invisible bg invisible ico

Manfaat Kebugaran Jasmani yang Luar Biasa bagi Kesehatan

Manfaat Kebugaran Jasmani yang Luar Biasa bagi KesehatanOlahraga sering dianggap remeh oleh sebagian orang, yang tidak menyadari bahwa manfaat kebugaran jasmani sangat besar bagi jantung, otak, kulit, dan kesehatan secara keseluruhan. Banyak orang yang terjebak pada pola hidup sedentari; dimana seseorang hanya melakukan sedikit olahraga atau bahkan tidak sama sekali. Seseorang yang menjalani pola hidup sedentari ini artinya sebagian besar waktunya ia habiskan untuk duduk (jenis-jenis pekerjaan tertentu menuntut seseorang untuk duduk sepanjang hari), menonton televisi, memainkan video game, atau menggunakan komputer atau telepon genggam tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik.

Pola hidup demikian erat kaitannya dengan timbulnya berbagai masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskuler, sakit kepala sebelah, macam-macam jenis kanker, diabetes, asam urat, tekanan darah tinggi, kelainan profil lemak dalam tubuh, obesitas, dan pengeroposan tulang. Tidak ketinggalan pula masalah gangguan psikologis seperti kecemasan dan depresi. Jika kita perhatikan, sesungguhnya masalah-masalah kesehatan tersebut dapat kita cegah dengan berolahraga sehingga kita dapat memetik manfaat kebugaran jasmani yang optimal.

Terlalu banyak duduk berhubungan erat dengan timbulnya penyakit kronis seperti yang disebutkan di atas dan kematian dini. Semakin lama durasi duduk dalam satu hari, semakin tinggi resiko terserang penyakit kronis. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang duduk lebih dari 4 jam dalam sehari memiliki resiko 40% lebih tinggi terserang penyakit kronis dibandingkan dengan mereka yang duduk kurang dari 4 jam dalam sehari. Hal ini dapat diantisipasi dengan olahraga. Mereka yang berolahraga selama 4 jam seminggu sama sehatnya dengan mereka yang duduk kurang dari 4 jam dalam sehari.

Manfaat Kebugaran Jasmani bagi Jantung, Otak, dan Kecantikan Kulit

Ingin memiliki kondisi tubuh yang lebih sehat, lebih berenergi, dan bahkan membuat umur panjang? Olahraga jawabannya. Sulit untuk menafikan manfaat dari olahraga yang teratur. Semua orang dapat memperoleh manfaat dari berolahraga, tidak peduli berapapun usianya, apapun jenis kelaminnya, dan bagaimanapun kondisi fisiknya (meskipun tentu saja, pada orang-orang dengan kondisi fisik tertentu misalnya wanita hamil, lansia, atau mereka yang memiliki disabilitas bentuk olahraga yang dilakukan perlu dimodifikasi). Berikut manfaat dari olahraga yang dapat Anda dapatkan:

  • Mengontrol berat badan

Barangkali inilah manfaat kebugaran jasmani yang dapat diperoleh dari olahraga yang paling banyak dicari. Olahraga dapat membantu mencegah kelebihan peningkatan berat badan. Ketika Anda melakukan aktivitas olahraga, Anda membakar sejumlah kalori. Semakin intens aktivitas olahraga yang Anda lakukan, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

Idealnya memang kita dapat mengalokasikan waktu khusus untuk berolahraga. Namun jika tidak, jangan khawatir. Waktu yang terbatas tidak semestinya dijadikan kambing hitam seseorang untuk tidak berolahraga. Ada banyak aktivitas-aktivitas kecil yang dapat Anda lakukan sebagai ganti berolahraga di gym: memarkir kendaraan agak jauh kemudian berjalan ke tempat kerja, memilih naik tangga daripada lift, melakukan pekerjaan rumah seperti mengepel dan berkebun, dan masih banyak lagi. Kuncinya adalah konsisten dalam melakukan aktivitas-aktivitas tersebut.

  • Memperkuat otot dan tulang

Olahraga dapat memberikan manfaat kebugaran jasmani yang optimal melalui penguatan otot, tulang, dan sendi. Aktivitas fisik seperti angkat berat dapat menstimulasi pembentukan otot apabila dikombinasikan dengan asupan protein yang adekuat. Hal ini karena olahraga memicu tubuh untuk melepaskan hormon yang meningkatkan kemampuan otot dalam menyerap asam amino. Apabila kemampuan otot dalam menyerap asam amino baik, otot akan terbentuk dengan baik.

Seiring dengan usia seseorang yang makin menua, seseorang cenderung kehilangan massa dan fungsi otot, dimana di kemudian hari ia akan rentan mengalami cidera dan kecacatan. Melakukan olahraga secara teratur sangat penting untuk mengurangi hilangnya massa otot dan mempertahankan kekuatan otot meskipun usia sudah mulai renta.

Juga, olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kepadatan tulang. Sehingga, apabila Anda telah mulai memupuk kebiasaan olahraga teratur sejak usia muda, hal ini akan membantu mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis) di kemudian hari. Anda dapat mempraktikkan apapun jenis olahraganya, mulai dari senam, lari, sepak bola, atau basket. Semuanya dapat mendatangkan manfaat yang optimal untuk otot dan tulang Anda.

  • Membuat Anda lebih berenergi

Anda melihat rekan kerja Anda sepertinya memiliki energi yang berlimpah. Ia tampak begitu bersemangat sepanjang hari dan dapat mengerjakan tugas-tugasnya dengan efisien. Pernahkah Anda berpikir apa rahasianya? Ya, bisa jadi ia melakukan olahraga rutin. Memang penelitian telah membuktikan manfaat kebugaran jasmani dalam hal peningkatan energi yang dapat diperoleh dari olahraga. Didapatkan data bahwa enam minggu olahraga teratur dapat mengurangi rasa lelah dari 36 individu sehat yang melaporkan kelelahan yang menetap.

Lebih jauh lagi, olahraga dapat secara signifikan meningkatkan tingkat energi bagi individu yang mengalami sindrom kelelahan klinis (chronic fatigue syndrome – CFS) dan penyakit serius lainnya. Pada kenyataannya, olahraga tampak sebagai salah satu intervensi yang efektif untuk melawan CFS daripada intervensi lainnya yang mencakup relaksasi dan peregangan. Di samping itu, Anda dapat menyarankan olahraga, tentunya yang telah dimodifikasi, pada individu-individu yang menderita penyakit kronis seperti kanker, HIV/AIDS, dan multiple sclerosis.

  • Hidup menjadi lebih indah

Karena Anda lebih bahagia. Ya, ini adalah salah satu manfaat kebugaran jasmani yang akan Anda peroleh dari berolahraga yang mungkin tidak sering Anda dengar. Namun ternyata, apabila Anda membutuhkan terapi untuk mencerahkan emosi Anda yang sedang suram di hari itu, tak ada salahnya sepulang kerja Anda mampir ke gym atau melakukan jalan kaki selama 30 menit.

Olahraga akan menstimulasi beragam zat kimiawi otak yang membuat Anda lebih rileks dan bahagia. Sensitivitas otak terhadap hormon serotonin dan norepinefrin akan meningkat, yang meredakan rasa depresi. Apabila Anda teratur berolahraga, Anda akan lebih percaya diri akan gambaran diri dan penampilan Anda, yang membuat Anda memiliki harga diri yang lebih baik. Hal ini karena produksi endorfin Anda meningkat sehingga Anda dapat selalu memiliki pikiran yang positif. Untuk jangka panjangnya, Anda juga akan terhindari dari kecemasan, depresi, dan stres.

  • Kualitas tidur membaik

Banyak orang yang mengalami masalah tidur seperti insomnia, sering terbangun di malam hari dan sulit untuk kembali memejamkan mata, atau terbangun dalam kondisi tidak segar keesokan harinya. Namun sebelum memikirkan obat tidur sebagai solusinya, tahukah Anda bahwa olahraga dapat mendatangkan manfaat kebugaran jasmani untuk mengatasi berbagai masalah tersebut?

Apabila Anda melakukan olahraga secara rutin maka Anda akan lebih mudah tidur di malam hari, dan membantu Anda mencapai fase tidur yang lebih nyenyak. Namun, ingatlah untuk tidak melakukan olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena justru Anda akan menjadi lebih berenergi kembali dan malah sulit tidur.

  • Membantu menyehatkan kulit

Kulit Anda dapat terkena dampak negatif dari banyaknya substansi oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif terjadi apabila antioksidan dalam tubuh tidak cukup adekuat untuk sepenuhnya memperbaiki kerusakan sel yang ditimbulkan oleh zat radikal bebas. Olahraga rutin dengan intensitas sedang dapat meningkatkan produksi antioksidan alami, yang membantu melindungi sel. Di saat yang bersamaan, aliran darah menjadi lancar sehingga membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

Menarik bukan, mengetahui bahwa ternyata ada banyak sekali manfaat kebugaran jasmani yang dapat Anda peroleh dari berolahraga? Untuk merealisasikannya, ada banyak cara yang dapat dicoba supaya olahraga tidak terasa membosankan. Bergabunglah dengan kelas menari, cobalah susuri trek hiking, atau ajaklah putra-putri Anda bermain bola. Tidak hanya badan lebih sehat, namun juga Anda dapat sambil menikmati keindahan alam atau bersosialisasi dengan teman dan kerabat. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *