invisible hit counter invisible bg invisible ico

Tips Memilih Obat Batuk Anak 2 Tahun yang Aman

Tips Memilih Obat Batuk Anak 2 tahun yang AmanObat batuk anak 2 tahun lebih disarankan untuk menggunakan obat yang herbal atau obat tradisional. Hal ini dikarenakan anak dua tahun atau balita daya tahan tubuhnya masih lemah. Penggunaan obat tradisional secara otomatis akan mengurangi risiko anak mengalami gangguan lain setelah mengonsumsi obat-obatan kimia, oleh karena itu obat batuk tradisional relatif lebih aman untuk anak 2 tahun. Batuk pada anak biasanya juga disertai dengan pilek atau gejala lainnya seperti demam. Meskipun tersedia banyak sekali jenis obat di pasaran untuk menyembuhkan batuk anak, sebagai orang tua Anda harus pandai memilih obat yang tepat untuk anak Anda. Cara yang paling mudah untuk memilih obat yang tepat untuk anak Anda adalah dengan mengetahui jenis batuk atau pilek yang dialami anak. Lalu pergilah ke apotek atau ke dokter dan tanyakan jeni obat yang paling cocok dengan penyakit yang dialami oleh anak Anda.

Pemilihan Obat Batuk Anak 2 Tahun Harus Tepat

Pemilihan obat batuk memang harus Anda lakukan secara tepat. Pada umumnya obat batuk anak yang dijual bebas baik di apotek ataupun di pasaran terbagi menjadi dua golongan. Golongan pertama adalah obat batuk yang berfungsi menekan batuk atau antituive dan golongan kedua adalah obat batuk yang berifat ekpektoran. Dua jenis obat batuk ini bukan hanya diperuntukkan bagi anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa. Maka dari itu lihat gejala yang dialami oleh anak agar Anda tidak salah membeli dan memberikan obat kepada anak Anda.

Perlu menjadi perhatian bahwa sebenarnya jenis obat batuk yang ada di pasaran tidak terlalu disarankan untuk dikonsumsi anak balita yang aru berusia di bawah empat tahun. Obat batuk anak 2 tahun tradisional lebih disarankan, ketimbang obat-obatan kimia yang beredar di pasaran karena obat yang beredar di pasaran biasanya diperuntukkan bagi anak usia di ata 4 tahun. Akan tetapi tidak ada salahnya juga jika Ada membeli dan memberikan obat di pasaran untuk anak Anda yang usianya masih di bawah 4 tahun. Agar Anda bisa lebih berhati-hati, coba perhatikan beberapa tips memilih obat untuk anak usia di bawah 4 tahun berikut ini.

  • Bacalah label petunjuk penggunaan obat. Ketahuilah bahwa sebagian besar obat untuk mengatasi batuk dan pilek juga mengandung pereda raa nyeri. Oleh karena itu sebaiknya Anda tidak meminta anak Anda untuk mengonsumi obat pereda nyeri lainnya apabila di label petunjuk penggunaan obat sudah tercantum ada zat yang meredakan nyeri.
  • Usahakan jangan memberikan obat batuk anak dua tahun dengan obat yang diperuntukkan bagi anak usia lebih dari 4 tahun, kecuali atas petunjuk atau saran dari dokter.
  • Jika sudah diberikan saran atau rekomendasi jumlah dosis yang seharusnya diberikan kepada anak dari dokter, jangan sampai Anda memerikan dois yang berlebihan atau meminumkan obatnya kepada anak terlalu sering dari yang disarankan oleh dokter.
  • Jangan pernah membeli dan memberikan obat batuk orang dewasa kepada anak untuk menyembuhkan batuk anak. Dosisnya jelas berbeda, dan untuk anak 2 tahun mungkin akan membahayakan anak jika mengonsumsi obat orang dewasa.
  • Jika Anda memiliki dokter anak pribadi, katakan kepada dokter obat bebas apa yang sudah Anda berikan kepada anak Anda saat menderita sakit batuk atau pilek agar Anda mendapatkan saran atau peringatan dari dokter.
  • Saat Anda memberikan obat batuk anak 2 tahun, gunakanlah alat pengukur yang tepat sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang diberikan kepada Anda. Misalnya Anda harus menggunakan sendok makan, sendok teh, cup obat, dropper, dan sebagainya.

Setelah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam mengobati batuk anak, di halaman 2 kami akan membahas madu sebagai obat batuk anak yang cukup ampuh.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *