invisible bg invisible ico

Menu Makan Malam untuk Diet yang Terbukti Menurunkan Berat Badan

Menu Makan Malam untuk Diet yang Terbukti Efektif Menurunkan Berat BadanAda banyak sekali cara untuk menurunkan berat badan selama menjalankan diet, mulai dari mengurangi asupan karbohidrat hingga mengatur jadwal makan malam untuk diet. Seperti yang kita tahu, bahwa makan pada malam hari diasosiasikan sebagai salah satu pola makan yang tidak sehat. Pasalnya ketika malam tiba, tubuh sudah tidak beraktivitas secara sempurna sehingga berbagai kandungan karbohidrat dan bahan lain yang berasal dari makanan tak dapat diproses secara maksimal oleh tubuh.

Menu Makan Malam untuk Diet yang Aman Dikonsumsi

Tak sedikit juga para pelaku diet yang akhirnya memutuskan untuk tidak makan di malam hari demi menurunkan berat badan mereka. Padahal membiarkan perut dalam keadaan kosong di malam hari dapat mengakibatkan susah tidur karena tubuh mengirimkan sinyal pada syaraf otak bahwa tubuh membutuhkan sesuatu untuk dicerna. Susah tidur atau insomnia ini akan membuat kondisi tubuh tidak sehat dan berujung tidak berfungsinya sistem tubuh secara maksimal.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang beberapa menu pilihan yang dapat Anda konsumsi meskipun sedang menjalani program diet sekalipun. Menu-menu berikut ini dijamin tidak akan membuat berat badan Anda bertambah namun hanya sekedar memenuhi kebutuhan sistem pencernaan tubuh setiap harinya. Menu makan malam untuk diet yang akan diulas pada kesempatan kali ini dibagi menjadi dua yakni menu makanan dan minuman yang tentunya rendah lemak.

Jenis Menu Makanan Rendah Lemak untuk Diet

Untuk jenis-jenis menu makan malam bagi Anda yang sedang menjalani diet berikut ini sudah terbukti aman untuk dikonsumsi. Dengan begitu, Anda pun tak perlu lagi khawatir apabila ingin makan malam atau sekedar ngemil meskipun sedang menjalani program diet. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kacang Almond

Berbicara tentang diet, tentu jenis makanan yang satu ini seolah menjadi salah satu bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Pasalnya dalam sebuah riset di tahun 2009, ditemukan sebuah fakta unik terkait kacang almond sebagai makanan yang kaya akan nutrisi.

Hasil riset tersebut mengungkapkan bahwa seseorang yang menjadikan kacang almond sebagai makanan pelengkap untuk diet cenderung mempunyai berat badan yang ideal dan lebih langsing apabila dibandingkan dengan wanita yang suka mengonsumsi jenis kacang ini. Hal tersebut karena dalam 1 ons kacang almond, terdapat kandungan 167 kalori, 6 gram protein, dan 3 gram serat.

Inilah yang akan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang setelah mengonsumsi kacang almond. Dengan nafsu makan yang terjaga, maka program diet yang Anda lakukan pun dapat berjalan dengan lebih sempurna. Pada malam hari, Anda dapat menjadikan kacang almond sebagai camilan yang dipadukan dengan sayur atau buah-buahan.

  • Buah Apel

Jenis menu makan malam untuk diet yang kedua adalah apel. Sebenarnya tak hanya untuk konsumsi malam hari saja, di pagi hari pun Anda dapat mengonsumsi apel untuk mendukung program diet. Hal ini karena terdapat kandungan serat yang cukup tinggi pada buah apel yang fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol dan lemak, melancarkan sistem pencernaan, serta dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Sebagai menu makan malam selama menjalankan program diet, Anda dapat mengonsumsi 1 hingga 2 buah apel sebelum tidur. Dengan perut yang terasa kenyang, maka Anda pun dapat tidur dengan nyenyak.

  • Buah Tomat

Selain buah apel, tomat juga dapat menjadi salah satu alternatif makanan yang akan sangat membantu Anda dalam menjalankan program diet. Khasiat dari buah tomat adalah memberikan rasa kenyang yang lebih lama serta dapat mempertahankan berat badan ideal Anda.

Bagi Anda yang ingin menjadikan tomat sebagai menu makan malam untuk diet, cukup konsumsi tomat secara langsung atau dengan dijadikan jus. Sebagai informasi, secangkir tomat memiliki kandungan 43 kalori yang tentunya lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kacang almond. Dengan begitu, perut Anda akan lebih cepat merasakan kenyang sehingga tak akan tertarik mengonsumsi makanan tak sehat lain di malam hari. (baca juga: macam-macam menu sehat untuk diet harian anda)

  • Ikan Salmon

Menu makan malam untuk diet yang selanjutnya adalah ikan salmon. Menurut penelitian, daging ikan salmon memiliki kemampuan dalam menurunkan berat badan hingga 10 ons setiap kali konsumsi. Namun perlu diingat bahwa ketika menjadikan ikan salmon sebagai menu makan malam Anda selama diet, cukup mengolahnya dengan cara mengukus atau merebusnya. Menggoreng daging ikan salmon tidak baik untuk diet karena minyak penggorengan mengandung lemak jahat yang tentunya harus dihindari selama menjalankan diet.

Jenis Menu Minuman Kaya Protein untuk Diet

Selain menu makanan, Anda juga harus mengetahui beberapa jenis minuman kaya protein yang dapat dikonsumsi di malam hari selama diet berlangsung. Adapun beberapa jenis menu minuman yang dapat Anda konsumsi adalah sebagai berikut:

  • Susu

Anda pun pasti tahu bahwa susu menjadi salah satu minuman yang sangat baik untuk tubuh karena kaya akan protein. Selain itu, susu juga memiliki kandungan triptofan yang masuk dalam kategori asam amino esensial dengan fungsi melakukan sintesis protein dalam tubuh.

Triptofan yang terdapat dalam susu memiliki kadar lemak yang sangat rendah sehingga tak akan mengganggu program diet Anda. Selain itu, ketika mengonsumsi susu, maka tubuh pun akan lebih nyenyak ketika beristirahat. Untuk itulah, pada malam hari, usahakan mengonsumsi susu hangat sebelum tidur.

  • Teh Hijau

Berbicara tentang minuman yang cocok dikonsumsi selama menjalankan program diet, mungkin teh hijau menjadi solusi atau alternatif paling tepat. Ini karena teh hijau merupakan minuman herbal yang memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh, mulai dari mengurangi kadar lemak hingga membantu proses pencernaan.

Dalam teh hijau, terdapat kandungan polifenol yang juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, polifenol juga akan membantu mengurangi sekitar 25 hingga 30 kalori tubuh. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi teh hijau sebagai minuman terbaik untuk diet, cukup seduh teh hijau dengan 150 ml air hangat dan minum sebelum tidur.

  • Perasan Jeruk Nipis

Siapa yang meragukan khasiat dari air perasan jeruk nipis untuk diet? Air perasan jeruk nipis sendiri sangat banyak digunakan oleh mereka yang ingin membakar lemak dalam tubuh selama menjalankan program diet. Hal ini karena di dalam jeruk nipis terdapat kandungan vitamin C yang cukup banyak dengan fungsi sebagai penangkal racun dan dapat menghancurkan gumpalan-gumpalan lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Cara mengonsumsinya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil sekitar 1 – 2 buah jeruk nipis kemudian memeras airnya dalam sebuah gelas. Selanjutnya, tambahkan air hangat dan aduk hingga merata. Untuk menghilangkan rasa masam jeruk nipis, Anda dapat mencampurkan lemon ke dalamnya.

Itulah beberapa jenis menu makan malam untuk diet yang dapat Anda konsumsi. Namun perlu diingat, untuk mendapatkan hasil diet secara maksimal, imbangi program diet dengan berolahraga. Dengan begitu, maka proses pembakaran lemak akan berjalan dengan lebih maksimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *