invisible bg invisible ico

Mengenali Apa Saja Gejala Paru Paru Basah dan Penyakit TBC

Mengenali Apa Saja Gejala Paru Paru Basah dan Penyakit TBCPada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda mengenali lebih jauh tentang apa saja gejala paru paru basah dan juga gejala TBC. Pasalnya dua jenis penyakit yang sama-sama menyerang paru-paru ini adalah penyakit berbahaya yang akan sangat berbahaya apabila tidak segera mendapatkan penanganan medis secara intensif. Paru-paru merupakan salah satu organ vital yang akan sangat berbahaya apabila terganggu kesehatannya. Bahkan penyakit paru-paru basah atau pneumonia dan TBC ini bisa sampai berdampak kematian apabila penderitanya tidak segera diobati. Itu dia salah satu alasan mengapa Anda harus mengetahui apa saja gejala penyakit-penyakit tersebut. Tujuannya adalah supaya bisa lebih waspada apabila suatu saat Anda ataupun seseorang di sekitar Anda mengalami pneumonia ataupun TBC.

Gejala Paru Paru Basah yang Harus Diwaspadai

Untuk menghindari penyakit paru-paru basah kronik atau yang sudah semakin parah, tentu Anda harus mengetahui gejala penyakit yang satu ini sejak dini. Dengan demikian si penderita bisa segera mendapatkan penanganan medis untuk mencegah paru-paru basah atau pneumonia menjadi lebih parah lagi. Secara umum penumonia disebabkan oleh adanya infeksi atau peradangan pada paru-paru yang bisa disebabkan oleh virus, jamur atau bakteri. Gejala paru paru basah yang terjadi di awal terkadang memang sangat tidak terduga dan sering kali dianggap remeh.

Semua orang berisiko terkena penyakit paru-paru basah atau pneumonia ini tanpa pandang usia, jenis kelamin ataupun keturunan. Pasalnya virus, jamur dan bakteri penyebab paru-paru basah bisa ada di mana saja dan bisa masuk ke tubuh kita kapanpun saat kita tidak menjaga kebersihan. Biasanya penyebab paru-paru basah tersebut masuk ke tubuh melalui saluran pernapasan, sebelum akhirnya menetap di paru-paru dan menyebabkan paru-paru basah atau pneumonia ini. Lalu apa saja gejala tau ciri-ciri yang biasanya ditunjukan oleh penderita paru-paru basah?

Gejala paru paru basah yang paling umum terjadi adalah batuk. Di mana justru gejala inilah yang sering dianggap remeh oleh masyarakat. Mungkin memang benar bahwa batuk adalah penyakit yang sering terjadi dan mudah disembuhkan. Namun apabila batuk tersebut adalah gejala penyakit paru-paru basah, tentu akan semakin berbahaya apabila tidak diobati. Biasanya gejala batuk yang dialami oleh penderita paru-paru basah atau pneumonia ini bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Dan umumnya penderita akan mengalami batuk kering terlebih dahulu dan kemudian berubah menjadi batuk berdahak.

Selain itu yang menjadi gejala paru paru basah lain yang mudah dideteksi adalah keringat dingin yang muncul pada telapak tangan ataupun telapak kaki. Jika Anda ataupun ada orang di sekitar Anda yang berkeringat meskipun cuaca sedang tidak panas, maka Anda harus mewaspadainya. Keringat dingin ini muncul akibat paru-paru tidak bisa bekerja secara optimal. Akibatnya, oksigen yang ada di dalam tubuh tidak bisa disalurkan secara sempurna ke seluruh tubuh. Penderita paru-paru basah biasanya juga akan mengalami sakit kepala ringan, namun bisa terjadi berulang-ulang kali.

Mengapa bisa demikian? Gejala paru paru basah berupa sakit kepala ringan juga disebabkan karena kinerja paru-paru untuk memberikan suplai oksigen pada darah tidak lagi maksimal. Dengan demikian suplai oksigen yang menuju ke otak pun berkurang atau tidak lancar. Nah, hal inilah yang harus digaris bawahi, bahwa tidak selamanya sakit kepala disebabkan oleh gangguan di kepala Anda. Justru paru-paru yang tidak terhubung dengan kepala pun bisa menyebabkan Anda merasa sakit kepala.

Paru-paru basah dan TBC termasuk penyakit yang sangat sulit disembuhkan dan juga membutuhkan waktu pengobatan yang lama. Waspadai gejalanya sebelum semakin parah. Artikel ini bersambung ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *