invisible bg invisible ico

Mengatasi Keringat Buntet dengan Benar dan Tuntas

Mengatasi Keringat Buntet dengan Benar dan TuntasApabila Anda penasaran dengan bagaimana obat atau penanganan keringat buntet dengan benar dan tuntas. Maka Anda berada pada artikel yang benar. Karena pada artikel ini akan dibahas mengenai berbagai cara menangani keringat buntet dengan tuntas menggunakan obat dan pelaksanaan yang benar.

Keringat buntet adalah istilah awam yang digunakan untuk biang keringat. Dalam istilah medis keringat buntet juga dikenal dengan nama Miliaria. Keringat buntet adalah sebuah kondisi terjadinya ruam kecil yang kemerahan, menonjol dan terasa gatal. Juga dapat menyebabkan sensasi menyengat atau perih pada pada kulit.

Keringat buntet terjadi akibat keringat yang terjebak di dalam kulit, dan tidak bisa menguap akibat kelenjar keringat yang tersumbat. Lebih sering terjadi pada bayi daripada orang dewasa. Pada bayi keringat buntet terjadi akibat sistem kelenjar keringat yang belum sempurna. Sedangkan keringat buntet pada dewasa sering terjadi pada kondisi iklim yang panas dan lembab serta adanya alergi.

Lokasi tersering terjadinya keringat buntet adalah area leher, dada atas, punggung, lipatan lengan, paha dan lipatan kaki bagian dalam. Pada orang dengan kulit sensitive, biang keringat dapat terjadi pada wajah. Gejala awal yang terjadi antara lain gatal kemudian diikuti oleh bercak kemerahan menonjol dan rasa perih ketika digaruk.

Bagaimana Mengatasi Keringat Buntet dengan Benar dan Tuntas?

Mengatasi keringat buntet dengan benar dan tuntas terbilang tidak mudah. Terlebih apabila kondisi iklim dan jenis kulit sensitif yang menjadi penyebab terjadinya keringat buntet. Berikut akan disajikan rangkuman mengenai beberapa tips mengatasi keringat buntet hingga tuntas:

  • Menghindari Suhu Panas dan Lembab

Telah disebutkan sebelumnya bahwa suhu yang panas dan lembab akan menjadi pemicu tersumbatnya kelenjar keringat. Sehingga dapat mencetuskan terjadinya keringat buntet yang tentu sangat menganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas.

Cara paling mudah adalah dengan menghindari suhu yang terlalu panas dan lembab. Namun jika Anda harus bekerja dan beraktivitas di bawah sinar matahari setiap harinya, sediakan dan siapkanlah lotion pelembab atau sunblock. Hindari menggunakan make up yang terlalu tebal. Hal ini justru akan memperparah kondisi biang keringat Anda.

Bila perlu sediakan pula topi atau tissue untuk selalu mengeringkan keringat berlebih pada wajah, dan area tubuh lain yang terlalu lembab seperti ketiak. Gunakan celana yang longgar lebih baik daripada celana berbahan nilon dan ketat. Karena akan mempermudah terjadinya sumbatan pada kelenjar keringat di sekitar area sensitive Anda.

  • Menjaga Kulit tetap Dingin

Menjaga kulit tetap dingin dengan mandi dapat menghindarkan kulit Anda dari terjadinya biang keringat. Suhu tubuh yang dingin akan menurunkan produksi keringat yang berlebih. Sehingga tidak akan memicu munculnya sumbatan pada kelenjar keringat.

Pastikan untuk membersihkan seluruh tubuh dengan merata ketika mandi. Sehingga kulit mati dan sisa keringat akan terangkat dengan bersih. Bila perlu gunakan sabun yang mengandung bahan antibakteri atau antiseptik. Karena ternyata keringat buntet juga terjadi akibat serangan bakteri Staphylococcus epidermidis pada area kulit yang kotor dan tidak dibersihkan dengan benar.

  • Gunakan Bahan Pakaian yang Menyerap Keringat

Hindari menggunakan pakaian yang tebal dan ketat ketika cuaca sangat panas dan lembab. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Pilihlah bahan katun yang adem sehingga keringat akan mudah keluar dan terserap dengan baik.

Menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan ketat dapat menghambat kelenjar keringat untuk berproses mengeluarkan keringat. Sehingga terbentuklah biang keringat yang dapat mengganggu aktivitas dan menurunkan kepercayaan diri Anda.

Selain katun, bahan kain yang menyerap keringat lainnya adalah linen dan rayon. Untuk bayi pilihlah bahan yang lembut dan tidak membuat bayi gerah. Pakaian yang longgar lebih disarankan untuk dipakaikan ketika cuaca panas dan lembab.

  • Penggunaan Obat dan Salep

Beberapa obat yang mengandung antihistamin dipercaya dapat mengatasi gatal dan perih yang terjadi akibat biang keringat. Beberapa obat losion atau salep yang mengandung hidrokortison juga mampu mengatasi gejala gatal dan bengkak yang terjadi ketika biang keringat melanda.

Perlu diwaspadai beberapa obat antihistamin memiliki efek samping mengantuk. Sehingga jangan konsumsi antihistamin apabila Anda hendak bepergian dan mengemudi sendiri. Selalu konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan obat dan salep biang keringat yang cocok untuk kulit Anda.

Selain obat minum dan salep, konsumsi beberapa bahan makanan yang mengandung antihistamin alami amat disarankan. Seperti minyak ikan salmon yang mengandung omega 3, buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C serta beberapa bahan herbal seperti jahe dan cengkih banyak mengandung antihistamin alami.

  • Penggunaan Bedak Tabur

Bedak tabur yang mengandung calamine dapat Anda gunakan sebagai alternatif jika Anda tidak menginginkan penggunaan obat kimia yang mengandung berbagai efek samping pada penggunaan jangka panjang.

Calamine hanya digunakan sebagai obat luar dan tidak untuk ditelan dan tidak digunakan untuk bagian mata atau kulit yang terbuka. Efek yang dirasakan setelah penggunaan calamine adalah dingin dan gatal yang berkurang.

  • Penggunaan Tepung Kanji

Tepung kanji dapat menjadi salah satu pilihan bahan alami yang ampuh untuk mengatasi biang keringat. Terlebih setelah aktivitas seharian, setelah mandi dan kulit bersih taburkan secara merata tepung kanji pada bagian tubuh yang mengalami biang keringat.

Usapkan dengan tipis dan merata untuk mengurangi peradangan dan rasa gatal dari biang keringat. Sifat kanji dapat menyerap keringat dan mendinginkan permukaan kulit, sehingga luka akibat biang keringat dapat cepat mengering dan gatal akan berkurang.

Hindari menaburkan tepung kanji pada area sensitif seperti daerah kewanitaan atau selangkangan. Karena tepung kanji justru dapat masuk ke dalam organ reproduksi wanita, dan menyebabkan berbagi penyakit yang tidak diinginkan. Terdapat beberapa alternatif pemilihan obat gatal yang khusus pada area selangkangan.

Pada umumnya biang keringat bukanlah sebuah kondisi yang membutuhkan penanganan secara khusus. Biang keringat dapat pulih dengan sendiri melalui berbagai cara mendinginkan kulit serta menghindari cuaca panas seperti yang telah tersebut di atas.

Meski demikian, beberapa kondisi mewajibkan Anda untuk segera menemui dokter terlebih apabila ruam dan kemerahan makin parah. Dan gejala yang muncul tidak kunjung menghilang.

Waspadai pula terjadinya infeksi pada area kulit antara lain demam dan menggigil, rasa perih dan sakit yang semakin bertambah, keluarnya nanah dari benjolan biang keringat, dan apabila terjadi pembengkakan kelenjar getah bening pada area selangkangan atau lipatan ketiak.

Resiko terjadinya biang keringat juga meningkat pada pasien pasien di rumah sakit yang mengalami koma dan penurunan kesadaran sehingga harus terus tertidur dalam waktu yang lama. Selalu periksa dengan seksama kondisi kulit keluarga Anda yang sedang sakit. Karena cuaca panas dan lembab dapat menjadi penyebab munculnya biang keringat yang sangat mengganggu.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi keringat buntet baik dengan obat dan maupun berbagai langkah non farmakologis yang dapat Anda coba laksanakan. Hindari pajanan sinar matahari langsung untuk mencegah biang keringat datang kembali. Semoga artikel ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *