invisible hit counter invisible bg invisible ico

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama yang Sehat dan Alami

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama yang Sehat dan AlamiMemilih menu makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama haruslah benar-benar diperhatikan karena makanan yang dikonsumsi pada usia kehamilan muda penting untuk fondasi awal perkembangan janin. Dalam masa trimester pertama, ibu hamil masih berada pada kondisi yang sangat rentan terutama bagi kesehatan bayinya. Mayoritas kasus keguguran terjadi pada usia kehamilan muda, dan salah satu faktor utama penyebabnya adalah makanan. Jika ibu hamil tidak berhati-hati dalam memilih makanan, mungkin saja secara tidak sengaja akan mengonsumsi makanan yang tidak sehat bagi janin atau bahkan makanan penyebab keguguran. Tidak semua menu makanan yang sehat dikonsumsi oleh orang normal (tidak sedang hamil) juga sehat dikonsumsi oleh ibu hamil.

Pada masa kehamilan muda ibu hamil akan sering merasakan gejala-gejala hamil pada umumnya seperti sering mual dan muntah, pusing, merasa tidak nyaman dan kaki yang terkadang bengkak. Akan tetapi hal tersebut ternyata bisa dikurangi dengan cara mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Jika gizi atau nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil setiap harinya bisa terpenuhi, maka seorang wanita hamil bisa mengurangi keluhan-keluhan tadi.

Banyak jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, namun banyak juga jenis makanan sehat dan alami yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu jenis makanan apa yang dinilai baik dan sehat untuk ibu hamil?

5 Jenis Makanan yang baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil pada saat mengandung di trimester pertama. Jenis-jenis makanan tersebut dinilai banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi kesehatan ibu dan bayi. Selain itu tentunya juga penting untuk perkembangan janin. Nah, berikut ini adalah lima jenis makanan sehat dan alami yang mungkin cocok untuk Anda konsumsi saat sedang hamil terutama pada trimester pertama.

  1. Buah

Buah-buahan segar menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam buah sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina ibu hamil dan untuk pertumbuhan janin terutama dalam trimester pertama. Jenis buah yang baik untuk ibu hamil trimester pertama antara lain adalah jeruk, pisang, dan apel. Rasanya lezat, dan pada umumnya kebanyakan orang pasti menyukai jenis buah ini. Kandungan asam folat yang ada pada pisang bisa membantu perkembangan sel-sel otak bayi, dan asupan asam folat harus terpenuhi setiap harinya untuk ibu hamil. (Baca: Buah untuk Ibu Hamil Muda yang Sebaiknya Dikonsumsi)

  1. Sayuran

Sayuran termasuk salah satu yang dianjurkan untuk ibu hamil. Sebenarnya bukan hanya untuk ibu hamil, tetapi semua orang pun disarankan agar mengonsumsi sayuran setiap harinya untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Anda. Mungkin selama ini Anda kurang suka sayuran atau bahkan tidak suka sayuran. Akan tetapi saat Anda sedang hamil, sesekali konsumsilah sayuran karena konsumsi sayuran sangat baik untuk perkembangan janin Anda dan untuk menamah stamina Anda sendiri setiap harinya. Jenis sayuran yang disarankan untuk ibu hamil adalah seperti ayam yang mengandung banyak zat besi. Zat besi akan membantu produksi hemoglobin dalam tubuh dan bisa mengurangi rasa mual.

  1. Jenis Kacang-Kacangan dan Sereal

Saat kandungan Anda masih menginjak usia trimester pertama dan Anda sangat ingin ngemil, Anda mungkin bisa mencoba mengonsumsi jenis kacang-kacangan dan juga sereal. Anda bisa mengonsumsi kacang kedelai, kacang hijau atau kacang merah karena kandungan karbohidrat, vitamin B, kalsium yang ada pada makanan tersebut bisa meningkatkan kondisi kesehatan ibu hamil dan melancarkan perkembangan bayi dalam kandungan. Selain itu juga merupakan makanan sumber asam folat yang baik untuk ibu hamil. Asam folat sangat penting untuk perkembangan kecerdasan janin. Hindari kacang-kacangan jika alergi.

Daftar makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama berlanjut ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *