invisible hit counter invisible bg invisible ico

Mengenali Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru Basah dan TBC Sejak dini

Mengenali Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru Basah dan TBC Sejak diniPada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit informasi kepada Anda mengenai ciri-ciri penyakit paru-paru basah atau pneumonia dan TBC atau penyakit flek paru. Paslanya dua jenis penyakit yang terkait dengan organ paru-paru tersebut akan sangat berbahaya apabila tidak mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. Akan tetapi permasalahannya adalah masyarakat masih kurang memahami tentang bagaimana ciri-ciri atau gejala penyakit-penyakit tersebut. Pada akhirnya sakit yang dialami oleh penderita baru diketahui saat penyakitnya sudah mulai parah. Kalau sudah demikian tentu saja penyembuhannya akan lebih sulit dan lebih lama. Itu dia salah satu alasan mengapa Anda harus mengetahui apa saja ciri penyakit paru basah atau pneumonia dan ciri-ciri penyakit TBC atau flek paru. Jadi supaya Anda bisa lebih waspada dan bisa mencegah penyakit-penyakit tersebut, simak informasi berikut ini.

Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru Basah dan Penyebabnya

Seperti yang tadi sudah kami sampaikan, paru-paru basah merupakan penyakit paru-paru yang berbahaya. Apabila penyakit tersebut diabaikan, risiko terburuknya adalah kematian. Paru-paru basah adalah sebuah gangguan atau penyakit paru yang disebabkan oleh adanya infeksi jamur, bakteri atau virus. Dan akibatnya adalah paru-paru yang terinfeksi tersebut akan meradang. Penyakit yang juga disebut dengan pneumonia ini membuat kantong-kantong udara pada paru-paru atau yang disebut dengan alveoli akan penuh dengan cairan atau nanah. Kemudian kemampuan paru-paru untuk menyerap udara akan menurun. Lalu apa saja ciri-ciri penyakit paru-paru basah?

Ciri atau gejala seorang penderita paru-paru basah pada umumnya berupa demam yang disertai dengan batuk berdahak. Batuk tersebut pun biasanya diawali dengan batuk kering terlebih dahulu. Selain itu mata akan berair, dada akan terasa nyeri dan penderita akan mengalami sakit kepala ringan. Beberapa gejala lainnya yang juga sering terjadi yaitu badan terasa pegal-pegal, lebih mudah lelah dan tenggorokan terasa sakit.

Dalam jangka waktu yang lama, paru-paru basah juga bisa menyebabkan napsu makan penderitanya berkurang. Maka dari itu salah satu ciri-ciri penyakit paru-paru basah adalah berat badan yang terus menyusut karena tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup. Bahkan dalam beberapa kasus tertentu, penderita paru-paru basah bisa mengalami perubahan warna kulit karena kurangnya oksigen di peredaran dalah seluruh tubuh. Biasanya kulit akan berubah menjadi agak keunguan. Seorang penderita paru-paru basah juga akan mengalami keringat dingin, terutama di bagian telapak tangan dan kaki.

Nah, apabila Anda atau keluarga Anda mengalami ciri-ciri penyakit paru-paru basah seperti yang tadi sudah kami jelaskan, hendaknya segera bawa ke dokter atau ke rumah sakit supaya segera mendapatkan penanganan medis. Dan untuk menghindari penyakit paru-paru basah, ada beberapa langkah pencegahan yang harus Anda lakukan. Pertama, sebaiknya mulai sekarang Anda hindari kebiasaan kurang baik terutama merokok dan minum alkohol. Kedua, selalu jaga kebersihan tubuh dan juga kebersihan tangan Anda. Pasalnya tangan adalah salah satu organ tubuh yang bisa menjadi perantara masuknya mikroorganisme berbahaya penyebab paru-paru basah ke dalam tubuh. Pasalnya secara umum paru-paru basah bisa disebabkan oleh 30 macam sumber infeksi, terutama bakteri, jamur, virus, dan zat-zat kimia.

Setelah di atas membahas tentang ciri-ciri paru-paru basah, berikutnya kami akan membahas tentang ciri-ciri penyakit TBC atau flek paru. Meskipun sama-sama penyakit paru, keduanya adalah penyakit yang sangat berbeda namun dengan ciri yang hampir sama. Silahkan baca selengkapnya di halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *