invisible hit counter invisible bg invisible ico

Mengenali Tanda-Tanda Hamil 2 Minggu dengan Mudah

Mengenali Tanda-Tanda Hamil 2 Minggu dengan MudahMengenali tanda-tanda hamil 2 minggu tentunya lebih mudah daripada saat usia kehamilan baru menginjak 1 minggu, karena tanda-tandanya akan muncul sedikit lebih jelas. Bagi Anda terutama para pasangan muda tentunya penasaran apakah sudah hamil atau belum oleh karena itu Anda perlu mengetahui informasi tentang tanda-tanda hamil 2 minggu berikut ini. Walaupun usia kandungan masih sangat muda, namun telah terjadi perubahan hormon pada wanita. Dengan adanya perubahan hormon tersebut maka akan menimbulkan berbagai sinyal dalam tubuh wanita yang dapat mengindikasikan bahwa dirinya sedang hamil. Namun tidak semua orang dapat mengenali tanda-tanda tersebut. Terlebih lagi bagi para pasangan yang baru saja menikah, biasanya akan ragu-ragu dalam menilai apakah benar-benar sedang hamil atau tidak. Pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan pastinya ingin secepatnya tahu tentang kehamilan yang dialaminya.

Untuk mengetahui tanda kehamilan secara pasti, biasanya seorang wanita pergi ke dokter kandungan untuk memeriksakan kehamilannya melalui USG. Namun supaya Anda lebih mantap, tentunya akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu tanda yang diisyaratkan oleh tubuh Anda. Sehingga ketika pergi ke dokter kandungan, Anda memang sudah yakin jika sedang hamil dan sekalian untuk memeriksakan kesehatan janin yang Anda kandung. Selain itu, dengan mengetahui sejak dini tentang kehamilan yang Anda alami akan memberikan beberapa manfaat bagi ibu hamil. Manfaat tersebut antara lain yaitu dapat lebih berhati-hati dalam menjaga janinnya, sebab pada usia kehamilan yang sangat muda masih rawan terjadi keguguran.

Berbagai Tanda-Tanda Hamil 2 Minggu yang Bisa Dikenali dengan Mudah dan Cepat

Jika calon ibu telah mengetahui tanda-tanda kehamilan seawal diharapkan akan lebih memperhatikan janin yang dikandungnya, antara lain yaitu dengan memberikan nutrisi yang baik serta menjauhkannya dari guncangan atau aktifitas yang berlebihan. Sang ibu pun tentunya akan lebih memperhatikan kesehatan dirinya ketika memasuki masa kehamilan dengan didukung oleh suami maupun orang-orang terdekatnya. Berikut ini adalah tanda-tanda hamil 2 minggu yang dapat Anda kenali dengan mudah:

  1. Terlambat haid

Terlambat haid merupakan tanda-tanda hamil 2 minggu yang paling mudah diamati. Para wanita tentunya mempunyai silkus bulanan menstruasi yang cenderung hampir sama tiap bulannya. Jika pada tanggal tertentu haid yang biasanya datang tak juga muncul, maka Anda patut curiga bahwa Anda sedang hamil. Haid atau menstruasi merupakan suatu proses alami yang terjadi dalam organ reproduksi wanita dimana terjadi peleburan sel telur yang keluar sebagai darah haid. Jika terjadi pembuahan oleh sel sperma, maka sel telur tidak melebur seperti biasanya tetapi  menempel di dinding rahim yang nantinya akan berkembang menjadi janin.

  1. Morning Sickness

Morning sickness merupakan tanda-tanda hamil 2 minggu yang juga sangat umum dialami oleh ibu hamil muda. Morning sickness merupakan suatu sindrom di mana ibu hamil mengalami mual atau muntah yang sering terjadi di pagi hari ketika bangun tidur. Selain mual dan muntah biasanya juga disertai dengan pusing. Morning sickness adalah gejala yang wajar bagi ibu hamil dan justru merupakan pertanda bahwa bayi yang dikandungnya dalam keadaan sehat. Yang perlu diwaspadai adalah jika terjadi mual muntah yang berlebihan atau yang disebut sebagai hiperemesis gravidarum.

Hiperemesis gravidarum ditandai dengan muntah yang tejadi sangat sering, ibu hamil terasa lemas, dan susah mendapatkan asupan nutrisi dari luar. Dalam kondisi demikian maka sebaiknya segera dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan. Morning sickness biasanya terjadi dari awal kehamilan sampai trimester pertama. Namun pada beberapa kasus, morning sickness dapat terjadi sepanjang kehamilan dan baru berakhir ketika janin yang dikandungnya telah lahir.

  1. Perubahan pada payudara

Akibat adanya perubahan hormon pada wanita hamil, maka terdapat tanda-tanda hamil 2 minggu berupa pembesaran pada payudara. Pada wanita hamil biasanya akan merasakan bahwa payudaranya terasa lebih besar dari biasanya, terasa kencang, dan lebih sensitif. Pada area di sekitar puting susu (aerola) akan terlihat lebih menghitam dan pada payudara juga akan mulai tampak urat-urat biru di permukaan kulit.

Masih ada banyak lagi tanda-tanda kehamilan 2 minggu yang bisa Anda ketahui di halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *