invisible hit counter invisible bg invisible ico

Mengenali Gejala Tipes pada Anak dan Cara Mengatasinya

Mengenali Gejala Tipes pada Anak dan Cara MengatasinyaGejala tipes pada anak pada umumnya hampir sama dengan gejala penyakit demam berdarah dengue. Hal inilah yang terkadang membuat masyarakat awam bingung membedakan kedua gejala penyakit ini. Oleh karena itu, biasanya pemeriksaan dokterlah yang bisa membedakan antara gejala tipes dan juga penyakit DBD. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas lebih jauh mengenai apa itu penyakit tipes, bagaimana gejala penyakit yang biasanya terjadi pada anak-anak, dan juga bagaimana cara mengatasinya. Tujuannya tentu untuk membuat para pembaca bisa lebih mewaspadai gejala tipes pada anak yang jika diabaikan tentu akan memberikan dampak berbahaya bagi buah hati Anda. So, untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Penyakit Tipes dan Apa Penyebabnya?

Secara umum gejala tipes pada anak ini diakibatkan karena infeksi bakteri pada usus halus. Bakteri penyebab tipes bernama salmonella typhi atau salmonella paeartyphi. Jenis bakteri yang bisa masuk hingga ke usus melalui makanan yang dikonsumsi oleh penderita. Nah, anak-anak mungkin memang sangat berisiko terkena penyakit ini, karena biasanya anak-anak lebih berpotensi mengonsumsi sembarang makanan yang mungkin sudah tercemar bakteri tipus. Bakteri yang masuk ke saluran usus kemudian berkembang biak dan akhirnya merusak dinding usus. Bahkan setelah itu bakteri-bakteri yang sudah semakin berkembang ini akan masuk di saluran limfa dan bisa masuk hingga ke pembuluh darah. Proses ini biasanya bisa memakan waktu antara 24 jam hingga 27 jam.

Lalu apa yang terjadi? Nah, setelah proses selama beberapa jam tersebut, bakteri yang berkembang akan semakin menyebar pada pembuluh darah dan akhirnya menimbulkan gejala-gejala penyakit tipes. Yang paling umum adalah gejala demam yang akan semakin tinggi dari hari ke hari terutama ketika di malam hari. Dan Anda harus sangat mewaspadai apabila anak Anda menderita gejala seperti ini dalam waktu 7-10 hari.

Gejala Tipes pada Anak yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Penyakit tipes mungkin menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Apalagi jika penderita tak kunjung mendapatkan penanganan lebih lanjut. Nah, untuk gejalanya sendiri, anak-anak biasanya akan mengalami panas dan juga sakit kepala. Bahkan gejala lain biasanya terkait dengan pencernaan seperti sakit perut, diare, bahkan sulit buang air besar. Yang berbahaya adalah jika gejala tipes tersebut sudah semakin parah, karena seseorang termasuk seorang anak bisa saja jatuh pingsan.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa penyakit tipes adalah penyakit yang tidak pandang usia. Artinya baik orang dewasa atau anak-anak bisa mengalami penyakit tipes ini. Bahkan bayi pun bisa terserang tipes, maka dari itu Anda harus sangat waspada karena daya tahan tubuh bayi tentu saja masih sangat lemah. Gejala tipes pada anak yang biasanya sangat khas adalah bau yang tidak sedap dari mulutnya. Fase demam yang dialami pun cukup khas, karena biasanya akan selalu naik turun. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir karena biasanya gejala yang bisa menyebabkan seseorang sampai pingsan tidak akan terjadi pada anak-anak.

Bagi anak-anak ataupun orang dewasa, tipes harus segera ditangani. Meskipun pada awalnya memang hanya menunjukkan gejala ringan seperti halnya demam biasa. Akan tetapi semakin lama jika tidak mendapatkan pertolongan, bisa saja akan terjadi kebocoran usus yang akan berujung kematian. Akan tetapi jika anak Anda masih bayi, Anda harus lebih ekstra waspada. Pasalnya gejala tipes pada anak bayi leih sulit terdeteksi. Pasalnya bayi biasanya hanya menunjukkan gejala berupa tangisan dan rewel ketika dirinya mulai merasa tidak nyaman karena penyakit tipes tersebut.

Artikel mengenai gejala tipes pada anak dan cara mengatasinya ini berlanjut ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *