invisible hit counter invisible bg invisible ico

Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil Ternyata Luar Biasa!

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil tentu saja sangat beragam. Sayang, masih banyak yang belum mengetahuinya. Makanan khas dari timur tengah ini sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil maupun bersalin. Sari kurma bisa menjadi alternatif yang cukup menarik bagi ibu yang tidak menyukai konsumsi obat saat hamil. Telah banyak penelitian yang merekomendasikan untuk mengonsumsi sari kurma ini. Penting diingat bahwa jenis makanan yang dikonsumsi ibu selama hamil akan banyak berdampak pada kesehatan janin.

Secara umum, wanita hamil membutuhkan konsumsi kalori yang lebih dari biasanya. Kurang lebih ada kebutuhan tambahan sekitar 300-400 kalori. Selain kalori, ibu juga membutuhkan asupan nutrisi lain seperti zat besi, folat, kalsium, dan lainnya. Kurma memiliki kandungan yang cukup beragam dan banyak dibutuhkan bagi ibu hamil juga bersalin. Dari 100 gram kurma katakanlah, mampu menghasilkan energi sebesar 280 kkal, 2,45 gram protein, dan 8 gram serat.

Dalam sebuah studi disebutkan bahwa kurma mengandung banyak mineral penting seperti potasium (kalium), magnesium, kalsium, boron, sodium, fosfor, kobalt, tembaga, mangan, selenium, seng, dan zat besi. Kurma juga mengandung 23 tipe asam amino yang sebagian di antaranya tidak terdapat dalam buah-buahan lain. Vitamin yang terkandung dalam kurma pun beragam mulai dari vitamin C hingga B kompleks. Selain itu, kurma juga mengandung senyawa antioksidan seperti tannin, beta karoten, lutein, dan zea-xanthin.

Kurma memiliki nama latin Phoenix dactylifera, sedangkan dalam bahasa Arab kurma disebut Tamr. Kurma adalah jenis tumbuhan palm (Arecacege) serta ber-genus Phoenix. Buah yang diperkirakan berasal dari Iran ini telah dibudidaya sejak 4.000-6.000 SM. Bentuk pohon kurma menyerupai pohon sawit namun buahnya memiliki tangkai seperti buah pinang. Masyarakat Arab sering menjadikan kurma sebagai salah satu makanan pokok. Di Indonesia kurma sudah diolah dalam berbagai varian salah satunya dibuat dalam bentuk sari kurma.

Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa!

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sari kurma secara teratur berimplikasi positif pada kehamilan dan persalinan. Penjabarannya secara lebih detail bisa disimak dalam uraian berikut:

1. Mengatasi Mual Muntah di Pagi Hari

Ibu hamil sering dilanda mual muntah di pagi hari atau biasa disebut sebagai morning sickness. Kondisi ini tentu saja tidak nyaman bagi ibu. Banyak upaya dilakukan mulai dari mengonsumsi obat hingga terapi nutrisi. Namun ternyata kurma juga bisa menjadi salah satu alternatif solusinya. Kurma memiliki kandungan gula yang sangat mudah dicerna. Hal ini sangat membantu ibu untuk mengurangi morning sickness.

2. Mengatasi Anemia

Ibu hamil sering mengalami anemia, yakni kekurangan kadar darah merah (Hb) dalam tubuh. Kondisi ini mengakibatkan tubuh terasa lemas, mudah lelah, mudah mengantuk, dan tidak bersemangat dalam beraktivitas. Dalam kondisi yang lebih parah, anemia cukup berbahaya karena bisa berpotensi terjadi perdarahan saat persalinan.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kadar Hb dalam tubuh salah satunya dengan mengonsumsi sari kurma. Kandungan zat besi dalam kurma dilengkapi dengan 27 mikronutrien dan makronutrien yang diperlukan tubuh untuk mengatasi anemia.

3. Mengatasi Sembelit

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil berikutnya adalah mengatasi sembelit, salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Meski sembelit termasuk hal yang fisiologis, namun jika sembelit dibiarkan tentu saja tidak sehat dan akan memberikan kesan tidak nyaman bagi ibu. Oleh karenanya, ibu hamil perlu banyak mengonsumsi makanan yang kaya mengandung serat, salah satunya kurma. Kurma banyak mengandung serat yang bermanfaat untuk melancarkan buang air besar.

4. Memperkuat Ketuban

Kondisi ketuban selama hamil sangat mempengaruhi kesejahteraan janin. Ketuban adalah selaput pelindung janin selama dalam kandungan. Jika ketuban pecah sebelum waktunya akan mengundang berbagai masalah seperti munculnya infeksi. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa ibu yang mengonsumsi sari kurma secara rutin ditemui lebih jarang mendapati pecahnya ketuban sebelum waktunya. Angka kejadian ketuban pecah dini (KPD) pun dapat ditekan.

5. Proses Pembukaan Serviks Lebih Cepat

Ibu yang tengah dalam waktu persalinan akan memasuki fase pembukaan serviks hingga 10 cm. Mekanisme pembukaan tiap ibu berbeda-beda, ada yang berjalan cepat, ada yang lambat. Dalam penelitian disebutkan bahwa ibu yang mengonsumsi sari kurma secara teratur ditemui dapat mempercepat proses pembukaan serviks ini.

6. Memperkecil Kebutuhan Oksitosin

Dalam persalinan, oksitosin biasa digunakan untuk mempercepat proses persalinan. Oksitosin biasa diberikan jika ditemui kendala dalam proses bersalin, misalnya pembukaan lama. Mengonsumsi sari kurma secara teratur dapat mengurangi angka kejadian penggunaan oksitosin saat menjelang persalinan.

7. Memperlancar Proses Persalinan

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil pun dapat dirasakan saat proses bersalin. Dalam sebuah penelitian didapatkan hasil bahwa ibu yang mengonsumsi sari kurma secara teratur didapatkan lebih banyak yang menjalani proses persalinan secara normal.

8. Sumber Kalsium

Ibu hamil membutuhkan suplai tambahan kalsium yang berfungsi untuk menunjang pembentukan tulang dan gigi janin. Selain itu kalsium juga diperlukan untuk memperkuat kondisi tulang ibu serta mencegah osteoporosis. Kurma memiliki cukup kandungan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

9. Sumber Potasium

Ibu hamil yang kekurangan potasium dalam tubuh biasanya akan terjadi oedema atau bengkak pada beberapa bagian tubuh. Hal ini disebabkan ketidakseimbangan cairan di dalam tubuh. Selain itu, kekurangan potasium juga bisa menimbulkan rasa lelah dan sering mengalami kram otot. Kurma mengandung potasium yang banyak bermanfaat bagi kesehatan ibu selama hamil.

10. Mencegah Infeksi

Perlu diketahui bahwa kurma mengandung zat tanin. Zat ini berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi dalam tubuh. Ibu hamil membutuhkan zat ini untuk menjaga kesehatan kehamilannya.

11. Sumber Vitamin A

Siapa sangka kurma juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak? Kandungan vitamin A dalam kurma sebanyak 9 IU. Manfaat vitamin A tentu saja beragam, salah satunya meningkatkan kesehatan mata.

12. Membantu Pengecilan Rahim Pasca Bersalin

Bukan menjadi rahasia umum bahwa kondisi tubuh ibu pasca salin banyak yang lantas membengkak dan susah untuk kembali normal. Konsumsi kurma ternyata dapat membantu mengatasi hal ini. Kurma mampu merangsang hormon potuchsin, hormon yang dapat meningkatkan elastisitas rahim sehingga dapat kembali ke ukuran semula.

13. Melancarkan ASI

Tak sedikit ibu pasca bersalin menemui masalah dalam ASI. ASI belum keluar misalnya. Hal tersebut tentu akan merepotkan mengingat ASI adalah satu-satunya makanan terbaik bagi bayi yang tak tergantikan. Mengonsumsi sari kurma dan daun katuk menjelang persalinan sangat membantu memperlancar produksi ASI.

14. Menangkal Racun

Kurma memiliki kandungan berbagai macam zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya vitokimia dan juga zat antioksidan. Zat tersebut banyak memberikan manfaat pada ibu hamil yakni dapat membantu menangkal racun dalam tubuh.

Melihat manfaat sari kurma untuk ibu hamil yang ternyata luar biasa ini, tak perlu diragukan lagi bagi Anda untuk mencoba mengonsumsinya secara teratur mulai sekarang. Banyak penelitian dan studi yang sudah membuktikan khasiat buah dari timur tengah ini. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *