invisible bg invisible ico

Obat Alami dan Apotek untuk Bibir Pecah-Pecah yang Bisa Anda Coba

10 Jenis Obat Bibir Pecah-Pecah yang Bisa Anda CobaBibir pecah-pecah sangat mengganggu penampilan. Orang yang memandang biasanya akan langsung berkomentar. Selain itu, kondisi ini bila sudah parah juga akan mengganggu kenyamanan Anda saat makan. Sebab bibir yang pecah-pecah dalam kondisi yang lebih parah akan berdarah dan menimbulkan rasa perih pada bibir. Harus dicari obat bibir pecah-pecah yang dapat membantu mengembalikan kondisi bibir lembab kembali.

Bagian kulit bibir berbeda dengan bagian kulit lainnya. Bibir tidak dibekali dengan kelenjar minyak seperti pada bagian kulit yang lain. Sehingga bibir ketika terpapar matahari akan sangat rentan mengalami kondisi kering hingga pecah. Meskipun cuaca panas dan kering dapat memicu terjadinya bibir pecah, namun dalam kondisi dingin dan hujan pun hal itu bisa terjadi.

Kebiasaan yang sering dilakukan orang saat bibirnya kering dan pecah adalah menjilatnya dengan air liur, padahal hal tersebut bukan solusi, justru semakin memperparah kondisi keringnya bibir. Disarankan untuk Anda agar tidak meratakan liur di bibir saat kering.

Penyebab bibir kering ini biasanya karena kondisi cuaca, dehidrasi, kurangnya nutrisi hingga paparan zat kimia yang membuat kulit bibir alergi. Diperlukan obat bibir kering pecah-pecah yang dapat mengatasinya.

Obat Bibir Pecah-Pecah dan Kering dari Bahan Alami

Obat bibir kering dan pecah-pecah yang sering digunakan orang adalah pelembab bibir yang bisa dibeli di toko kosmetik. Namun sebaiknya jika masalahnya pada nutrisi, ada baiknya Anda melakukan perawatan alami pada bibir Anda untuk mengembalikan kesehatan kulit bibir. Berikut ini beberapa cara mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah tersebut:

  • Mengkonsumsi air putih

Kondisi tubuh yang dehidrasi juga berpengaruh pada kulit bibir. Akan terlihat kering, pecah-pecah hingga berdarah. Jaga asupan air dalam tubuh Anda untuk mengurangi resiko kulit kering hingga bibir pecah-pecah. Minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh setiap harinya. Pada cuaca yang panas kebutuhan harus lebih ditingkatkan.

  • Mengkonsumsi buah dan sayur

Kulit bibir juga merupakan bagian dari kulit tubuh yang akan terjaga kondisi dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin. Bila Anda mengalami kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah, bersegeralan mengkonsumsi jus, atau buah mentah atau pun sayur dalam jumlah yang lebih banyak.

  • Menggunakan madu murni

Madu merupakan bahan alami yang digunakan orang untuk melembabkan kulit, termasuk juga kulit bibir. Bukan hanya mengatasi bibir pecah-pecah, madu juga berkhasiat mengembalikan kelembaban alami bibir, membantu mencerahkan warna kulit bibir sehingga bisa lebih cerah dan merah merona. Bibir akan terlihat lebih lembut, kenyal dan warnanya yang lebih mempesona.

Oleskan madu di bibir setiap hari. Selama terapi pastikan Anda menghentikan penggunaan lipstik lebih dulu. Gantilah dengan mengoleskan madu asli di bibir. Lakukan secara rutin setiap hari dan lihat lah bagaimana perubahan bibir Anda setelah minimal satu minggu.

  • Gel lidah buaya

Kondisi bibir yang pecah-pecah hingga nampak merah darah di beberapa bagiannya juga bisa Anda atasi menggunakan gel lidah buaya. Gel ini rasanya dingin dan mampu mengatasi masalah memar atau luka pada kulit. Gel lidah buaya akan membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak pada bibir. Gunakan gel tersebut dengan mengoleskannya seperti pada madu.

  • Scrub bibir

Untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah, Anda juga bisa menggunakan scrub bibir alami, yakni terbuat dari gula putih dan madu. Pilihlah jenis gula putih yang sedikit halus, lalu campurlah dengan madu asli. Oleskan ke bibir secara rutin setiap hari untuk mengembalikan kelembaban dan kecerahan warna kulit bibir Anda.

  • Madu dan lemon

Kombinasi lainnya bahan yang bisa membantu mengatasi masalah bibir kering adalah madu dan lemon. Pada kondisi kulit bibir yang parah mungkin akan terasa perih dengan air perasan lemon. Akan tetapi lemon dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi akan membantu meningkatkan kecerahan warna bibir Anda sehingga bibir lebih terlihat cerah dengan warna aslinya merah muda yang menawan.

  • Krim susu

Untuk melembabkan kulit bibir juga bisa menggunakan krim susu. Susu merupakan bahan alami pelembab yang sering digunakan untuk perawatan kulit tubuh, termasuk juga bibir. Oleskan krim susu secara merata ke bibir Anda, rutin setiap hari untuk mengembalikan kelembabab alami kulit bibir.

Obat Bibir Kering dan Pecah-Pecah di Apotek

Di apotek atau toko kosmetik, Anda juga bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis obat untuk mengatasi bibir pecah-pecah, berikut ini beberapa bahan yang bisa ditemukan di apotek untuk mengatasi masalah bibir kering, pecah-pecah hingga berdarah:

  • Pelembab bibir

Pelembab ini bisa Anda dapatkan di toko kosmetik, sesuaikan dengan brand kosmetik yang Anda pakai. Biasanya untuk perawatan bibir sudah disediakan secara lengkap segala hal yang membantu penampilan bibir lebih indah.

  • Salep topikal

Ini adalah jenis salep anti bakteri yang dapat membantu menyembuhkan luka pada bibir akibat kekeringan dan pecah-pecah. Jenis salep ini yang banyak digunakan antara lain Bacitracyin dan Neosporin. Salep ini hanya dikhususkan untuk bibir Anda. Saat memakainya usahakan agar tidak terjilat oleh lidah, karena selain rasanya yang pahit, komponen dalam salep ini memang bukan untuk dikonsumsi.

  • Salep Carmex

Resep salep yang satu ini biasanya akan disarankan oleh dokter. Fungsi salep ini menghambat aktivitas kuman dan bakteri yang dapat memicu terjadi luka yang lebih parah pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Untuk penggunaannya sebaiknya atas arahan dokter. Hanya dikhususkan untuk kulit bibir, jangan menjilat hingga membuat obat ini masuk ke mulut.

  • Salep Hydrocortisone

Jenis salep ini juga disarankan oleh dokter penggunaanya. Dengan bahan-bahan kimia yang ada di dalamnya mampu menghambat kerja kuman dan bakteri yang dapat memperparah kondisi bibir. Tersedia dalam beberapa ukuran dosis. Gunakan atas rekomendasi dokter dan resep dari dokter. Tidak aman untuk ditelan sehingga saat menggunakannya, Anda harus berhati-hati dan memastikan jika salep tersebut tidak tertelan.

Untuk mencegah terjadinya bibir kering dan pecah-pecah diantaranya Anda harus menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Selain itu hindari juga beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan alergi seperti terlalu pedas dan terlalu asam. Bila bibir kering, jangan biasakan menjilat bibir karena justru akan semakin membuat bibir kering. Pilih juga jenis lipstik yang aman untuk kulit bibir dan tak menyebabkan efek bibir menjadi lebih kering dan bermasalah.

Obat bibir pecah-pecah bisa Anda coba yang sifatnya alami lebih dulu. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin untuk perawatan kulit. Atau juga menggunakan madu yang bisa Anda gunakan secara mudah di rumah. Apabila kondisi ini tak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter, sebab bisa jadi ada kuman atau bakteri yang memperparah kondisi luka di bibir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *