invisible bg invisible ico

Mengobati Kaki Bengkak dengan Tepat Sesuai Penyebabnya

Mengatasi Kaki yang Bengkak Dengan Obat yang MudahJika saat ini Anda sedang mencari obat apa yang tepat digunakan untuk mengatasi kaki yang bengkak. Maka Anda sedang membaca artikel yang tepat.

Pada artikel kali ini, redaksi akan membahas mengenai berbagai obat kaki bengkak yang dapat dengan mudah Anda dapatkan atau laksanakan sendiri di rumah. Check this out!

Mengetahui Penyebab Kaki Bengkak Sebelum Mencari Obatnya

Sangatlah penting mengetahui penyebab kakimu membengkak, sebelum mencari obatnya. Karena tanpa mengetahui penyebabnya dengan benar, maka obat atau tindakan yang Anda gunakan atau laksanakan tidak akan tepat pada sasaran.

Berbagai hal dapat menjadi penyebab kaki yang tiba tiba membengkak. Kehamilan, gangguan jantung atau ginjal, bahkan luka terjatuh, patah atau akibat kecelakaan dapat menyebabkan kaki Anda membengkak. Berikut akan dibahas secara singkat mengenai kaki yang membengkak akibat beberapa kondisi kesehatan.

Kehamilan dapat menyebabkan kaki yang membengkak lho. Hal ini sering terjadi terutama ketika kondisi janin semakin membesar. Janin yang semakin membesar akan menghambat aliran darah pada tubuh Ibu bagian bawah yaitu area kaki untuk kembali ke tubuh bagian atas.

Pada kondisi normal, tidak hanya area kaki yang akan membengkak pada kehamilan. Penumpukan cairan akan tampak pada area wajah dan tangan seorang ibu hamil. Namun apabila kondisi bengkak terjadi tiba tiba terutama pada usia 20 minggu kehamilan, dengan diiringi kondisi sakit kepala, mual dan muntah serta nyeri pada perut. Hal ini menunjukkan gejala penyakit lain yang disebut dengan preeklampsia.

Konsultasikan dengan dokter untuk setiap tanda dan gejala yang terjadi ketika pada masa kehamilan, Anda mengalami kaki yang membengkak secara tiba-tiba. Dengan berbagai tanda gejala lain yang menyertai

Selain kehamilan, gangguan jantung dapat menjadi penyebab kaki membengkak. Pada kondisi gangguan jantung seperti jantung yang mengalami pembesaran abormal. Darah yang juga membawa air tidak dapat secara optimal disalurkan oleh jantung ke seluruh tubuh.

Begitupula yang akan terjadi ketika ginjal mengalami gangguan. Berbagai zat beracun dan air berlebih yang harusnya dapat disaring dan dikeluarkan secara normal dari tubuh justru tertampung dan menumpuk. Terutama pada area kaki yang diakibatkan oleh gaya gravitasi.

Bengkak yang terjadi pada kondisi tersebut tidak hanya akan menyebabkan nyeri dan mengganggu aktivitas. Kelebihan cairan yang tidak segera tertangani dengan benar dapat menyebabkan tertumpuknya cairan di bagian lain. Bahkan paru paru dan otak sebagai organ vital manusia. Kematian dapat terjadi akibat penumpukan cairan yang berlebihan dalam tubuh.

Penyebab ketiga adalah terjadinya luka akibat terjatuh atau kecelakaan. Meski bengkak yang terjadi akibat luka terjatuh atau kecelakaan ini adalah pertanda baik karena proses penyembuhan sedang terjadi. Penanganan terhadap bengkak akibat luka haruslah dengan tepat dan benar.

Penanganan luka yang tidak steril dan tidak sesuai aturan justru dapat memperberat kondisi luka. Rentan terjadinya infeksi yang dapat menular pada organ lain jika tidak segera diberikan obat dan dilaksanakan pengobatan dengan benar.

Obat dan Penanganan Kaki Bengkak dengan Tepat

Setelah mengetahui beberapa penyebab kaki bengkak, maka inilah saatnya kita membahas obat dan penanganan kaki bengkak dengan tepat sesuai dengan penyebabnya.

  • Bengkak yang Terjadi Akibat Kehamilan

Apabila yang terjadi adalah kaki bengkak akibat kehamilan, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan urine atau air kemih. Kaki yang membengkak pada saat akhir usia kehamilan namun terjadi tiba tiba dapat menjadi pertanda penyakit lain yang sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Selain melakukan pemeriksaan urine, Anda juga diharuskan mengurangi aktivitas yang melelahkan. Berdiri terlalu lama ketika hamil dapat menjadi penyebab tertumpuknya cairan pada kaki. Mengangkat kaki sehingga posisinya lebih tinggi dari badan ketika berbaring juga merupakan penanganan yang tepat pada kaki bengkak yang terjadi ketika hamil.

Ketika hamil, hindari juga konsumsi makanan instan atau yang mengandung terlalu tinggi kadar garam. Kandungan garam yang terlalu tinggi dalam tubuh justru akan menyebabkan lebih banyak air yang terikat dan tidak dapat dikeluarkan secara normal lewat proses berkemih atau berkeringat.

Terlalu banyak konsumsi kafein juga menjadi penyebab kaki bengkak selama kehamilan. Batasi konsumsi bahan makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, soda dan coklat hanya sebanyak 200 mg per harinya. Perbanyak konsumsi air putih dan buah buahan segar lebih dianjurkan.

  • Bengkak yang Terjadi Akibat Gangguan Jantung atau Ginjal

Apabila kaki bengkak akibat gangguan jantung dan ginjal, maka biasanya dokter akan meresepkan pemberian obat obatan diuretik untuk Anda. Obat obatan ini bersifat menarik air yang berlebihan dalam tubuh, sehingga akan menyebabkan Anda sering berkemih.

Selain menggunakan obat obatan diuretik, asupan air dan cairan akan sangat dibatasi. Karena pasien dengan gangguan jantung dan ginjal tidak boleh menambah beban jantung dan ginjal dengan tambahan cairan dari luar tubuh. Aturan minum air dan cairan haruslah disesuaikan dengan berat badan dan aktivitas pasien.

Selain itu Anda dapat melakukan kompres kaki dengan es batu atau air dingin. Caranya adalah dengan membungkus botol yang berisi air dingin atau es batu yang berada dalam plastik dengan handuk. Kemudian menempelkan pada area kaki yang membengkak. Suhu dingin akan menyempitkan pembuluh darah, sehingga air yang berada di luar pembuluh darah dapat tertarik masuk dan dikembalikan ke jantung atau ginjal dengan lebih optimal.

  • Bengkak yang Terjadi Akibat Luka

Ketika kaki bengkak akibat luka, yang terjadi adalah proses peradangan. Pada luka terbuka biasanya proses penyembuhan luka akan diawali dengan kemerahan, nyeri dan akan terjadi bengkak. Proses ini berlangsung selama lima hari.

Bengkak terjadi akibat proses eksudasi, yakni terkumpulnya cairan pada sekitar area luka. Cairan ini mengandung hormon-hormon penyembuhan luka seperti serotonin dan histamin. Selain pembengkakan, adanya hormon tersebut akan menyebabkan peningkatan suhu badan.

Untuk mengobati dan menangani luka yang terjadi akibat terjatuh atau kecelakaan, Anda cukup menjaga kebersihan luka dengan melakukan perawatan luka dengan benar. Serta menutup luka dengan kasa bersih yang harus diganti minimal sekali dalam sehari. Sehingga bengkak akan berproses menuju kesembuhan, bukan justru menjadi infeksi.

Selain itu, asupan tinggi protein akan membantu menyembuhkan kaki bengkak dengan lebih cepat dan lebih baik. Bahan makanan tinggi protein dari sumber hewani antara lain daging, telur dan susu. untuk bahan makanan tinggi protein dari sumber nabati antara lain terdapat kacang-kacangan, susu kedelai atau susu almond yang dapat Anda konsumsi selama proses penyembuhan luka.

Apabila setelah melakukan beberapa hal yang telah disarankan di atas, kondisi bengkak pada kakimu tidak kunjung berkurang. Segera kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan lengkap. Penyakit lain yang dapat menyebabkan bengkak pada kaki adalah limfedema, infeksi cacing yang menyebabkan kaki gajah atau terjadinya gangguan pembuluh darah pada area kaki.

Dalam menjaga kesehatan kaki, usahakan untuk selalu memantau kondisi kaki kita. Membersihkan kedua kaki hingga ke sela jari kaki, menjaga tetap kering dan rajin berolahraga untuk menjaga sirkulasi darah pada kaki yang sehat.

Demikian informasi mengenai obat dan penanganan kaki bengkak sesuai dengan penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sehat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *