invisible bg invisible ico

Obat Batuk Anak 3 Tahun dari Bahan Alami yang Terbukti Manjur

Obat Batuk Anak 3 Tahun dari Bahan Alami yang Terbukti ManjurObat batuk anak 3 tahun tentu dibutuhkan oleh setiap orang tua yang anaknya menderita batuk yang tak kunjung berhenti. Hal ini karena bagi anak kecil sekalipun, batuk menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai agar nantinya tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Saat ini memang sudah banyak sekali obat batuk yang diperuntukkan untuk anak-anak usia 3 tahun ke bawah, namun menggunakan obat-obatan dari bahan tradisional masih banyak dilakukan oleh orang tua. Pasalnya obat batuk alami dari bahan tradisional dipercaya lebih aman dan ampuh dibandingkan dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

Obat Batuk Anak 3 Tahun dari Bahan Tradisional

Beberapa obat batuk yang diperuntukkan oleh anak-anak pada ulasan berikut adalah obat-obatan herbal yang sudah digunakan turun-temurun dalam mengobati batuk pada anak. Lantas apa saja bahan yang dibutuhkan? Berikut adalah bahan-bahan tradisional yang dapat mengatasi batuk pada anak 3 tahun.

  • Jeruk Nipis

Siapa yang meragukan khasiat jeruk nipis sebagai obat batuk? Bahan alami yang satu ini tak hanya kerap digunakan oleh orang dewasa, bahkan juga terbukti aman dikonsumsi anak usia 3 tahun yang mengalami batuk. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 3 sendok makan air perasan jeruk nipis dengan 3 sendok makan air matang. Aduk hingga merata dan minumkan pada anak Anda.

Sebenarnya, obat batuk anak 3 tahun berupa jeruk nipis ini juga dapat digunakan untuk anak di bawah 3 tahun. Namun takarannya juga harus dikurangi apabila akan digunakan pada anak usia 1 tahun ataupun 2 tahun. Misalnya untuk anak 1 tahun, takaran perasan jeruk nipis yang dibutuhkan hanyalah setengah sendok teh. Sedangkan untuk mengatasi batuk pada anak usia 2 tahun, cukup berikan satu sendok teh air perasan jeruk nipis.

  • Jahe

Jahe juga dapat dimanfaatkan untuk obat batuk anak 3 tahun yang sangat manjur. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Cukup memarkan 1 cm jahe dan rebus dengan segelas air (200 ml). Kemudian tunggu hingga air tersisa setengah dan berikan pada anak Anda.

Untuk hasil terbaik, jahe juga dapat dicampur dengan perasan air jeruk. Caranya iris jeruk nipis menjadi dua bagian. Peras satu bagian tersebut pada rebusan air jahe. Berikan ramuan ini sebanyak 2 kali sehari hingga anak Anda benar-benar sembuh dari batuk. Apabila anak tak menyukai rasa ramuan yang satu ini, Anda juga dapat menambahkan gula pasir ke dalamnya agar rasa pedas dari jahe sedikit hilang. Obat batuk yang satu ini selain memiliki khasiat yang terbukti, tentunya juga mudah didapatkan.

  • Madu

Selain memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh, ternyata madu juga dapat digunakan sebagai obat batuk anak 3 tahun. Lantas bagaimana cara memanfaatkan madu sebagai obat batuk? Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu memberikan madu murni sebanyak satu sendok makan sebanyak 2 kali sehari. Kandungan madu perlahan akan membantu meredakan radang tenggorokan pada buah hati Anda. Lakukan cara ini hingga anak Anda benar-benar sembuh dari batuk.

  • Daun Sirih

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa obat tradisional menjadi alternatif terbaik dalam menyembuhkan batuk pada anak usia 3 tahun. Salah satu obat batuk anak 3 tahun dari bahan tradisional yang dapat dimanfaatkan adalah daun sirih. Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang mudah dijumpai di sekitar Anda.

Untuk penggunannya, cukup ambil sekitar 5 lembar daun sirih. Rebus daun tersebut dengan 3 gelas air (600 ml). Tunggu hingga mendidih dan air menyusut setengahnya. Tuangkan air tersebut ke dalam gelas dan berikan pada buah hati Anda.

Sebenarnya untuk cara meredakan batuk anak dengan daun sirih juga dapat dikombinasikan dengan jahe. Caranya pun sama, hanya saja saat merebus daun sirih campurkan pula jahe yang telah dimemarkan. Sensasi hangat dari jahe akan membuat anak Anda menyukai obat tradisional yang satu ini.

  • Kencur

Obat batuk anak 3 tahun yang juga dapat dimanfaatkan adalah kencur. Seperti halnya jahe, kencur pun memiliki khasiat meredakan batuk dengan cepat, baik itu untuk anak-anak ataupun orang dewasa sekalipun. Lalu bagaimana caranya?

Pertama, siapkan sekitar 5 gram kencur. Kemudian cuci bersih kencur tersebut. Selanjutnya, parut kencur dan tambahkan 3 sendok makan air matang. Langkah berikutnya adalah aduk campuran kencur dan air matang hingga merata. Langkah terakhir, saring ramuan ini hingga hanya tersisa air yang nantinya dapat diminum oleh buah hati Anda. Ramuan ini dapat diberikan sebanyak 2 sampai 3 kali perhari hingga anak Anda benar-benar sembuh dari batuk.

  • Campuran Madu dan Lemon

Adapun obat batuk anak 3 tahun selanjutnya adalah campuran madu dan lemon. Di antara beberapa ramuan yang telah dijelaskan di atas, ramuan yang satu ini memang terbilang cukup ampuh dalam mengatasi batuk, terutama bagi anak-anak.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan sekitar 3 sendok makan madu dan 3 sendok makan air perasan lemon. Aduk dalam sebuah wadah hingga keduanya bercampur. Selanjutnya berikan obat tradisional ini pada anak-anak hingga batuk mereda. Campuran kedua bahan ampuh menyembuhkan batuk karena keduanya memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan inilah yang dapat membantu meredakan batuk pada anak usia 3 tahun.

Cara Lain yang Dapat Dilakukan untuk Menyembuhkan Batuk pada Anak 3 Tahun

Selain menggunakan beberapa ramuan obat batuk anak 3 tahun di atas, ada beberapa cara lain yang juga dapat Anda lakukan. Cara-cara yang satu ini akan membantu anak mengembalikan daya tahan tubuh anak sehingga batuk yang diderita dapat segera sembuh. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Berikan Makanan Bergizi

Asupan makanan dengan gizi seimbang juga harus diperhatikan pada anak-anak. Apabila asupan gizi tersebut terpenuhi, maka tingkat kekebalan tubuh anak pun akan kembali. Dengan begitu, maka risiko anak mengalami batuk ke gejala yang lebih parah dapat dicegah.

  • Biarkan Anak Beristirahat

Selain memenuhi kebutuhan asupan makanan bergizi, Anda juga harus membiarkan anak untuk beristirahat lebih banyak. Meskpun biasanya anak-anak lebih sering bermain, namun usahakan agar mereka juga dapat beristirahat dengan tenang.

  • Jaga Kebersihan Sekitar

Ini adalah langkah lain yang juga dapat coba dilakukan. Pasalnya batuk yang diderita anak-anak dapat dipengaruhi oleh virus maupun alergi. Cobalah bersihkan area sekitar di mana anak sering bermain atau beristirahat. Mulai langkah ini dengan membersihkan tempat tidur anak. Apabila ternyata batuk tak kunjung sembuh, berarti memang anak terserang virus. Sebaliknya, apabila kondisi batuk pada anak membaik, berarti kemungkinan mereka mengidap alergi debu. Bagi anak yang terserang alergi, sebaiknya cepat dibawa ke dokter agar dapat ditemukan solusinya.

Itulah sedikit ulasan tentang obat batuk anak 3 tahun yang dapat Anda gunakan pada buah hati. Meski demikian, apabila nyatanya setelah menggunakan ramuan tradisional di atas batuk juga tak kunjung sembuh, jangan ragu membawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini untuk mencegah apabila ternyata batuk pada anak tersebut memicu terjadinya penyakit-penyakit lain yang membahayakan. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *