invisible bg invisible ico

Menyusun Menu Diet Mayo yang Sederhana namun Tetap Sehat & Seimbang

Bagaimana Menyusun Menu Diet Mayo yang Sederhana Namun Tetap Sehat & SeimbangDiet mayo merupakan jenis menu diet yang sederhana. Cukup dengan tidak mengikutkan garam, nasi dan es dalam berbagai olahan makanan Anda selama 13 hari, diet ini mampu menurunkan berat badan seseorang sebanyak 3 hingga 8 kilogram meski tanpa melakukan olahraga.

Diet Mayo terbilang sederhana secara konsep, namun terkadang kenyataan tentu tidak akan semudah teorinya. Sekilas akan disajikan informasi mengenai sejarah diet mayo sebelum informasi mengenai resep sederhananya. Selamat membaca!

Sejarah Mengenai Diet Mayo yang Penting untuk Anda Ketahui

Pencetus konsep diet Mayo adalah Mayo Clinic, sebuah pusat riset pola makanan yang berlokasi di Amerika Serikat. Diet mayo juga merupakan salah satu diet yang paling diminati oleh masyarakat Amerika. Secara garis besar terdapat lima kebiasaan positif yang harus dilaksanakan dan lima kebiasaan negatif yang harus ditinggalkan jika Anda berencana melaksanakan diet mayo.

Lima kebiasaan positif yang harus dilaksanakan antara lain sarapan dengan makanan sehat; membiasakan konsumsi buah dan sayuran; mengganti nasi dengan gandum; gunakan minyak yang sehat untuk memasak dan olahraga teratur selama 30 menit dalam sehari.

Sedangkan lima kebiasaan negatif yang harus ditinggalkan antara lain menghindari kebiasaan makan dengan menonton televisi; menghindari gula; menghindari camilan kecuali buah dan sayuran; menjaga pola makan daging dan menghindari fast food.

Bagaimana Mengatur Menu Diet Mayo yang Sederhana?

Pengaturan dan pemilihan menu diet mayo pun tidak mudah. Sehingga artikel ini disusun dengan tujuan membantu Anda menentukan menu diet mayo yang sederhana selama 13 hari. Berikut detail menu diet mayo sederhana pilihan redaksi:

Hari ke 1 dan 8

Makan Pagi               : 1 cangkir teh / kopi tubruk + 1 sachet gula rendah kalori

Makan Siang            : 2 butir telur rebus matang + 1 ikat bayam rebus + 1 buah tomat berukuran sedang

Makan Malam           : 1.5 ons daging sapi rebus + daun selada + perasan satu butir lemon

Hari ke 2 dan 9

Makan Pagi               : 1 cangkir teh / kopi tubruk + 1 sachet gula rendah kalori

Makan Siang            : 1.5 ons daging sapi rebus + daun selada + perasan satu butir lemon + 1 buah pir

Makan Malam           : 2.5 ons daging ayam kukus + 1 buah pisang

Hari ke 3 dan 10

Makan Pagi               : 1 cangkir teh / kopi tubruk + 1 sachet gula rendah kalori

Makan Siang            : 2 butir telur rebus matang + 1 ikat bayam rebus + 1 buah tomat berukuran sedang + 1 buah pir

Makan Malam           : 2.5 ons daging ayam kukus + daun selada + perasan satu butir lemon

Hari ke 4 dan 11

Makan Pagi               : 1 iris roti bakar + 1 cangkir teh / kopi tubruk + 1 sachet gula rendah kalori

Makan Siang            : 1 buah wortel rebus ukuran medium + 20 gr keju slice + 1 butir telur rebus

Makan Malam           : 1 mangkuk papaya + perasan satu butir buah lemon

Hari ke 5 dan 12

Makan Pagi               : 1 buah wortel yang diparut kasar + perasan satu butir buah lemon

Makan Siang            : 2.5 ons daging ayam kukus + sedikit mentega (unsalted butter)

Makan Malam           : 2.5 ons daging sapi rebus + daun selada + perasan satu butir lemon + 1 ikat bayam rebus

Hari ke 6 dan 13

Makan Pagi               : 1 iris roti bakar + 1 cangkir teh / kopi tubruk + 1 sachet gula rendah kalori

Makan Siang            : 2.5 ons daging ayam kukus + daun selada + perasan satu butir lemon

Makan Malam           : 2 butir telur rebus + 1 buah wortel parut kasar + perasan satu butir lemon

Hari ke 7

Makan Pagi               : 1 cangkir teh / kopi tubruk + 1 sachet gula rendah kalori

Makan Siang            : 1.5 ons daging sapi rebus + 1 buah pir segar

Makan Malam           : 2 butir telur rebus + 2 buah pisang

Beberapa Poin yang Penting dalam Pelaksanakan Diet Mayo

Beberapa hal penting harus Anda ingat dan laksanakan untuk diet mayo yang optimal. Poin penting ini adalah semacam aturan main dalam melakukan diet mayo. Berikut beberapa penjelasan mengenai poin penting yang tidak boleh terlewat dan tertinggal:

  1. Tidak Menambahkan Garam ke dalam Makanan

Sama sekali tidak diperkenankan untuk menambah garam dalam menu diet mayo Anda. Begitupun dengan penggunaan mentega atau butter. Sangat disarankan menggunakan mentega tawar (unsalted butter) atau minyak sayur seperti minyak zaitun untuk menggoreng dan apabila bosan dengan menu rebus.

  1. Wajib Konsumsi Air Mineral sebanyak 8 gelas/hari (2 liter) dan Tidak Diperbolehkan Konsumsi Es

Dengan cukup minum air saat melaksanakan diet mayo, akan membantu kinerja ginjal dan jantung dalam proses detoxifikasi. Tidak hanya ginjal dan jantung, organ hati atau liver akan terbantu. Kinerja otak pun akan meningkat pesat dan terhindar dari berbagai bahaya akibat dehidrasi.

  1. Menu daging sapi rebus dapat diubah menjadi daging sapi goreng, namun harus menggunakan mentega tawar (unsalted butter) atau minyak sayur

Sama dengan penjelasan yang telah disebutkan sebelumnya. Garam justru akan mengikat air dalam sel tubuh manusia. Bertambah pula beban metabolisme sel di dalam tubuh. Hindari penggunaan garam untuk keberhasilan diet mayo Anda.

  1. Sayuran tidak direbus terlalu lama

Sayuran yang direbus lama justru akan menghilangkan kandungan nutrisi dan mineral di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat dari sayuran secara optimal jangan rebus terlalu lama. Sangat pula disarankan untuk memilih sayuran organik yang bebas pestisida dan bebas dari bahan kimia lainnya.

  1. Makan malam harus dilaksanakan sebelum pukul 18.00

Hindari makanan berat maupun camilan diatas jam 18.00. Camilan malam selain dapat menaikkan berat badan Anda secara drastis, dapat menyebabkan obesitas dan penyakit metabolisme lain seperti diabetes mellitus dan berbagai komplikasinya. Hal ini dapat terjadi karena camilan yang dimakan sesaat sebelum tidur tidak akan dapat dicerna secara maksimal oleh tubuh. Justru menjadi lemak yang tersembunyi dan menumpuk di dalam saluran pembuluh darah.

Makan di malam hari juga akan mengganggu tidur Anda. Kalori yang Anda butuhkan untuk mengolah makanan akan lebih banyak. Serta dapat menjadi resiko terjadinya penyakit reflux serta peningkatan asam lambung.

  1. Melanggar satu hari menu diet mayo wajib mengulang keseluruhan diet dari hari pertama

Komitmen sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan diet mayo. Meski 13 hari terbilang singkat, namun berbagai testimoni beberapa orang yang telah melaksanakan diet mayo menyatakan bahwa diet ini tidaklah mudah. Terlebih apabila Anda memiliki kebiasaan dengan konsumsi garam.

Memiliki social support atau melaksanakan diet mayo bersama dengan pasangan maupun sahabat atau keluarga Anda terbukti dapat membantu Anda tidak gampang menyerah dan mundur dalam usaha kurus dengan diet mayo.

  1. Hanya pada hari ke 4 dan 11 tidak konsumsi daging

Protein amat dibutuhkan dalam proses detoxifikasi dalam diet mayo. Kurangi dan gantilah nasi putih dengan karbohidrat kompleks seperti roti tawar, oatmeal maupun karbohidrat yang berasal dari tumbuhan seperti kentang dan umbi umbi an.

  1. Buah buahan pada menu di atas dapat diganti dengan jenis buah apapun.

Anda dapat memilih pisang, apel ataupun jenis buah lain yang mudah untuk ditemukan. Pilihlah buah yang banyak mengandung air dan mudah dicerna. Hindari durian dan nangka karena akan membuat perut begah dan bergas.

Diet mayo merupakan salah satu diet yang memang terbukti berhasil dalam menurunkan berat badan serta menurunkan lingkar perut dan lingkar lengan. Diet ini merupakan salah satu cara detoxifikasi atau pembersihan tubuh dari lemak berlebih yang dapat Anda coba terutama jika Anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk berolahraga.

Lengkapi menu diet mayo sederhana ini dengan melaksanakan lima hal positif dan meninggalkan lima hal negatif, maka berat badan ideal dan tubuh yang sehat secara fisik maupun psikologis akan Anda dapatkan.

Diet mayo telah terbukti mampu menjaga bentuk badan tidak kembali gemuk setelah Anda melaksanakan pengaturan diet mayo sederhana ini selama 13 hari. Terdapat pula bermacam catering maupun usaha rumah makan yang menyediakan dan menawarkan jasa menu diet mayo. Sehingga tidak perlu susah dan repot berbelanja jika Anda tidak memiliki waktu untuk menyiapkan diet mayo sederhana. Semoga informasi ini bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *