invisible hit counter invisible bg invisible ico

Munculnya Sakit Perut Sebelah Kanan Jangan Dianggap Remeh

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Jangan Dianggap RemehBegitu banyak mitos yang berseliweran mengenai sakit perut sebelah kanan. Mitos yang paling banyak beredar ialah orang yang menderita sakit perut sebelah kanan menderita penyakit usus buntu. Namun, benarkah pernyataan tersebut ataukah hanya sekedar mitos yang belum dapat dibuktikan? Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui apa saja penyebab sakit perut sebelah kanan yang biasa menimpa masyarakat Indonesia.

Kebanyakan sakit perut dapat hilang sendiri, namun kita tetap perlu waspada terhadap apa kemungkinan penyebab yang menimbulkan sensasi sakit perut tersebut. Tentu saja, yang paling ditakutkan adalah sakit perut yang diakibatkan oleh penyakit serius dan gawat yang harus ditangani segera. Secara umum, sakit perut yang timbul mendadak dengan intensitas nyeri yang besar harus diwaspadai dan diperiksakan ke dokter. Mengetahui penyebab sakit perut sebelah kanan dapat membantu Anda lebih waspada terhadap kondisi kesehatan Anda.

Alasan Sakit Perut Sebelah Kanan yang Perlu Anda Ketahui

Secara medis, nyeri perut dapat digolongkan berdasarkan letaknya. Ada yang terletak hanya di satu titik, misalnya pada bagian perut kanan bawah atau di tengah perut atau juga di perut kiri bawah. Namun kadang sakit perut terjadi merata di seluruh perut sehingga kita sulit menggambarkan lokasi nyeri perut yang tetap. Memperhatikan dan menggambarkan lokasi nyeri dengan tepat akan membantu dokter dan diri Anda sendiri untuk menentukan penyebab sakit perut tersebut.

Banyak sekali organ dalam tubuh yang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan. Misalnya saja ada organ dalam perut, ginjal, liver, sampai salah otot pun dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan. Berikut adalah daftar penyebab sakit perut sebelah kanan yang sering terjadi dan patut Anda waspadai.

  • Batu Pada Kantung Empedu

Penyakit nomor satu yang biasanya menyebabkan sakit perut sebelah kanan terutama kanan atas adalah batu empedu. Penyakit ini timbul karena adanya batu yang mengiritasi saluran empedu. Keluhan yang biasa dirasakan penderita adalah sakit perut kanan atas atau terkadang di ulu hati yang dapat menjalar ke punggung. Biasanya sakit perut muncul setelah penderita makan, terutama makanan yang mengandung lemak seperti gorengan dan santan. Tidak jarang, penderita juga merasakan mual dan muntah. Penyakit ini sering terjadi pada perempuan (meski banyak juga penderita laki-laki) pada usia 40-an.

  • Usus Buntu

Penyebab paling sering sakit perut sebelah kanan terutama sakit perut sebelah kanan bawah adalah penyakit usus buntu. Penyakit ini sering terjadi karena ‘nyasar’nya partikel feses yang mengeras ke saluran usus buntu. Gejala usus buntu adalah sakit perut sebelah kanan bawah yang biasanya didahului oleh nyeri ulu hati (seperti sakit maag), nafsu makan sangat menurun, mual, muntah dan bila parah nyeri dapat merata ke seluruh tubuh disertai demam.

  • Batu Ginjal

Sakit perut sebelah kanan bawah juga sering disebabkan oleh penyakit batu pada saluran kencing, terutama di ginjal dan saluran kencing bagian atas (ureter). Keluhan yang dirasakan biasanya nyeri mendadak yang sangat hebat dan dapat terjadi berulang secara acak, dapat juga disertai mual dan muntah. Penderita juga mungkin mengalami kencing berwarna merah atau kencing darah. Bila terjadi demam dan nyeri kencing, kemungkinan sudah terjadi infeksi pada saluran kemih Anda.

  • Kehamilan Ektopik

Definisi dari kehamilan ektopik adalah terjadinya kehamilan di luar dinding rahim, misalnya pada saluran indung telur. Karena saluran indung telur tidak dapat membesar seperti dinding rahim, maka pertumbuhan janin akan mengiritasi saluran tersebut bahkan dapat membuatnya robek atau pecah. Gejala yang dirasakan ialah sakit perut mendadak yang muncul pada perut bagian bawah (dapat sebelah kiri maupun kanan), perut terasa kram dan mual muntah. Dapat pula keluar sedikit darah dari organ intim perempuan. Yang paling penting, orang dengan penyakit ini akan menunjukkan tes kehamilan air kencing yang positif. Kehamilan ektopik merupakan keadaan gawat darurat yang dapat menimbulkan kematian bila tidak cepat ditangani.

  • Hernia

Salah satu penyakit yang cukup sering terjadi dan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan adalah hernia. Hernia merupakan penyakit dimana isi dari perut (seperti usus) menonjol keluar dari dinding perut. Awalnya, penyakit ini tidak menimbulkan gejala sakit, hanya saja ada benjolan yang tampak di lipat paha. Namun bila tidak ditangani, usus atau isis perut lainnya dapat terjepit dan menimbulkan nyeri yang luar biasa.

Di atas merupakan penyakit sakit perut sebelah kanan yang sering terjadi di Indonesia. Namun, beberapa penyakit lain yang juga tak jarang menimbulkan sakit perut sebelah kanan adalah:

  • Penyakit liver: misalnya liver yang bernanah
  • Radang pankreas / pankreatitis: nyeri pada perut sebelah atas, dapat menjalar ke belakang dan diperparah dengan makan makanan berlemak.
  • Penyakit ginjal: misalnya infeksi ginjal dan penyakit ginjal polikistik.
  • Penyakit Kista pada Rahim: biasanya disertai nyeri pada saat menstruasi
  • Obstruksi usus: Nyeri mendadak pada perut disertai perasana kembung
  • Kanker Kolon

Penyakit Umum yang Menimbulkan Sakit Perut Sebelah Kiri

Selain sebelah kanan, sakit perut sebelah kiri juga merupakan gejala yang harus diwaspadai. Organ dalam perut yang berada di sebelah kiri tubuh antara lain adalah usus, limpa atau lien, ginjal, saluran indung telur dan usus besar menuju rektum. Berikut adalah beberapa penyebab yang paling sering menyebabkan sakit perut sebelah kiri yang harus Anda waspadai:

  • Divertikulitis

Penyakit divertikulitis terjadi karena adanya kelainan usus yang menyebabkan usus mempunyai kantung yang menonjol keluar atau ke dalam dinding usus. Divertikulitis akan timbul bila terjadi radang pada kantung ini. Gejala khas divertikulitis adalah sakit perut sebelah kiri bawah disertai demam tinggi.

  • Serangan Jantung

Meski jantung berada di rongga dada, namun tidak jarang sakit yang timbul saat serangan jantung dapat mennjalar ke ulu hati dan perut sebelah kiri. Gejala yang timbul adalah nyeri dada atau perut sebelah kiri yang didahului oleh aktivitas berat seperti bermain badminton, sepak bola atau juga stress emosional. Keluhan disertai dengan keringat dingin.

Penyakit lainnya yang sering menimbulkan sakit perut sebelah kiri adalah:

  • Kehamilan Ektopik
  • Kista Rahim
  • Hernia
  • Batu Ginjal
  • Radang Usus
  • Sakit Maag
  • Pankreatitis / Radang Pankreas

Mengetahui penyebab sakit perut sebelah kanan dan kiri akan membantu kita lebih waspada terhadap penyebab gejala sakit perut. Meski tidak semua sakit perut merupakan kondisi gawat darurat yang perlu penanganan segera, namun beberapa hal di atas membutuhkan penanganan lebih lanjut dari bidang medis. Jangan ragu pergi ke dokter atau rumah sakit bila Anda merasakan sakit perut yang muncul mendadak, tidak biasanya dan mempunyai intensitas nyeri yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *