invisible hit counter invisible bg invisible ico

Manfaat Renang bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Banyaknya individu yang mulai menyadari manfaat renang bagi tubuh membuat olahraga satu ini populer di Indonesia. Hampir setiap hari kolam renang dipenuhi pengunjung dari berbagai usia, bahkan penyedia kolam renang pun mulai jeli melihat peluang bisnis dengan menyediakan kolam renang khusus wanita. Olahraga renang memang adalah sebuah aktivitas menyehatkan yang dapat dipraktikkan oleh seluruh rentang usia. Renang dapat memperkuat jantung, paru-paru, otot, dan tulang sekaligus. Hal ini karena ketika berenang Anda harus terus bergerak, jika tidak maka Anda akan tenggelam. Selain itu, kepadatan air yang 800 kali lebih besar daripada udara membuat otot Anda secara berkesinambungan memberikan perlawanan yang konstan yang membuatnya menjadi kuat.

Mulailah Berenang Sekarang Juga untuk Mendapatkan Manfaat Renang bagi Tubuh Berikut Ini!

Ada banyak sekali manfaat olahraga bagi kesehatan, tidak terkecuali berenang. Ada beragam gaya dalam berenang, di antaranya yang umum dipraktikkan adalah gaya bebas, gaya punggung, dan gaya dada. Bahkan sekalipun Anda tidak menguasai berbagai gaya, berenang dapat membuat Anda merasa rileks dan bermanfaat dalam menurunkan stres. Di bawah ini adalah manfaat renang bagi tubuh yang lainnya:

  • Renang termasuk olahraga low-impact

Sebagian orang yang menyukai olahraga renang memang biasanya akan membuatnya menjadi jenis olahraga yang kompetitif dimana mereka berlomba-lomba mencatatkan waktu tercepat. Dalam hal ini, otot-otot yang digunakan selama berenang memang akan bekerja lebih keras dibandingkan jika seseorang berenang dengan intensitas yang biasa. Namun sebenarnya renang itu sendiri termasuk dalam olahraga low-impact.

Artinya, seseorang bisa saja hari ini berenang seharian, dan keesokan harinya dapat kembali masuk ke kolam renang tanpa rasa letih yang berarti. Itulah mengapa olahraga renang aman bagi lansia, karena olahraga ini tidak membebani sendi-sendi secara berlebihan. Hal ini juga yang melatarbelakangi mengapa atlit olahraga yang sedang cedera masih bisa melakukan renang untuk memelihara kebugaran tubuh mereka.

  • Renang baik bagi sistem pernafasan

Salah satu manfaat renang bagi tubuh yang paling cepat dirasakan adalah memperkuat paru-paru. Ketika Anda berada di dalam air, tubuh akan beradaptasi untuk menggunakan oksigen seefisen mungkin. Tubuh Anda juga akan berupaya untuk menghisap sebanyak mungkin udara segar ketika Anda mengambil nafas dan sebanyak mungkin membuang karbon dioksida ketika Anda membuang nafas.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Physiology and Pharmacology bahkan menemukan bahwa individu yang rutin melakukan olahraga renang mempunyai volume tidal (jumlah udara yang keluar masuk paru-paru saat bernafas normal) yang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang memilih melakukan olahraga lari. Dampak positifnya adalah frekuensi denyut jantung saat beristirahat akan mengalami penurunan dan tekanan darah yang tadinya tinggi berangsur-angsur normal.

  • Renang membuat Anda merasa lebih bugar untuk melakukan aktivitas

Inilah manfaat renang bagi tubuh lainnya yang menjadi incaran banyak orang. Ketika Anda rutin berenang, Anda akan merasakan bahwa aktivitas tertentu yang tadinya terasa berat kini menjadi biasa. Hal ini karena dalam berenang teknik bernafas membuat tubuh telah beradaptasi untuk menggunakan oksigen yang masuk dengan efisien.

Selain itu, otot tangan dan kaki Anda mengalami penguatan yang signifikan, yang kesemuanya itu membantu membentuk daya tahan tubuh yang lebih baik. Tidak heran apabila individu yang rutin berenang biasanya tidak mudah lelah dan juga tahan melakukan olahraga yang menuntut stamina prima, berlari misalnya.

  • Siapa saja dapat melakukannya

Tidak peduli apakah Anda sedang dalam proses pemulihan setelah cedera, hamil, atau baru melahirkan, Anda dapat melakukan olahraga ini. Seseorang memiliki kontrol sepenuhnya terhadap intensitas dan kecepatan saat berenang, yang membuat olahraga renang dapat dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, dengan panduan instruktur yang berpengalaman dan pengawasan yang ketat, bayi dan balita dapat mulai Anda perkenalkan dengan olahraga ini.

  • Dapat Anda lakukan di mana saja

Berenang hanya membutuhkan satu media: air. Apabila Anda bukan perenang profesional, Anda bahkan tidak perlu membeli baju renang atau kacamata renang yang terlalu mahal. Dengan demikian, Anda dapat melakukan olahraga ini di mana saja: kolam renang, pantai, danau, waduk, atau sungai. Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda berenang di tempat yang aman.

  • Berenang menghilangkan stres

Manfaat renang bagi tubuh tidak hanya dari segi fisik, namun juga psikologis. Kita telah mengetahui bahwa ketika berolahraga, tubuh kita menghasilkan hormon endorfin yang menurunkan stres dan membuat kita merasa lebih gembira. Dalam berenang, sensasi berada di dalam air membawa efek relaksasi tersendiri.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Pain Research & Management, air meminimalkan paparan informasi sensorik yang diterima tubuh, sehingga tubuh dapat menjadi lebih relaks. Oleh sebab itu, untuk jangka panjang berenang dapat menjadi terapi yang baik untuk meredakan stres kronis.

  • Berenang membantu meremajakan sel-sel tubuh

Jika berenang mampu membuat Anda awet muda, siapa yang mau menolak manfaat renang bagi tubuh yang satu ini? Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Indiana University membuktikan bahwa tekanan darah, kadar kolesterol, kinerja sistem kardiovaskuler, kesehatan sistem saraf, fungsi kognitif, massa otot, dan profil kimia darah dari para lansia berusia 70-an yang rutin berenang tampak seperti kondisi individu yang berusia 50-an.

  • Berenang meningkatkan koordinasi, keseimbangan, dan postur tubuh

Manfaat renang bagi tubuh yang lainnya adalah menggerakkan otot-otot yang sebelumnya pasif, bahkan dapat dikatakan hampir semua otot Anda gerakkan ketika berenang. Hal ini berbeda dengan berlari atau mengendarai sepeda misalnya. Ada otot-otot yang luput dari sasaran gerak, seperti misalnya otot lengan. Tidak heran apabila berenang dapat membantu memperbaiki postur tubuh Anda. Banyak dokter yang menganjurkan olahraga berenang untuk skoliosis ringan, dan terbukti setelah rutin berenang kondisi skoliosis yang dialami pasien mengalami perbaikan.

Berenang adalah tentang bagaimana Anda dapat mempertahankan keseimbangan dalam air. Untuk melakukannya, lengan dan kaki Anda harus terus-menerus bergerak secara sinergis. Mekanisme inilah yang menjawab pertanyaan mengapa berenang dapat membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh.

  • Berenang memperbaiki dan mempertahankan fungsi kognitif

Menurut penelitian dari Journal of Physiology, berenang dapat meningkatkan aliran darah ke otak sebanyak hingga 14%. Para ilmuwan percaya bahwa tekanan air pada rongga dada ketika berenang ada hubungannya dengan hal tersebut. Apapun mekanismenya, otak yang mendapat aliran darah yang lebih baik akan melakukan fungsi kognitifnya dengan lebih baik pula. Sebagai dampaknya, Anda mungkin akan merasa lebih mudah berkonsentrasi dan tidak mudah lupa dalam mengingat sesuatu.

Sebelum berenang, pastikan Anda tahu cara berenang. Hal ini penting karena kolam renang memiliki kedalaman yang berbeda. Menguasai cara berenang akan membuat Anda dengan mudah mengantisipasi kedalaman yang lebih dari biasanya. Selain itu, lakukan pemanasan dan peregangan pada otot dan sendi Anda sebelum masuk ke air, dan jangan langsung berenang dengan intensitas tinggi apabila Anda baru saja memulai sesi berenang Anda. Hal ini wajib Anda lakukan agar manfaat renang bagi tubuh dapat Anda peroleh, sementara di sisi lain Anda tetap aman dan terhindar dari cedera .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *