invisible hit counter invisible bg invisible ico

Mengenal Bagian-Bagian Ginjal dan Fungsinya

Mengenal Bagian-Bagian Ginjal dan FungsinyaBagian-bagian ginjal dan fungsinya penting untuk diketahui oleh setiap orang agar memiliki kesadaran untuk menjaga organ ginjalnya untuk tetap sehat. Sebagai salah satu organ yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, ginjal harus benar-benar dijaga agar tidak mengalami gangguan. Saat fungsi ginjal terganggu, kesehatan tubuh secara keseluruhan akan ikut terganggu, karena darah yang bersirkulasi ke seluruh jaringan tubuh adalah darah kotor, yang bercampur dengan racun-racun yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh.

Kerusakan yang terjadi pada ginjal banyak yang tidak dapat disembuhkan seperti sedia kala, atau sulit untuk dapat sembuh total. Apalagi jika kerusakan ini sudah parah atau bahkan terjadi gagal ginjal yang mana ginjal tidak dapat bekerja sama sekali. Oleh karena itu penting untuk mewaspadai gejala ginjal bermasalah supaya dapat segera diambil tindakan perawatan bila terjadi gangguan, karena biasanya gejala awal kerusakan ginjal ini tidak terlalu dapat dirasakan.

Ginjal termasuk organ yang memiliki fungsi sebagai sistem ekskresi tubuh atau pembuangan. Organ lain yang juga memiliki fungsi sebagai sistem ekskresi adalah hati (liver), paru-paru, dan kulit. Letak ginjal berada pada dinding posterior abdomen, pada bagian kanan dan kiri tulang belakang. Pada bagian atas ginjal terdapat kelenjar adrenalin (menempel). Ginjal dan kelenjar ini terbungkus oleh lapisan lemak yang cukup tebal yang berfungsi untuk memberi perlindungan.

Pada umumnya ginjal memiliki ukuran kurang lebih 11 cm x 6 cm x 3 cm dan memiliki berat antara 120-170 gram. Posisi ginjal kanan pada umumnya agak sedikit lebih rendah dibandingkan dengan ginjal kiri karena pada bagian sebelah kanan, hati memakan tempat cukup banyak. Jumlah ginjal pada manusia adalah sepasang atau dua, meskipun pada dasarnya manusia hanya perlu satu ginjal untuk kebutuhan sehari-hari.

Bagian Utama Ginjal dan Fungsinya

Untuk mengenali anatomi ginjal, kita sebaiknya memulainya dengan mengetahui apa saja bagian-bagian ginjal dan fungsinya yang utama terlebih dulu yang dibedakan menjadi 3, yaitu korteks, medula, dan pelvis renalis, Anda bisa melihatnya pada gambar ginjal di atas. Bagian utama ginjal ini nantinya masih memiliki bagian-bagian yang lebih spesifik lagi yang juga penting untuk diketahui (dibahas di halaman 2). Berikut ini adalah bagian utama ginjal.

  1. Korteks

Yang pertama adalah korteks, bagian terluar pada ginjal yang terletak antara kapsul ginjal dan juga medula ginjal. Fungsi korteks adalah sebagai tempat terjadinya filtrasi dan ultrafiltrasi. Di dalam korteks terdapat jutaan nefron yang terdiri dari badan malphigi. Setiap badan malphigi itu sendiri tersusun dari glomerulus yang diselimuti oleh kapsula Bowman dan juga beberapa saluran yang terdiri dari tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. Jutaan nefron yang berada pada korteks ini membuat permukaan kapiler ginjal menjadi lebih luas, dan meningkatkan kemampuan filterisasi zat buang.

  1. Medula

Bagian utama ginjal selanjutnya adalah medula atau sumsum ginjal yang bentuknya seperti piramid. Bagian utama medula sendiri adalah terdiri dari 8-12 piramida renalis, yang yang berfungsi untuk menyalurkan sisa hasil filtrasi dari tubulus kolektivus ke kaliks. Di dalam medula terdapat nefron yang memanjang dari bagian korteks. Bagian nefron yang ada di medula adalah lengkung henle dan tubulus kolektivus.

  1. Pelvis Renalis

Yang terakhir pelvis renalis atau rongga ginjal, yaitu bagian atas ureter yang melebar. Pelvis sendiri adalah tempat penampungan urine dan selanjutnya akan mengalirkan urin menuju ke kandung kemih atau vesika urinaria melalui saluran ureter. Dan di dalam kandung kemih, urin disimpan untuk sementara waktu sebelum akhirnya urin dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.

Artikel ini bersambung ke halaman 2 dengan membahas mengenai bagian-bagian dalam ginjal dan fungsinya serta bagaimana proses-proses terbentuknya urin.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *