, Anda dapat menggunakan bubuk kunyit yang banyak dijual di swalayan. Panaskan setengah cangkir air, tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit dan 1 sendok teh lada hitam ke dalamnya, tunggu hingga mendidih selama 2-3 menit. Tambahkan 1 sendok makan madu untuk menambah cita rasa dan meningkatkan khasiatnya. Minum larutan ini setiap hari hingga batuk mereda.

  • Jeruk lemon

Tidak hanya jeruk lemon dapat mengusir batuk kering dan gatal yang Anda alami, namun juga dapat memberikan ekstra perlindungan pada tubuh karena tingginya kandungan vitamin C di dalamnya. Anda dapat mencampurkan 2 sendok makan jus jeruk lemon dan 1 sendok makan madu… dan jadilah obat batuk kering dan gatal sederhana buatan sendiri. Minum beberapa kali dalam sehari.

Tidak begitu sulit bukan, mendapatkan beberapa bahan alami seperti yang telah disebutkan di atas di sekitar Anda? Bahkan sebagian besar pasti sudah tersedia di dapur Anda. Demikian beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat batuk kering dan gatal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *