invisible hit counter invisible bg invisible ico

Nutrisi dan Vitamin untuk Ibu Hamil yang Penting bagi Perkembangan Janin

Nutrisi dan Vitamin untuk Ibu Hamil yang Penting bagi Perkembangan JaninPenting bagi seorang wanita untuk memperhatikan kebutuhan asupan nutrien dan vitamin untuk ibu hamil yang berperan penting dalam tumbuh serta perkembangan sang bayi di dalam kandungan. Sebenarnya nutrien dan vitamin untuk ibu hamil ini dapat ditemukan dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari, akan tetapi terkadang jumlahnya masih belum cukup.

Berdasarkan American Congres of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), sebuah pertemuan dokter-dokter ahli kandungan di Amerika seorang wanita hamil harus memiliki menu makanan yang beragam dan terdiri dari asupan protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan lemak yang juga dibutuhkan untuk perkembangan sang buah hati di dalam kandungan. Untuk itulah penting bagi seorang wanita hamil untuk mengetahui apa saja nutrien dan vitamin untuk ibu hamil serta dari mana mereka dapat memenuhi kebutuhan nutrien dan vitamin tersebut baik dari makanan ataupun sejumlah suplemen tambahan. Mari kita simak pembahasannya di bawah ini!

Daftar Nutrisi dan Vitamin untuk Ibu Hamil yang Harus Diketahui

Kehamilan merupakan masa terpenting bagi seorang ibu karena anda memiliki peran penting dalam awal kehidupan janin anda. Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa wanita hamil harus memastikan bahwa dirinya mendapatkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan janin di dalam kandungannya, namun dalam artikel ini kita hanya akan menekankan pada nutrien dan vitamin untuk ibu hamil yang penting untuk diketahui oleh setiap wanita hamil. Apa saja nutrien dan vitamin tersebut?

1. Asam folat

Asam folat merupakan nutrien penting yang dibutuhkan dalam kehamilan karena perannya yang sangat vital untuk pembentukan otak juga sistem saraf sang buah hati. Pembentukan otak dan sistem saraf seorang manusia terjadi pada trimester awal kehamilan sehingga asam folat bagi kehidupan seorang janin harus dipenuhi oleh sang ibu justru sebelum ia menjalani kehamilan. Asupan asam folat dapat anda dapatkan dari sejumlah sayuran dan buah seperti kacang hijau dan jenis kacang-kacangan lainnya, sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan buah-buahan seperti stroberi dan jeruk.

Akan tetapi jumlah asupan sebanyak 400-600 mikrogram asam folat sering kali tidak terpenuhi hanya dari sumber makanan, untuk itu bidan atau dokter akan menganjurkan anda mengkonsumsi suplemen atau produk susu dengan kandung asam folat di dalamnya. Dengan memastikan anda mencukupi salah satu nutrien dan vitamin untuk ibu hamil ini maka anda akan menurunkan risiko sang bayi terkena penyakit yang dikenal dengan Neural Tube Defect (NTD) yakni sebuah cacat sistem saraf pada bayi.

2. Vitamin A dan beta karoten

Selanjutnya vitamin untuk ibu hamil yang penting bagi perkembangan sang bayi adalah vitamin A dan beta karoten. Keduanya berperan penting dalam pembentukan tulang serta pertumbuhan gigi dan bisa anda dapatkan dari susu, telur, wortel dan beberapa sayuran seperti brokoli, labu kuning dan kentang.

3. Vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin) dan B6 (pyridoxine)

Vitamin untuk ibu hamil yang tidak kalah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati adalah vitamin B dengan beberapa jenis dan fungsinya masing-masing dalam kehamilan. Seperti vitamin B1 yang berfungsi untuk meningkatkan energi dan juga pengaturan sistem saraf dalam tubuh janin. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B1 dari beberapa sumber makanan seperti gandum, sereal, telur, beras, dan kacang-kacangan.

Selain itu anda juga membutuhkan Riboflavin (Vitamin B2) yang berperan dalam pembentukan penglihatan dan kulit sang buah hati di dalam kandungan. Vitamin B2 dapat anda temukan dari daging-dagingan, ikan, produk susu dan telur. Begitu pula halnya dengan vitamin B3 (niacin) yang juga dibutuhkan sang buah hati dalam perkembangan kulit, sistem saraf dan juga pencernaan bisa ibu dapatkan dari sejumlah makanan seperti daging-dagingan, ikan, telur dan juga kacang.

Selanjutnya adalah vitamin B6 (pyridoxine) yang dibutuhkan tidak hanya untuk sang janin tapi juga berguna bagi ibu hamil karena dapat mengurangi keluhan mual muntah pada trimester awal kehamilan. Sumber vitamin B6 ini dapat anda temukan dari daging-dagingan, ikan, sayuran seperti brokoli dan juga kacang. Namun anda tidak perlu khawatir karena banyaknya makanan yang harus dikonsumsi untuk memenuhi semua kebutuhan vitamin B ini, karena sekarang sudah cukup banyak suplemen yang bisa memenuhinya. Anda bisa berdiskusi dengan dokter untuk mengkonsumsi suplemen dengan kandungan vitamin B1 dan B2 sebanyak 1,4 mg; vitamin B3 sebanyak 18 mg dan vitamin B6 sebanyak 1,9 mg.

4. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin untuk ibu hamil yang dibutuhkan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan juga berperan dalam penyerapan zat besi dalam tubuh. Tidak hanya itu vitamin C yang bisa ditemukan dalam buah jeruk, pepaya, tomat dan masih banyak makanan ini juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun sang ibu dan janin selama masa kehamilan loh!

5. Vitamin D

Vitamin untuk ibu hamil berikutnya yang penting untuk membantu tubuh anda dalam menggunakan kalsium dan fosfor untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat bagi sang janin adalah vitamin D. Vitamin D dapat anda ditemukan tidak hanya dari sinar matahari melainkan juga dari beberapa makanan seperti susu dan ikan.

6. Zat besi

Selanjutnya nutrien yang juga dibutuhkan oleh ibu hamil adalah zat besi, dimana nutrien ini berperan dalam pembentukan hemoglobin sehingga mencegah sang ibu mengalami anemia selama kehamilan. Selain itu dengan asupan zat besi yang cukup akan mencegah bayi anda lahir prematur ataupun lahir dengan berat badan yang rendah. Anda bisa mendapatkan asupan zat besi dari sejumlah makanan seperti daging-dagingan merah.

7. Kalsium

Nutrien yang dibutuhkan ibu hamil berikutnya adalah kalsium karena sangat berperan dalam pembentukan tulang dan gigi dan mencegah terjadinya pembentukan bekuan darah dalam tubuh sang ibu. Kalsium yang dibutuhkan oleh wanita hamil dapat ditemukan dalam produk susu, keju, yoghurt, susu kedelai dan sereal.

8. Zinc

Nutrien yang juga dibutuhkan oleh wanita hamil dalam kehamilannya adalah zinc, zinc sangat berguna dalam regenerasi sel dan pembentukan sejumlah hormon dan enzim di dalam tubuh sang bayi. Asupan zinc dapat ditemukan dalam sejumlah makanan seperti daging-dagingan, kacang-kacangan, gandum dan juga beberapa produk susu.

Setelah melihat beberapa daftar nutrien dan vitamin untuk ibu hamil yang penting bagi perkembangan janin di dalam kandungan, kita tentu mengerti mengapa penting bagi seorang wanita hamil untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan dengan kandungan gizi yang optimal. Hal ini disebabkan karena berbagai jenis nutrien dan vitamin tadi yang memang sangat dibutuhkan oleh sang ibu dan juga bayi dalam perkembangannya. Selain dari makanan, anda juga bisa berdiskusi dengan dokter yang memeriksa anda untuk mengkonsumsi jenis suplemen tambahan bila diperlukan. Akhir kata semoga artikel ini berguna untuk menambah pengetahuan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *