invisible hit counter invisible bg invisible ico

Mengenali Ciri-Ciri Kencing Batu dan Cara Pengobatannya

Previous 1 2
  1. Demam

Ciri-ciri kencing batu yang berikutnya yaitu terjadi demam. Demam merupakan respon alami dari tubuh akibat masuknya kuman/mikroorganisme ke dalam tubuh. Pada penyakit kencing batu demam diakibatkan akibat terjadinya proses peradangan dalam saluran kencing yang seringkali menyebabkan penderitanya panas tinggi. Jika terjadi demam, berarti proses infeksi sedang terjadi, sehingga sebaiknya Anda segera membawa ke dokter agar diberikan antibiotik untuk melawan bakteri penyebab infeksi.

  1. Mual/muntah

Pada penyakit kencing batu, biasanya juga mempengaruhi sistem pencernaan karena letaknya yang berdekatan. Hal ini biasanya menimbulkan rasa kembung atau penuh di daerah perut yang memicu rasa mual atau muntah. Jika terjadi hal yang demikian, dokter biasanya akan memberikan obat anti mual/muntah untuk meredakan gejalanya.

  1. Badan mudah lelah

Badan mudah lelah juga merupakan salah satu ciri-ciri kencing batu. Penderitanya biasanya akan mengalami lemah, letih, lesu, dan kurang bergairah. Nafsu makan juga dapat menurun dan mengalami penurunan semangat untuk beraktifitas.

Berbagai Cara Pengobatan Kencing Batu

Pengobatan secara medis pada kencing batu dilakukan oleh dokter setelah melalui serangkaian pemeriksaan laboratorium. Jenis pengobatan biasanya dilakukan berdasarkan besar kecilnya batu, faktor penyebab, dan jenis batunya. Beberapa jenis pengobatan yang dilakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Minum air putih

Minum air putih merupakan obat kencing batu yang efektif untuk mengencerkan zat-zat yang pekat di dalam ginjal dan saluran kencing sehingga zat-zat tersebut tidak mengendap menjadi batu yang lebih besar tetapi dapat keluar lancar bersama urine. Terapi ini tentunya berlaku untuk batu yang ukurannya masih kecil, jika ukurannya sudah besar maka biasanya dokter akan merekomendasikan terapi lainnya.

  1. Metode gelombang suara

Pengobatan batu ginjal dengan metode gelombang suara ini biasa disebut ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy). ESWL berfungsi untuk memecah batu dalam saluran kencing dengan menggunakan gelombang suara untuk menciptakan getaran yang kuat sehingga batu dapat terpecah menjadi potongan-potongan kecil agar dapat mudah keluar bersama urine.

  1. Uteroscope

Tindakan uteroscope ini dilakukan dengan cara memasukkan tabung kecil yang memiliki kamera dan lampu di ujungnya, ke saluran kencing. Alat tersebut akan mencari keberadaan batu di saluran kencing dan akan menjerat serta memecahnya menjadi potongan-potongan kecil sehingga mudah dikeluarkan melalui air kencing.

  1. Tindakan operasi

Tindakan operasi ditujukan untuk mengangkat batu yang ukurannya besar. Dokter akan melakukan pembedahan dan mengangkat batu yang terdapat pada saluran kencing.

Setelah mengetahui ciri atau gejala kencing batu dan pengobatannya seperti yang telah dijelaskan di atas, hal yang tak kalah penting adalah melakukan pencegahan agar Anda terhindar dari kencing batu. Sebab bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah kencing batu, hal yang dapat Anda lakukan antara lain dengan banyak minum air putih (minimal 8 gelas hari), jangan menahan kencing, hindari minuman suplemen secara sembarangan, dan minumlah obat sesuai dosis yang diresepkan oleh dokter. Selain itu berolahragalah secara teratur untuk memperlancar metabolisme dan peredaran darah, konsumsi makanan dengan gizi seimbang untuk menjaga kesehatan ginjal, istirahat yang cukup, dan hindari stres.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *