invisible hit counter invisible bg invisible ico

Mengenali Pengertian dan Penyebab Trigliserida Tinggi

Mengenali Pengertian dan Penyebab Trigliserida Tinggi Penyebab trigliserida tinggi pada dasarnya cukup bervariasi, dan terkadang setiap orang tidak sama penyebab atau pemicunya. Nah, penyakit trigliserida tinggi ini adalah salah satu jenis penyakit yang cukup berisiko dan berbahaya jika tidak segera mendapatkan penanganan atau pengobatan. Akan tetapi, saat ini kebanyakan masyarakat masih belum tahu apa yang dimaksudkan dengan penyakit trigliserida tinggi dan apa saja akibat yang bisa dirasakan jika seseorang menderita penyakit tersebut. Bahkan sekarang ini masih banyak orang yang menyamakan trigliserida dengan kolesterol, padahal sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Untuk lebih jelasnya, kami akan jelaskan dulu apa itu sebenarnya trigliserida. Trigliserida adalah sejenis lemak atau lipida yang berada dalam darah. Memang pada dasarnya sangat mirip dengan kolesterol, akan tetapi ternyata fungsi keduanya berbeda. Lalu apa perbedaannya? Lebih lengkap mengenai penyebab kadar trigliserida tinggi, pengertian dan gejalanya akan kita bahas pada artikel kali ini.

Penyebab Trigliserida Tinggi dan Juga Gejalanya

Ketika Anda makan, sebagian kalori yang tidak dipakai lagi ternyata diubah menjadi trigliserida. Zat ini tersimpan dalam sel-sel lemak yang berada di dalam tubuh. Maka dari itu, saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak kalori, Anda akan memiliki kadar trigliserida yang tinggi atau yang juga disebut dengan istilah hypertriglycerdemia. Saat Anda mengonsumsi banyak kalori tentu saja trigliserida yang terbentuk dari kalori yang tidak terpakai juga akan semakin banyak. Maka dari itu di sini kita ketahui salah satu penyebab trigliserida tinggi, yaitu konsumsi kalori yang berlebihan.

Sedangkan kolesterol sendiri sebenarnya juga salah satu jenis lipida atau lemak, akan tetapi sirkulasinya berbeda dengan trigliserida. Kolesterol sendiri berfungsi sebagai pembangun sel di dalam tubuh dan juga beberapa hormon yang ada di dalam tubuh. Apalagi kedua zat ini, kolesterol dan trigliserida ternyata tidak bisa larut dalam darah. Keduanya sama-sama bersirkulasi ke seluruh tubuh dengan dibantu oleh lipoprotein atau protein pengangkut lipida (lemak).

Trigliserida tinggi artinya ketika kadar trigliserida darah mencapai 200-499 mg/dL atau yang kategorinya sangat tinggi bahkan bisa mencapai lebih dari 500 mg/dL. Ukuran ini bisa ditentukan dengan cara tes darah sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah sakit atau di klinik. Biasanya sebelum Anda diambil darahnya untuk dilakukan pemeriksaan trigliserida ini, Anda akan diminta untuk berpuasa selama kurang lebih 10-12 jam. Maka dari itu, waspadalah dengan penyebab trigliserida tinggi supaya ukuran kadar trigliserida Anda tidak mencapai angka setinggi itu.

Nah, selain disebabkan karena konsumsi kalori yang terlalu tinggi, ada banyak penyebab-penyebab lain yang bisa membuat kadar trigliserida di dalam darah menjadi tinggi. Secara umum, penyakit ini bisa disebabkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan dan juga penyakit diabetes. Apabila kedua jenis gangguan kesehatan ini tida bisa terkendali dan semakin parah, maka kemungkinan besar kadar trigliseridanya akan menjadi tinggi. Bagi Anda yang terlalu banyak mengonsumsi gula dan juga segala jenis makanan yang mengandung karbohidrat, Anda juga harus lebih waspada agar kadar trigliserida Anda tidak semakin tinggi karena ternyata karbohidrat dan kadar gula yang terlalu tinggi juga bisa menjadi salah satu penyebab trigliserida tinggi. Dan jika kadar trigliserida Anda sudah tinggi, maka Anda juga bisa berisiko terkena penyakit jantung.

Selain beberapa penyebab tersebut, berikut ini adalah penyebab penyakit trigliserida tinggi lain yang perlu Anda waspadai untuk menghindari komplikasi penyakit lain yang bisa diakibatkan oleh tingginya kadar trigliserida.

  1. Hipotiroideisme

Apa itu hipotiroidisme? Kondisi ini akan terjadi apabila kelenjar tiroid yang berada di dalam tubuh ternyata hanya sedikit saja memproduksi hormon tiroid. Hal tersebut ternyata bisa memicu munculnya tanda tanda trigliserida tinggi.

  1. Sakit Ginjal

Jenis penyakit ginjal ternyata juga bisa mengakibatkan tingginya kadar trigliserida. Pasalnya saat fungsi ginjal sudah tidak bekerja dengan baik lagi, ginjal tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik untuk menyeimbangkan kandungan garam dan mineral yang berada di dalam darah. Alhasil ginjal akan membuang cairan dan juga sampah-sampah tubuh dengan jumlah yang berlebihan, akibatnya tekanan darah tidak bisa teratur.

  1. Konsumsi Alkohol

Bagi Anda yang suka mengonsumsi alkohol, perlahan-lahan Anda juga harus menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Ketika Anda mengonsumsi berbagai minuman yang mengandung alkohol, ternyata kadar trigliserida Anda akan meningkat dengan lebih cepat. Sangat berbahaya, bukan? Dan ternyata bukan hanya kadar trigliserida saja yang bisa menjadi tinggi, akan tetapi Anda juga akan berisiko mengalami peradangan pada organ pankreas.

  1. Obat-Obatan

Selain itu Anda juga harus mewaspadai beberapa jenis obat yang ternyata bisa memicu tingginya kadar trigliserida. Beberapa jenis obat seperti steroid, beta-blockers, tamoxifen, diuretik, dan juga pil KB cukup berisiko membuat kadar trigliserida meningkat.

Selain empat faktor penyebab trigliserida tinggi radi, ternyata kadar trigliserida juga bisa berkaitan dengan kondisi kesehatan lainnya. Penyakit ini termasuk salah satu sindrom metabolik, di mana sindrom ini adalah kelompok penyakit atau gangguan yang terdiri dari HDL rendah, hipertensi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, dan penumpukan lemak yang terjadi di area pinggul. Maka dari itu, jika Anda merasa tubuh Anda mengalami gangguan-gangguan tersebut, segeralah tangani dan cari obatnya. Atau minimal Anda harus mencegah penyakit ini sejak awal.

Cara Mencegah dan Mengobati Tanda Tanda Trigliserida Tinggi

Jika setelah Anda memeriksakan diri ke dokter ternyata kadar trigliserida Anda sudah tinggi karena beberapa penyebab trigliserida tinggi yang tadi sudah dijelaskan, maka yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah mengobatinya. Mengubah pola hidup menjadi pola hidup yang lebih baik dan lebih sehat adalah salah satu cara mudah mengobati trigliserida tinggi tanpa harus menggunakan berbagai jenis obat-obatan.

Cara yang paling sederhana atau adalah dengan mengontrol berat badan atau berdiet. Jika Anda sudah mulai mengalami penambahan berat badan berlebihan atau obesitas, sebaiknya segera lakukan diet agar berat badan Anda bisa turun kurang lebih 2-5 kilogram untuk bisa menurunkan kadar trigliserida. Anda juga disarankan untuk mengganti konsumsi lemak jenuh yang biasanya terkandung dalam daging dengan lemak sehat atau lemak tak jenuh yang berasal dari tanaman. Sebut saja minyak zaitun, minyak kacang dan juga jenis minyak canola. Selain itu Anda juga tahu bahwa salah satu penyebab trigliserida tinggi adalah asupan kalori yang berlebihan. Maka dari itu untuk menurunkan kadar trigliserida yang berlebihan, cobalah untuk mengurangi asupan kalori.

So, kami harap sekarang Anda sudah lebih tahu tentang apa itu penyakit trigliserida tinggi dan juga berbagai penyebab trigliserida tinggi. Setelah ini lakukanlah pola hidup yang lebih sehat agar Ada bisa terhindar dari risiko-risiko yang kami jelaskan tadi. Selanjutnya jangan lupa untuk secara rutin melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda secara pasti. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *