invisible hit counter invisible bg invisible ico

Mengetahui Letak Jantung Manusia Serta Fungsi Bagian-Bagiannya

Mengetahui Letak Jantung Manusia Serta Fungsi Bagian-BagiannyaLetak jantung manusia berada di sebelah kiri rongga dada, dan hal tersebut tentu sudah diketahui orang pada umumnya. Akan tetapi tahukah Anda bahwa ternyata ada suatu kondisi yang bisa membuat jantung seseorang terletak di sebelah kanan? Ya, kondisi tersebut dinamakan dextrocardia saat jantung justru berada di bagian kanan rongga dada. Kondisi ini dinilai sebagai kelainan congenital atau kelainan bawaan. Berpindahnya organ jantung dari rongga dada sebelah kiri ke rongga dada sebelah kanan ini bisa diakibatkan oleh banyak hal, diantaranya adalah penyebab alami yang diakibatkan oleh faktor dari luar janting. Misalnya mungkin ada tumor besar yang mendesak jantung sehingga posisi jantung lebih condong ke kanan. Kelainan paru-paru pun juga bisa membuat jantung posisinya pindah ke bagian kanan rongga dada. Akan tetapi bukan kelainan dextrocardia ini yang akan kita bahas. Kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai apa itu jantung, letak jantung manusia dan segala hal tentang jantung yang harus diketahui oleh semua orang agar setiap orang bisa menjaga jantung dan lebih menyayangi jantungnya sendiri.

Berbagai Hal Tentang Jantung yang Perlu Anda Ketahui

Sebelumnya mari kita ketahui dulu apa itu jantung dan mengapa manusia membutuhkan jantung untuk tetap hidup. Jantung adalah salah satu organ manusia yang sangat penting bagi manusia. Bentu jantung berupa rongga organ berotot yang berfungsi untuk memompa darah melalui pembuluh darah dengan waktu yang berirama dan berulang. Di dunia kedokteran istilah-istilah yang berhubungan dengan jantung biasanya disebut dengan istilah kardiak. Kardiak sendiri adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu cardia yang berarti jantung. Mengapa jantung sangat penting untuk tetap membuat manusia hidup? Hal ini dikarenakan jantung berperan sangat penting bagi peredaran darah manusia, di mana manusia juga tida bisa hidup tanpa memiliki darah.

Seperti yang sudah dibahas di awal paragraf tadi, letak jantung manusia berada di rongga kiri dada. Letak jantung dan paru paru bersebelahan, jantung berada di antara paru-paru kiri dan kanan. Pada umumnya jantung memiliki berat sekitar 300 gram. Dan jika Anda ingin tahu seberapa besar ukuran jantung di dalam rongga kiri dada Anda, besar jantung Anda adalah sebesar kepalan tangan Anda. Itu dia yang membuat ukuran jantung satu orang dan orang lainnya bereda-beda. Manusia membutuhkan darah yang mengalir di seluruh tubuhnya untuk tetap hidup karena darah juga sangat berperan penting bagi kehidupan. Oleh karena itu letak jantung manusia jelas sangat penting keberadaannya karena jantunglah yang memompa darah sehingga darah bisa mengalir ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Maka saat peredaran darah tersebut terganggu, hal tersebut bisa membuat seseorang menderita sakit jantung.

Letak jantung manusia di rongga dada hampir seluruhnya diselubungi oleh paru-paru, baik paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Organ jantung ditutup oleh selaput ganda bernama perikardium di mana selaput tersebut menempel pada diafragma. Selaput perikardium tersebut memiliki dua lapisan. Lapisan pertama melekat sangat erat dengan organ jantung, sedangkan untuk lapisan kedua yang berada di bagian luar sifatnya lebih longgar dan lebih berair. Fungsi lapisan kedua yang lebih longgar ini adalah agar jantung terhindar dari gesekan yang bisa saja terjadi saat jantung tengah melakukan gerakan memompa yang terus menerus.

Jantung adalah bagian tubuh manusia yang sangat vital yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Setelah membahas berbagai hal tentang jantung, pada halaman 2 kita akan membahas mengenai bagian-bagian jantung beserta fungsinya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *