invisible hit counter invisible bg invisible ico

Manfaat Terapi Pijat Refleksi untuk Kesehatan

Manfaat Terapi Pijat Refleksi Untuk KesehatanTerapi pijat refleksi merupakan cara menyembuhkan penyakit atau berbagai masalah kesehatan melalui pemijatan urat saraf yang langsung menuju ke sumbernya. Terapi ini termasuk salah satu metode pengobatan alternatif yang sudah ada sejak jaman dulu kala yang berasal dari negeri Tiongkok atau China. Pada prinsipnya setiap organ di dalam tubuh manusia mempunyai titik-titik urat saraf atau disebut sebagai titik refleksi yang memberikan efek stimulus ke bagian organ tubuh yang bersangkutan untuk bekerja lebih baik jika dilakukan terapi pemijatan. Titik refleksi yang sering dilakukan terapi pemijatan yaitu di bagian telapak kaki, telapak tangan, wajah, dan sekitar telinga.

Terapi pijat refleksi dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit atau dapat juga untuk perawatan kesehatan artinya untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas kesehatan supaya prima. Terapi ini juga sering dipakai dalam bidang estetika untuk perawatan kecantikan. Pemijatan dilakukan dengan tujuan untuk melancarkan sirkulasi darah ke organ target dan juga untuk menghilangkan sumbatan atau zat-zat yang tidak diinginkan dalam tubuh. Pemijatan dapat dilakukan dengan tangan atau dapat juga menggunakan tongkat kecil berkepala bulat.

Berbagai Manfaat Terapi Pijat Refleksi yang Luar Biasa

Pijat refleksi dilakukan dengan cara memijit secara berulang-ulang titik refleksi yang berhubungan dengan organ tubuh yang akan disembuhkan/diterapi. Pada umumnya pemijatan menggunakan minyak oles supaya memberikan efek segar sekaligus menghindari lecet/luka pada area yang dipijit. Berbagai manfaat terapi pijat refleksi untuk kesehatan antara lain sebagai berikut:

1. Melancarkan peredaran darah

Pemijatan yang dilakukan di titik-titik refelksi dapat melancarkan peredaran darah ke organ target. Sebagaimana kita ketahui bahwa darah membawa oksigen dan nutrisi penting bagi tubuh sehingga jika alirannya lancar maka metabolisme tubuh akan berjalan dengan baik dan organ tubuh akan dapat bekerja lebih optimal. Dengan lancarnya peredaran darah maka akan dapat mencegah sekaligus membantu mengatasi penyakit yang berhubungan dengan sirkulasi darah seperti hipertensi, penyakit jantung, maupun stroke.

2. Membuang racun

Pijat refleksi juga dapat sebagai terapi detoksifikasi yaitu membuang racun atau zat-zat yang merugikan bagi tubuh. Di dalam tubuh kita setiap hari sangat rentan menerima berbagai zat racun yang dapat menumpuk dan berpotensi merusak organ tubuh kita. Zat racun tersebut dapat berasal dari berbagai sumber seperti makanan, polusi udara, air yang tercemar, efek samping obat, pestisida, radiasi, dan sebagainya. Dengan pimijatan yang dilakukan secara rutin dan simultan maka dapat membuang racun atau toksin-toksin tersebut yang biasanya dikeluarkan dalam bentuk urine, feses, atau keringat.

3. Menghilangkan capek dan pegal-pegal

Manfaat yang langsung dapat dirasakan dari pijat refleksi pada umumnya yaitu dapat menghilangkan capek dan pegal-pegal. Hal ini dikarenakan sirkulasi darah yang lancar ke suluruh tubuh sampai ke sel-sel otot terkecil memberikan efek badan menjadi lebih segar dan pegal-pegal pun hilang. Nyeri tulang maupun persendian juga dapat diatasi dengan terapi ini.

4. Membuat tubuh lebih rileks (terapi relaksasi)

Selain menghilangkan capek dan pegal-pegal, manfaat pijat refleksi yang juga sering dirasakan efeknya secara langsung yaitu membuat tubuh lebih rileks. Kesibukan kerja sehari-hari menuntut tubuh kita untuk bekerja dan berfikir keras sehingga sering menimbulkan ketegangan dalam tubuh kita baik ketegangan otot maupun pikiran. Oleh karena itu dengan terapi ini dapat merelaksasikan otot-otot tubuh dan membuat pikiran menjadi lebih nyaman dan fresh. Tidur Anda pun akan terasa lebih nyenyak dan dapat menjauhkan diri Anda dari stres maupun depresi.

5. Menjaga dan meningkatkan kesehatan saraf

Di dalam tubuh kita terdapat banyak sekali sel-sel saraf yang pusatnya berada di otak. Suatu saat sel-sel saraf dalam tubuh kita dapat mengalami berbagai gangguan yang diakibatkan karena berbagai faktor seperti karena faktor umur yang semakin tua, banyaknya zat-zat racun, tumpukan kolesterol, dan sebagainya. Oleh karena itu dengan pemijatan pada titik refleksi maka sel-sel saraf akan bekerja lebih optimal. Selain itu otak pun akan bekerja lebih efektif sehingga akan lebih mudah berkonsentrasi, meningkatkan fungsi kognitif, memori lebih kuat, dan urat saraf menjadi lebih reaktif/responsif.

6. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Manfaat terapi pemijatan refleksi juga dapat meningkatkan energi dan stamina serta daya tahan tubuh. Terapi ini tentunya lebih aman daripada Anda menggunakan suplemen-suplemen yang seringkali dapat membahayakan kesehatan. Sel-sel yang bertanggung jawab dalam imunitas tubuh pun akan bekerja lebih optimal sehingga kekebalan/daya tahan tubuh akan meningkat yang akan membuat Anda tidak mudah sakit.

7. Mempercepat penyembuhan/sebagai terapi pemulihan

Pijat refleksi juga dapat mempercepat penyembuahn luka maupun pemulihan pasca sakit. Hal ini dikarenakan terapi ini akan mengoptimalkan pengiriman sari-sari makanan ke daerah yang mengalami luka atau sakit sehingga sel atau jaringan yang rusak akan cepat tergantikan oleh yang baru.

8. Menghilangkan sakit kepala

Peredaran darah ke otak yang tidak lancar maupun ketegangan otot di sekitar leher dan kepala dapat mengakibatkan seseorang menderita sakit kepala. Bahkan ada orang yang mengalami sakit kepala yang berkepanjangan dalam hari-harinya. Oleh karena itu dengan efek relaksasi dan lancarnya sistem sirkulasi ke seluruh organ tubuh karena pemijatan maka Anda dapat terhindar dari keluhan sakit kepala.

9. Membantu penyembuhan kanker

Dalam terapi kanker, terapi pemijatan refleksi biasanya digunakan sebagai pendamping terapi medis. Terapi ini akan membantu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, mengaktifkan antikoksidan, dan meningkatkan kemampuan sel-sel yang sehat untuk melawan sel-sel kanker. Selain itu juga memberikan efek mengurangi mual dan muntah pada penderita kanker serta mengurangi kecemasan.

10. Terapi untuk ibu hamil

Ibu hamil biasanya mengalami berbagai keluhan pada tubuhnya, misalnya badan mudah lelah, sering merasa pegal-pegal, kaki mudah bengkak, mudah sakit kepala, mudah cemas, dan sebagainya. Oleh karena itu pijat refleksi akan memberikan rasa nyaman pada badan maupun pikiran ibu hamil baik selama kehamilan sampai pasca melahirkan.

11. Mengencangkan kulit

Pemijatan pada titik-titik refleksi juga dapat diaplikasikan untuk mengencangkan kulit wajah. Pemijatan biasanya dilakukan di area wajah yang membuat wajah menjadi lebih segar dan berseri. Peredaran darah yang lancar ke seluruh tubuh juga membuat sel-sel kulit akan selalu tampak awet muda.

12. Meningkatkan gairah seksual

Gairah seksual yang menurun juga dapat diatasi dengan terapi pemijatan. Turunnya gairah atau kemampuan seksual biasanya diakibatkan karena kurang lancarnya peredaran darah ke organ reproduksi atau menurunnya hormon seksual. Oleh karena itu pemijatan dilakukan untuk melancarkan sirkulasi dan persarafan yang menuju organ reproduksi serta mengaktifasi hormon seksual agar bekerja lebih optimal.

Hal yang perlu diperhatikan dalam terapi pijat refleksi antara lain yaitu jangan melakukan pemijatan sesaat setelah makan, paling tidak berikan jeda waktu sekitar 1 jam. Selain itu dianjurkan untuk banyak minum air putih untuk mempercepat proses detoksifikasi. Terapi ini selain untuk mengatasi berbagai macam penyakit atau keluhan kesehatan juga dpat digunakan untuk mengidentifikasi atau mendiagnosa suatu penyakit. Tentunya hal ini harus dilakukan oleh terapis profesional dengan melihat berbagai tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh. Pijat refleksi biasanya digunakan sebagai terapi komplementer atau pendamping dari terapi medis. Jadi jika Anda menderita suatu penyakit terutama penyakit yang berat maka sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter supaya terapi dapat berjalan secara beriringan untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *