invisible hit counter invisible bg invisible ico

Manfaat Jus Wortel dan Tomat untuk Tubuh Lebih Sehat dan Bugar

Wortel dan tomat adalah dua bahan makanan yang sangat populer serta mudah diperoleh di sekitar kita, dan ketika kedua bahan tersebut diolah menjadi jus, manfaat jus wortel dan tomat sangat besar bagi kesehatan tubuh kita. Wortel dipercaya pertama kali tumbuh ribuan tahun lalu di sebuah kawasan yang sekarang kita kenal sebagai Afghanistan. Di sana, wortel berbentuk cabang-cabang akar yang kecil, berwarna ungu atau kuning, dengan rasa yang pahit yang dideskripsikan penduduk sekitar “seperti mengunyah batang pohon”. Dengan demikian, wortel pada kala itu sama sekali tidak mirip dengan wortel yang kita kenal sekarang. Barulah pada abad ke-16, petani Belanda membudidayakan wortel yang berwarna oranye dengan rasa yang manis dan renyah, seperti yang kita ketahui sekarang ini.

Sementara tomat, tidak peduli apakah Anda mengkategorikannya sebagai sayur atau buah, tidak diragukan lagi merupakan bahan makanan yang padat nutrisi. Meskipun saat ini tomat sudah dikonsumsi secara luas, sekitar 200 tahun yang lalu tomat sempat disangka tanaman beracun di Amerika Serikat. Hal ini karena tomat berasal dari keluarga yang sama dengan beberapa jenis tanaman beracun di Amerika Serikat. Faktanya, tomat tidak beracun sama sekali. Justru di dalamnya terdapat zat fitokimia yang berperan penting mencegah penyakit kronis dan membawa berbagai manfaat lain bagi kesehatan.

Manfaat Jus Wortel dan Tomat yang Membuat Anda Harus Mengkonsumsinya Setiap Hari

Tidak hanya wortel dan tomat saja, segala jenis buah dan sayuran apabila dikonsumsi akan membawa manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Makin banyak kita menambahkan buah dan sayur dalam diet kita, resiko terkena obesitas, serangan jantung, diabetes, dan kanker akan mengalami penurunan. Diet yang kaya akan buah dan sayur juga berhubungan dengan peningkatan energi, penurunan berat badan, serta kulit dan rambut yang sehat. Berikut manfaat jus wortel dan tomat yang akan Anda rasakan apabila Anda mengkonsumsinya secara rutin.

  • Mencegah kanker

Wortel mengandung zat karotenoid, sementara tomat adalah bahan makanan yang kaya akan vitamin C. Bersama kedua jenis bahan makanan ini membentuk antioksidan yang bekerja dengan cara mengurangi radikal bebas dalam tubuh kita dan mencegah agar radikal bebas tidak terbentuk kembali, yang pada akhirnya mekanisme ini akan mengurangi resiko timbulnya kanker pada tubuh kita. Jenis kanker yang dapat dicegah dengan menggunakan manfaat jus wortel dan tomat antara lain kanker paru-paru, prostat, usus besar, dan kanker darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang saat ini perokok aktif yang tidak mengkonsumsi wortel memiliki resiko tiga kali lebih besar terkena kanker paru-paru dibandingan dengan mereka yang mengkonsumsi wortel paling tidak dua kali dalam seminggu. Belum jelas apakah mereka yang perokok pasif, yang juga terpapar bahaya rokok, memiliki resiko yang sama. Dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2011, ekstrak wortel juga tampaknya mampu membunuh sel-sel kanker darah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker tersebut.

Pada tomat, terkandung zat yang disebut dengan likopen, yang diketahui dari beberapa penelitian ada hubungannya dengan pencegahan kanker prostat. Menurut John Erdman, Ph.D, seorang profesor emeritus dari Department of Food Science and Human Nutrition di University of Illinois, terdapat bukti ilmiah yang kuat bahwa peningkatan konsumsi tomat berhubungan dengan penurunan insiden kanker prostat. Apabila tomat dikombinasikan dengan wortel, itu berarti seseorang akan mendapat asupan betakaroten yang kaya, yang juga memainkan peranan penting dalam mencegah kanker prostat.

Wortel dan tomat sama-sama mengandung betakaroten. Sehingga, selain mencegah kanker prostat, wortel dan tomat juga terbukti memiliki efek pencegahan terhadap kanker usus besar. Oleh sebab itu apabila dikonsumsi secara berbarengan (dalam bentuk jus), manfaat jus wortel dan tomat akan menjadi berlipat ganda.

  • Baik untuk penglihatan

Kekurangan vitamin A menyebabkan penurunan fungsi pada bagian luar reseptor mata, yang menyebabkan penglihatan normal terganggu. Mengatasi kekurangan vitamin A dengan asupan makanan yang tinggi betakaroten (dimana kandungan betakaroten yang tinggi terdapat pada wortel) akan membantu pemulihan fungsi penglihatan.

  • Mengatur tekanan darah

Kita semua tahu bahwa membatasi konsumsi garam atau natrium yang berlebih dapat menjaga tekanan darah agar tetap berada pada rentang yang normal. Sebaliknya, meningkatkan asupan kalium (yang banyak terkandung dalam tomat) boleh jadi bermanfaat karena efek pelebaran pembuluh darah yang ditimbulkan, sehingga rentang normal tekanan darah dapat dicapai dan dipertahankan.

  • Memelihara kesehatan jantung

Manfaat jus wortel dan tomat lainnya adalah untuk kesehatan jantung Anda. Pada tomat, terkandung serat, kalium, vitamin C, dan choline. Seperti yang telah disebutkan, membatasi konsumsi garam atau natrium yang dibarengi dengan peningkatan konsumsi kalium adalah hal penting yang sebaiknya Anda lakukan dalam diet Anda untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Tomat juga mengandung asam folat, yang membantu menyeimbangkan kadar homosistein, yang memperkuat kinerja tomat dalam mengurangi resiko terjadinya serangan jantung.

Pada sebuah penelitian, ditemukan bahwa individu yang mengkonsumsi 4000 mg kalium per hari memiliki resiko yang lebih rendah dari terkena penyakit jantung iskemik dibandingkan dengan individu yang mengkonsumsi kalium kurang dari 1000 mg per hari. Penurunan resiko ini bahkan dapat mencapai hingga 49%. Kandungan kalium yang tinggi pada tomat juga membuatnya berkhasiat dalam menjaga kepadatan tulang dan mencegah pembentukan batu ginjal.

  • Mencegah diabetes

Antioksidan dan zat fitokimia dalam wortel berperan penting dalam mengatur kadar gula darah, demikian juga dengan tomat. Penelitian menunjukkan bahwa individu dengan diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan tinggi serat (1 cangkir tomat cherry dapat memenuhi hingga 2 gram kebutuhan serat tubuh) memiliki kadar gula darah yang lebih rendah, demikian juga dengan mereka yang memiliki diabetes tipe 2. Tidak hanya gula darah, namun profil lemak dan insulinnya pun mengalami perbaikan.

  • Melancarkan pencernaan

Manfaat jus wortel dan tomat yang berikutnya adalah melancarkan pencernaan sehingga tidak terjadi sembelit atau konstipasi. Jus wortel dan tomat akan menambah asupan cairan dan serat dalam diet Anda, sehingga dapat membantu mengembalikan cairan tubuh dan mendukung gerakan usus yang adekuat. Serat akan membentuk sebagian besar dari tinja dan penting untuk meminimalkan resiko konstipasi.

  • Menjaga kesehatan kulit

Kolagen adalah komponen penting dari kulit, rambut, kuku, dan jaringan ikat tubuh kita. Pembentukan kolagen akan sangat bergantung pada vitamin C. Kurangnya vitamin C seringkali membuat kulit tampak kasar, bersisik dan rambut terlihat kusam. Luka pada kulit juga menjadi lebih sulit sembuh.

Selain itu, kulit lebih beresiko mengalami kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan asap rokok. Hal ini akan menyebabkan kulit rentan mengalami kerutan, pengendoran, noda-noda dan masalah kulit lainnya. Manfaat jus wortel dan tomat antara lain untuk mencegah terjadinya masalah kulit tersebut karena tingginya kandungan vitamin C dan zat antioksidan pada keduanya.

Kini Anda telah mengetahui manfaat jus wortel dan tomat bagi kesehatan. Yang juga harus diingat adalah dalam mengolah wortel dan tomat menjadi jus ternyata tidak boleh sembarangan agar kandungan gizinya tidak banyak berkurang. Jika memungkinkan, beri sedikit saja gula pada wortel dan tomat yang akan diolah menjadi jus (tanpa gula lebih baik). Hindari melumatkan wortel dan tomat terlalu lama pada blender, dan segera minum begitu siap disajikan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *