invisible hit counter invisible bg invisible ico

Mengenali Ciri-Ciri Kencing Batu dan Cara Pengobatannya

Mengenali Ciri-Ciri Kencing Batu dan Cara PengobatannyaPenyakit kencing batu dapat menyerang siapa saja, oleh karena Anda perlu mengenali ciri-ciri kencing batu sejak dini agar dapat ditangani secepatnya. Secara statistik, pria memiliki risiko lebih tinggi terkena kencing batu daripada wanita. Namun tentu saja wanita tetap harus berhati-hati karena saat ini angka kejadian kencing batu pada wanita juga mengalami peningkatan. Faktor usia juga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kencing batu. Pada orang yang berusia lebih dari 60 tahun berisiko lebih besar untuk menderita kencing batu daripada usia di bawahnya. Namun untuk saat ini, banyak orang yang masih muda dapat menderita penyakit kencing batu karena dipicu oleh faktor pola gaya hidup yang tidak sehat.

Kencing batu adalah suatu kondisi terbentuknya benda padat seperti batu di saluran kencing yang terjadi akibat proses pengapuran kristal hasil sekresi tubuh atau zat-zat sisa yang tidak dapat terpecah secara sempurna sehingga mengalami pengendapan. Batu tersebut dapat berada di dalam ginjal, ureter, maupun di kandung kemih. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan kencing batu, antara lain yaitu karena penurunan fungsi filtrasi ginjal baik akibat faktor usia atau karena infeksi bakteri, faktor genetik, penumpukan zat-zat pembentuk batu ginjal akibat konsumsi suplemen atau zat-zat kimia tertentu, kurangnya asupan air putih, dan akibat sering menahan kencing. Batu pada saluran kencing berdasarkan unsur pembentuknya ada beberapa jenis, yaitu batu kalsium oksalat, batu struvit, batu asam urat, batu sistina, dan batu kalium fosfat.

Beberapa Ciri-Ciri Kencing Batu yang Bisa Anda Ketahui

Batu pada saluran kencing ada yang berukuran kecil maupun berukuran besar. Semakin besar ukurannya maka akan semakin menyumbat saluran kencing dan menimbulkan banyak keluhan. Jenis tekstur, dan lokasi batu juga mempengaruhi berat ringannya gejala yang ditimbulkan. Berbagai ciri-ciri kencing batu yang dapat dikenali antara lain sebagai berikut:

  1. Nyeri saat buang air kecil

Ciri-ciri kencing batu yang paling umum yaitu adanya rasa nteri saat buang air kecil. Intensitas nyeri antara orang yang satu dengan yang lain tentunya berbeda-beda. Ada yang biasa saja tetapi ada juga yang sampai terjadi nyeri sangat hebat. Frekuensinya pun ada yang hanya kadang-kadang tetapi ada juga yang terjadi sangat sering. Perbedaan nyeri ini dapat dipengaruhi oleh di mana batu tersebut berada serta ukuran besar-kecilnya batu. Nyeri biasanya juga disertai rasa panas saat berkemih. Penderita kencing batu biasanya mempunyai hasrat yang tinggi untuk selalu berkemih tetapi air kencing yang dihasilkan hanya sedikit, atau dalam istilah orang jawa disebut anyang-anyangan.

  1. Adanya darah dalam urine

Terdapatnya darah dalam urine atau sering disebut sebagai hematuria, merupakan ciri-ciri kencing batu yang terjadi akibat iritasi pada saluran kencing. Adanya batu yang dapat berukuran besar dan mempunyai tekstur yang agak tajam ketika melewati ureter, dapat mengiritasi saluran tersebut dan memicu perdarahan pada dinding-dindingnya. Dan darah tersebut akan bercampur dengan urine sehingga air kencing menjadi berwarna merah atau kecoklatan. Jika terdapat ciri seperti ini, maka sebaiknya Anda segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  1. Sakit pinggang

Sakit pinggang juga merupakan ciri-ciri kencing batu yang sering dikeluhkan penderitanya. Sakit pinggang ini terjadi karena adanya batu pada saluran kencing baik di ginjal, ureter, maupun di kandung kemih yang mengiritasi atau menimbulkan reaksi pada area-area tersebut sehingga memberikan respon nyeri pada daerah pinggang, baik di kanan maupun di kiri. Nyeri ini dapat dirasakan sekedar pegal-pegal biasa atau dapat pula terjadi nyeri yang hebat pada pinggang. Rasa nyeri ini dapat menyebar ke area sekitar pinggang, seperti punggung dan tulang rusuk.

Penyakit kencing batu sangatlah mengganggu dan menyakitkan, yang mana jika tidak segera diobati bisa saja akan mengganggu kesehatan tubuh yang lain secara tidak langsung. Selain ciri-ciri di atas, di halaman 2 masih ada beberapa ciri lainnya dan juga tentang cara pengobatan kencing batu.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *