invisible hit counter invisible bg invisible ico

Mengenal Berbagai Makanan yang Mengandung Asam Folat

Previous 1 2
  1. Biji Bunga Matahari

Mungkin yang pertama muncul di benak Anda adalah kuwaci. Namun bukan itu, ternyata biji bunga matahari yang juga sering ditambahkan dalam sereal ini adalah salah satu makanan yg mengandung asam folat dan mineral penting lainnya. Dalam satu ons biji bunga matahari yang sudah dikupas mengandung kurang lebih 82 mcg asam folat yang tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berbagai Manfaat Asam Folat Yang Penting untuk Tubuh

Setelah membahas berbagai makanan yang mengandung asam folat, kita akan membahas manfaat atau fungsi asam folat. Seperti yang di awal telah ditulis, secara garis besar asam folat memperlancar metabolisme dan perkembangan sel. Secara mendetail, manfaat asam folat adalah dapat mengurangi kemungkinan terjadi kanker karena sel tumbuh dengan normal karena tubuh butuh folat untuk mensintesa DNA dan memperbaiki DNA. Kanker umumnya disebabkan DNA sel yang mengalami kerusakan.

Manfaat asam folat lainnya adalah untuk meningkatkan kesuburan atau fertilitas, baik itu untuk pria maupun wanita. Tubuh butuh folat dalam jumlah tertentu untuk menjaga kesuburannya. Manfaat penting lainnya adalah asam folat mengurangi resiko stroke. Mengonsumsi folat atau asam folat secara teratur sekitar 5mg per hari sangat membantu untuk mencegah stroke.

Tidak kalah pentingnya adalah fungsi asam folat untuk ibu hamil. Jenis vitamin ini sangat membantu pertumbuhan sel yang cepat, atau seperti yang terjadi pada pertumbuhan janin. Kekurangan folat saat kehamilan dapat membuat kesehatan ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya rentan terganggu. Pada ibu hamil, asam folat dapat mencegah janin dari risiko preeclampsia dan juga lahir prematur dan juga mampu membantu mengurangi risiko cacat lahir sekitar 50-70 persen. Karena itulah ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai makanan yg mengandung asam folat.

Kecacatan pada bayi karena kekurangan asam folat diantaranya adalah bibir sumbing, kelainan jantung bawaan, bisa juga mengakibatkan autisme. Berbagai kecacatan fisik lainnya juga mungkin terjadi karena kekurangan asam folat ini. Saat sel embrio / janin membelah dengan cepat, dibutuhkan banyak folat atau asam folat untuk mengatur DNA nya.

Fungsi asam folat lainnya (pada orang normal) adalah mencegah alzheimer, depresi juga dipengaruhi salah satunya oleh karena kekurangan asam folat. Masalah kesehatan lain yang dapat timbul diantaranya adalah anemia.

Pada orang normal, biasanya kekurangan asam folat akan terjadi pada seseorang yang memiliki masalah pencernaan, gangguan ginjal dan liver atau bagi mereka para pencandu alkohol. Pada orang yang mengalami hal ini dibutuhkan asupan makanan yg mengandung asam folat yang lebih banyak karena penyerapan oleh tubuh tidak maksimal.

Efek Negatif Mengonsumsi Asam Folat Secara Berlebihan

Meskipun sangat baik untuk kesehatan dan banyak sekali manfaatnya untuk pencegahan dan mengatasi berbagai jenis penyakit, akan tetapi ternyata mengonsumsi asam folat juga bisa menimbulkan efek atau dampak negatif. Mengapa bisa demikian? Mungkin karena beranggapan bahwa asam folat banyak manfaatnya, ada orang yang terlalu berlebihan mengonsumsi asam folat.

Zat asam folat adalah zat yang larut dalam air, dan jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, Anda bisa berisiko mengalami efek seperti mual, perut kembung, gas, dan insomnia. Oleh karena itu konsumsilah jenis makanan sumber asam folat secukupnya saja agar Anda mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan.

Sekian artikel yang membahas tentang makanan yang mengandung asam folat dan hal-hal yang berkaitan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *