invisible hit counter invisible bg invisible ico

Mengenali Tanda-Tanda Hamil 2 Minggu dengan Mudah

Previous 1 2

4. Sering buang air kecil

Wanita yang sedang hamil muda biasanya juga terdapat tanda yaitu sering buang air kecil. Tanda ini disebabkan karena adanya peningkatan hormon pada wanita hamil sehingga berpengaruh pada kenaikan volume darah dan memicu ginjal untuk bekerja lebih ekstra untuk mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Selain itu sering buang air kecil juga dapat ditimbulkan karena adanya desakan janin yang menekan kandung kemih.

5. Mudah lelah dan perasaan lebih sensitif

Tanda-tanda hamil 2 minggu yang berikutnya yaitu mudah lelah dan perasaannya menjadi lebih sensitif. Rasa mudah lelah diakibatkan karena hadirnya janin dalam rahim ibu akan berdampak pada mengalirnya nutrisi yang dibawa oleh darah menuju janin. Hal ini tentunya akan membuat perubahan yang signifikan pada awal kehamilan di mana ibu harus berbagi nutrisi dengan janin. Oleh karena itu pada wanita hamil disarankan untuk memperbanyak nutrisi yang dikonsumsinya. Memperbanyak disini bukan harus makan lebih banyak, tetapi yang terpenting adalah menyediakan nutrisi yang lebih lengkap dan berkualitas baik untuk sang ibu maupun untuk janin yang dikandungnya (baca: nutrisi dan vitamin untuk ibu hamil yang penting untuk perkembangan janin).

Sedangkan perasaan yang lebih sensitif diakibatkan karena faktor hormonal, di mana wanita hamil akan menjadi lebih perasa dari biasanya. Selain perasaan yang sensitif, indera penciuman juga lebih sensitif sehingga jika mencium bau-bau tertentu yang menyengat, dapat mengakibatkan mual atau muntah. Pada wanita hamil muda juga dapat terjadi suatu kondisi yang dinamakan ngidam. Ngidam merupakan dorongan keinginan dari ibu hamil yang biasanya sangat menginginkan makanan tertentu.

6. Keluar bercak darah

Keluar bercak darah juga merupakan tanda-tanda kehamilan 2 minggu yang sangat khas. Bercak darah yang dimaksud di sini yaitu berupa flek-flek darah berwarna merah muda atau kecoklatan. Bercak darah yang keluar tentunya hanya sedikit, jika darah keluar dalam jumlah yang banyak apalagi disertai dengan kram perut yang hebat maka harus segera dibawa ke fasilitas layanan kesehatan terdekat karena merupakan tanda terjadinya keguguran.

7. Sering sembelit

Sering sembelit juga dapat merupakan tanda-tanda hamil muda yang diakibatkan karena adanya peningkatan hormon progesteron akan berdampak pada mengendurnya otot rahim dan otot usus. Mengendurnya otot usus ini dapat meyebabkan peristaltik usus bekerja kurang optimal sehingga mengakibatkan sembelit. Oleh karena itu pada wanita hamil sangat disarankan banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan sehingga dapat lebih memperlancar pencernaan.

Cara-Cara untuk Menentukan Kehamilan Lainnya

Pada orang yang sedang hamil muda biasanya juga terjadi kenaikan berat badan. Namun jika masih 2 minggu, kenaikan badan tersebut tentunya belum terlalu signifikan. Sehingga terkadang susah membedakan antara kenaikan badan karena lemak atau karena kehamilan. Namun seiring berjalannya waktu, tanda-tanda kehamilan itu akan semakin terlihat. Pada wanita hamil tentunya lama kelamaan akan terjadi pembesaran perut dan bagian-bagian tubuh lain seperti pinggul, paha, dan lengan.

Setelah Anda mengalami tanda-tanda hamil 2 minggu seperti yang telah disebutkan di atas, maka supaya lebih yakin Anda dapat melakukan test kehamilan dengan menggunakan test pack yang mudah didapatkan di apotek terdekat. Tanda kehamilan akan ditunjukkan dengan tanda strip dua pada alat test kehamilan tersebut setelah dicelupkan pada urin yang ditampung. Anda juga dapat memastikan kehamilan Anda dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dokter biasanya akan melakukan USG untuk melihat ada tidaknya janin di dalam rahim calon ibu.

Jika calon ibu sudah positif hamil maka tentunya merupakan kabar gembira dan sebuah anugerah yang tak ternilai harganya. Suatu keharusan tentunya untuk merawat janin dengan sungguh-sungguh. Hal yang dianjurkan pada waktu hamil muda antara lain yaitu mencukupi kebutuhan nutrisi harian, banyak mengkonsumsi buah dan sayur, olahraga yang cukup, dan melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala ke bidan atau ke dokter kandungan. Sebaiknya hindari hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin, seperti merokok, minum minuman beralkohol, melakukan aktifitas ekstrem, serta mengkonsumsi obat tanpa resep dokter.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *