invisible hit counter invisible bg invisible ico

Mitos ataukah Fakta, 7 Tanda Hamil Anak Perempuan?

  1. Detak jantung janin

Selanjutnya kita akan membahas detak jantung janin yang dianggap dapat menentukan jenis kelamin bayi yang sedang dikandung oleh seorang wanita. Detak jantung janin yang normal biasanya berkisar antara 120-160. Dalam mitos yang satu ini dipercaya, bahwa jika detak jantung janin anda berkisar 160 atau bahkan lebih menunjukkan anda sedang mengandung anak perempuan dan jika detak jantung janin anda lebih rendah berkisar pada 120 kali per menit maka itu merupakan tanda hamil anak laki-laki.

Mitos yang satu ini juga tidak berhubungan dengan jenis kelamin sang bayi. Detak jantung seorang janin tidak dipengaruhi oleh jenis kelaminnya melainkan ditentukan kondisi fisik dari janin itu sendiri. Seperti contoh, saat keadaan fisik seorang bayi di dalam kandungan menurun, akibat berbagai pengaruh termasuk disebabkan oleh kondisi kesehatan ibunya sendiri maka detak jantungnya akan cenderung meningkat. Hal ini juga sering terjadi jika sudah dekat dengan masa persalinan.

  1. Dandanan ibu tampak berantakan

Mitos selanjutnya yang dipercaya merupakan tanda hamil anak perempuan adalah dandanan atau raut wajah anda yang tampak berantakan selama hamil. Mitos yang satu ini dipercaya karena persepsi bahwa kecantikan anda diserap oleh sang buah hati di dalam kandungan.

Sayangnya mitos yang satu ini tidak menentu, bagi sebagian orang wanita hamil yang sedang mengandung anak perempuan justru akan tampak lebih cantik karena faktor janin yang membuatnya makin terlihat menawan. Namun, tidak perlu khawatir dandanan dan raut wajah anda saat hamil sama sekali tidak ada hubungan dengan jenis kelamin bayi anda dan tentu saja hal ini adalah mitos belaka.

  1. Ngidam makanan asam

Ngidam makanan asam merupakan mitos tanda hamil anak perempuan yang akan kita bahas berikutnya. Alasan sebenarnya yang mendasari rasa “ngidam” yang dirasakan oleh seorang wanita hamil adalah perubahan hormon dalam tubuh mereka yang mempengaruhi indera penciuman, sehingga wanita hamil menjadi begitu menginginkan suatu jenis makanan. Jadi, tentu saja rasa ngidam seorang wanita hamil tentu tidak berhubungan dengan jenis kelamin anak yang sedang dikandung.

  1. Tes cincin kawin

Mitos berikutnya yang juga sering kali dihubungkan dengan ciri-ciri hamil anak perempuan adalah tes cincin kawin. Tes ini dilakukan dengan cara mengikatkan cincin kawin sang wanita hamil pada seutas tali kecil dan diletakkan di atas perut. Jika pergerakan yang diberikan cincin kawin di atas perut sang ibu memutar atau melingkar maka dikatakan sang ibu sedang mengandung anak perempuan dan jika pergerakan yang diberikan tidak memutar dan malah berayun-ayun maka anak yang dikandung adalah laki-laki.

Tes menggantung cincin kawin ini tentu saja tidak ada hubungannya sama sekali dengan jenis kelamin bayi yang sedang anda kandung, kenyataan bahwa jika anda meletakkan cincin yang tergantung di perut siapa saja maka cincin tersebut bisa saja berputar ataupun berayun.

Setelah membaca ulasan mengenai mitos-mitos di atas, kita tentu harus lebih bijak dalam menanggapi setiap pandangan seputar kehamilan apalagi jika hal tersebut berhubungan dengan jenis kelamin. Jangan terburu-buru untuk berharap akan jenis kelamin tertentu apalagi jika itu hanya didasari oleh mitos atau sejumlah pandangan tertentu.

Jika anda begitu ingin tahu mengenai jenis kelamin yang sedang dikandung oleh sang istri, anda bisa melakukan pemeriksaan USG (Ultrasonografi). USG sendiri dapat dilakukan sejak minggu ke 18 hingga minggu 20 kehamilan, dengan menggunakan USG kemungkinan untuk mengetahui jenis kelamin sang buah hati akan lebih besar. Demikianlah artikel 7 mitos tanda hamil anak perempuan ini, semoga bermanfaat!

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *