invisible bg invisible ico

Obat Ambeien Alami untuk Meredakan Gejala Tanpa Operasi

Obat Ambeien Alami untuk Meredakan Gejala Tanpa OperasiAmbeien merupakan kondisi yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderitanya, namun ketakutan akan operasi membuat banyak penderitanya mencari obat ambeien alami untuk meredakan gejala yang timbul. Ambeien itu sendiri adalah suatu kondisi medis dimana terjadi pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah yang terletak di bagian bawah rektum dan anus. Pembuluh darah tersebut mengalami pembesaran akibat peningkatan tekanan yang mengenainya. Ada beberapa hal yang berpotensi menjadi penyebab timbulnya ambeien. Penyebab yang paling sering terjadi adalah konstipasi. Selain itu kondisi-kondisi tertentu seperti misalnya kurang olahraga, diet rendah serat, kehamilan, obesitas, kanker kolon, penyakit radang usus, atau duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan ambeien.

Ada dua macam ambeien yang dibedakan menurut lokasi timbulnya ambeien tersebut, yakni ambeien internal dan eksternal. Ambeien internal terletak pada lapisan sebelah dalam dari rektum, dan tidak terasa kecuali ambeien yang sudah sangat membengkak jatuh dan terdorong ke luar anus sehingga menimbulkan nyeri dan gatal.

Berbeda dengan ambeien internal, ambeien eksternal timbul di bawah kulit pada bagian luar anus. Tanda dan gejala yang paling umum dari ambeien eksternal adalah keluarnya darah. Darah yang keluar biasanya berwarna merah terang yang dapat diamati pada bagian luar tinja atau menetes begitu saja ke dalam toilet. Selain itu, timbul benjolan yang dapat teraba ketika anus membuka.

Meredakan Keluhan Akibat Ambeien dengan Obat Ambeien Alami

Dokter biasanya akan menyarankan beberapa alternatif terapi ketika seseorang terdiagnosa memiliki ambeien, dimana beberapa di antaranya melibatkan pembedahan atau prosedur invasif. Selain terapi yang ditawarkan oleh dokter, Anda juga dapat mencoba beberapa hal untuk meredakan rasa nyeri dan gatal akibat ambeien, atau untuk mencegah agar gejala yang Anda rasakan tidak makin memburuk. Beberapa langkah sebagai obat ambeien alami ini dapat Anda lakukan di rumah.

  • Mandi air hangat

Berendam dalam bak yang diisi dengan air hangat selama 15 menit dapat membantu meredakan rasa nyeri dan gatal akibat ambeien. Melakukan cara ini tiga kali sehari dan setiap selesai buang air besar dapat menjadi obat ambeien alami. Jika Anda ingin membersihkan area sekitar anus, pastikan untuk menggunakan sabun tanpa pewangi dan hindari menggosoknya terlalu keras. Setelah selesai berendam, keringkan daerah anus dengan cara menekan-nekannya dengan lembut. Meskipun gatal, hindari menggaruk daerah anus karena akan terjadi iritasi yang membuat ambeien Anda makin parah.

  • Es batu

Letakkan sekantong kecil es batu pada area yang nyeri beberapa kali dalam sehari. Untuk menghindari ketidaknyamanan yang timbul akibat sensasi dingin, Anda dapat melapisi kantung es tersebut dengan sehelai handuk. Sensasi dingin dari es dapat meredakan nyeri dan mengempiskan pembuluh darah yang mengalami pembengkakan untuk sementara waktu, sehingga cara ini banyak dipakai oleh penderita ambeien sebagai obat ambeien alami.

  • Konsumsi makanan tinggi serat

Kurangnya air dan serat membuat tinja menjadi keras sehingga seseorang cenderung mengejan ketika buang air besar untuk mengeluarkannya. Dengan mengejan, tekanan pada pembuluh darah di rektum akan mengalami peningkatan. Inilah sebabnya mengapa orang-orang yang kurang mengkonsumsi serat lebih besar kemungkinannya untuk menderita ambeien.

Pada kasus ini, obat ambeien alami adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran, buah, dan gandum utuh. Tambahkan serat pada diet Anda secara bertahap untuk menghindari produksi gas yang tiba-tiba dan berlebihan dalam sistem pencernaan Anda (yang membuat Anda justru menjadi begah). Dengan mengkonsumsi cukup serat dan cairan tiap harinya, tinja akan melunak sehingga tidak memperparah kondisi ambeien yang sudah ada.

  • Menjaga kebersihan daerah anus

Kedengarannya mungkin sepele, namun langkah ini juga merupakan obat ambeien alami yang efektif. Sisa-sisa kotoran yang masih tertinggal dapat mengiritasi anus sehingga membuat ambeien Anda makin parah. Membersihkan daerah anus dengan air lebih dianjurkan. Akan tetapi, mungkin sebagian dari Anda ada yang lebih nyaman menggunakan tisu toilet dalam membersihkan area anus dan genitalia. Tidak masalah, Anda hanya perlu memastikan bahwa tisu yang Anda gunakan lembab (cenderung basah) dan tidak mengandung alkohol atau wewangian.

  • Memilih pakaian dalam yang tepat

Pilihlah pakaian dalam yang lembut dan tidak terlalu ketat. Katun adalah pilihan yang paling baik untuk pakaian dalam karena sifatnya yang lunak, dingin, dan menyerap keringat dengan baik. Apabila digunakan untuk bahan pakaian dalam, tekstur dari kain katun menjaga daerah anus agar tetap mendapat aliran udara sehingga menjadi tidak terlalu lembab.

  • Pertahankan kebiasaan buang air besar yang sehat

Membentuk kebiasaan buang air besar yang baik dapat menjadi obat ambeien alami bagi penderitanya. Kebiasaan buang air besar yang baik di antaranya adalah ‘membatasi’ waktu di toilet. Apabila Anda tidak juga dapat buang air besar setelah beberapa saat di toilet, jangan paksakan untuk buang air besar. Ingat, mengejan akan menambah tekanan pada pembuluh darah di rektum, yang akan memperparah ambeien Anda. Akan lebih baik lagi apabila Anda memiliki jadwal rutin dimana Anda dapat buang air besar pada waktu yang sama setiap harinya.

Demikian pula apabila Anda merasa ingin buang air besar, jangan membiasakan diri menahannya. Tinja yang tidak segera dikeluarkan dapat terkumpul sehingga mengeras. Hal ini dapat membuat Anda harus melakukan upaya yang lebih besar untuk mengeluarkannya dan membuat kondisi ambeien Anda makin parah.

  • Mencoba posisi jongkok saat buang air besar

Percaya atau tidak, posisi jongkok membuat tinja lebih mudah keluar (kadang hanya perlu sedikit mengejan saja atau bahkan tidak sama sekali) sehingga Anda tidak harus membebani pembuluh darah di rektum Anda dengan tekanan berlebihan saat buang air besar. Apabila rumah Anda memiliki WC duduk, Anda pun tetap bisa memodifikasinya dengan langkah mudah. Tempatkan bangku rendah di depan WC Anda, tempat dimana Anda meletakkan kaki. Posisi lutut yang terangkat saat duduk sama efektifnya dengan posisi jongkok.

  • Gunakan bantalan saat duduk

Obat ambeien alami salah satunya adalah mengurangi penekanan pada pembuluh darah di daerah rektum baik dari dalam (dengan cara menghindari mengejan maupun menjaga agar berat badan tidak berlebihan) maupun luar. Mengurangi penekanan pembuluh darah dari luar dapat dilakukan salah satunya dengan duduk di kursi yang memiliki bantalan. Permukaan bantalan yang relatif lunak dapat membantu meredakan pembengkakan pada pembuluh darah dan juga membantu mencegah terbentuknya pembengkakan yang baru.

Durasi ketika duduk juga sebaiknya Anda perhitungkan. Jika Anda terpaksa harus duduk dalam waktu yang lama (misalnya karena pekerjaan atau bepergian jarak jauh), jika memungkinkan bangkitlah tiap 1 jam sekali dan berjalan-jalanlah sebentar selama kira-kira 5 menit untuk mengurangi penekanan pada daerah anus.

Ternyata banyak sekali langkah-langkah yang dapat Anda praktikkan di rumah sebagai obat ambeien alami. Tentu saja, saran terapi dari dokter harus benar-benar Anda pertimbangkan karena pilihan terapi yang ditawarkan dokter pasti setelah ia melakukan pengkajian dan menetapkan derajat keparahan ambeien yang Anda derita. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk menerapkan langkah-langkah di atas untuk membantu meredakan gejala, mencegah ambeien bertambah parah dan mencegah agar ambeien tidak terbentuk kembali .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *