invisible hit counter invisible bg invisible ico

Manfaat Bawang Putih untuk Wajah dan Rambut: Tertarik Mencoba?

Kaum wanita biasanya akan melakukan apa saja untuk menjadi cantik, tidak terkecuali mencoba manfaat bawang putih untuk wajah. Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu masakan yang seseorang tidak ingin mengkonsumsinya terlalu banyak karena meninggalkan bau yang menyengat di mulut. Orang lain yang berada di dekat Anda bisa jadi tidak nyaman apabila nafas Anda berbau bawang putih. Namun ternyata, zat pada bawang putih yang bertanggung jawab memberi bau menyengat itu juga membawa beragam manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Untuk itulah, selain dimanfaatkan di area kuliner, sejak dulu bawang putih telah digunakan menjadi obat alami dari generasi ke generasi.

Bawang putih adalah tanaman asli Asia Tengah. Khasiat bawang putih untuk kesehatan telah dikenal selama kurang lebih 7000 tahun lamanya, tidak terkecuali manfaat bawang putih untuk wajah. Manfaat bawang putih tersebut karena bawang putih mengandung zat yang disebut dengan allicin. Ekstrak allicin dapat diperoleh ketika bawang putih dipotong, ditumbuk, atau dikunyah. Zat allicin pada bawang putih berbentuk cairan minyak dengan bau yang tajam.

Selain allicin, bawang putih juga mengandung berbagai macam zat flavonoid yang berperan sebagai zat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus. Tidak kalah pentingnya, pada bawang putih juga terdapat zat antioksidan. Manfaat bawang putih untuk wajah dan rambut akan diulas secara mendalam di artikel ini, disusul dengan penjelasan sekilas mengenai manfaat bawang putih untuk menunjang fungsi tubuh yang lainnya.

Apa Saja Manfaat Bawang Putih untuk Wajah dan Rambut?

Bawang putih dapat dimanfaatkan untuk kecantikan kulit antara lain untuk menghilangkan jerawat. Cukup dengan satu siung bawang putih, Anda dapat mengatasi masalah jerawat yang terkadang muncul begitu saja entah dari mana. Cara mengatasi jerawat cukup dengan memotong ujung satu siung bawang putih, kemudian gosokkan pada bagian kulit yang berjerawat. Bakteri yang menyebabkan jerawat akan terbasmi oleh kandungan antioksidan dalam bawang putih.

Cara paling mudah dalam mengolah bawang putih untuk mengatasi jerawat adalah dengan menumbuk beberapa siung bawang putih, lalu bubuhkan ke area wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit untuk memastikan kandungan allicin pada bawang putih memiliki cukup waktu untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Setelah 15-20 menit, bersihkan masker bawang putih tersebut lalu basuh hingga bersih dengan air suam-suam kuku.

Setelah mengoleskan bawang putih pada muka, Anda mungkin merasakan sedikit sensasi panas. Untuk meredakannya Anda bisa menggunakan produk pelembab yang cocok dengan kulit Anda setelahnya. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menambahkan bawang putih dalam diet Anda. Namun jaga agar Anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak bawang putih, karena akan menimbulkan efek panas di badan. Selain mengatasi jerawat, ada beberapa manfaat bawang putih untuk wajah yang lainnya, seperti:

  • Psoriasis

Kondisi medis pada kulit yang disebut dengan psoriasis timbul ketika terjadi peradangan kronis yang bersifat autoimun (penyakit yang muncul akibat reaksi sistem kekebalan tubuh itu sendiri). Gejala yang timbul berupa bercak putih, perak, atau merah yang bersisik tebal pada kulit berbagai bagian tubuh seperti kaki, punggung bawah, lutut, dan siku. Kondisi ini tidak mudah ditangani. Selain terapi dari dokter, Anda juga dapat memanfaatkan bawang putih untuk meringankan gejala psoriasis.

Caranya adalah dengan menggunakan minyak bawang putih dan mengoleskannya pada bagian kulit yang terkena psoriasis. Zat anti peradangan pada bawang putih akan membantu dalam mengurangi bercak yang timbul dan setelahnya menghaluskan kulit, yang termasuk dalam salah satu manfaat bawang putih untuk wajah. Bawang putih juga menghambat aktivitas enzim lipoksigenase, yang bertanggung jawab menyebabkan peradangan pada pasien dengan psoriasis.

  • Mengatasi luka akibat herpes oral

Herpes oral atau herpes di bibir dan mulut disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1. Seseorang yang menderita herpes oral mengalami beberapa tanda dan gejala antara lain timbulnya luka pada bibir, pipi, leher, atau bagian wajah lainnya. Luka yang ditimbulkan herpes oral bisa jadi tidak sedap dilihat. Mengoleskan minyak bawang putih atau bawang putih yang telah ditumbuk dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

  • Infeksi kulit

Seperti yang telah disebutkan, bawang putih mengandung zat anti virus dan antibakteri, sehingga banyak ahli yang mempertimbangkannya efektif untuk meringankan tanda dan gejala berbagai masalah infeksi kulit. Gatal-gatal akibat penyakit kulit lainnya pun dapat dikurangi dengan penggunaan bawang putih, karena kandungan anti jamur yang ada di dalamnya.

Cara mengolah bawang putih sebagai obat alami untuk mengatasi infeksi kulit yaitu dengan menumbuk bawang putih untuk mengekstrak minyaknya. Oleskan minyak bawang putih tersebut ke area kulit yang mengalami infeksi, biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih signifikan, ulangi langkah tersebut satu atau dua kali sehari selama beberapa minggu. Penggunaan bawang putih langsung pada area wajah biasanya dilakukan sebelum mandi, agar tidak tertinggal bau bawang putih yang menyengat di wajah.

  • Kerutan

Penghasil berbagai produk kecantikan menghasilkan berbagai macam produk anti kerut dan anti penuaan. Salah satu manfaat bawang putih untuk wajah adalah membantu mengatasi kerutan dan garis halus yang biasa nampak di wajah ketika seseorang sudah mendekati usia paruh baya. Sertakan bawang putih mentah pada diet Anda agar zat allicin dapat bekerja secara optimal dari dalam.

Efek anti kerut wajah yang dihasilkan bawang putih adalah karena kandungan allicin yang berperan sebagai antioksidan, juga karena kandungan zinc, selenium, dan vitamin C. Karena zat-zat yang terkandung dalam bawang putih itulah, bawang putih dapat juga memberikan perlindungan dari radiasi ultraviolet.

Anda telah mengetahui manfaat bawang putih untuk wajah, namun bagaimana dengan rambut? Ternyata, bawang putih juga dapat digunakan sebagai bahan alami yang efektif untuk melawan kerontokan rambut dan ketombe. Anda dapat membalurkan bawang putih langsung di kulit kepala atau menggunakan minyak bawang putih agar lebih praktis.

Ketombe bisa jadi sangat memalukan, terutama apabila Anda sedang berada di tengah-tengah keluarga atau kolega. Ketombe dapat menimbulkan rasa gatal, dan rasa gatal tersebut bisa menjadi lebih berat pada suhu atau cuaca tertentu. Bawang putih efektif melawan ketombe karena mengandung zat anti jamur.

Bawang putih yang ditumbuk kemudian dibiarkan selama 10-15 menit mengandung konsentrasi allicin yang sangat tinggi, yang membantu mengatasi masalah ketombe. Untuk penanganan masalah ketombe, Anda dapat mengoleskan bawang putih langsung di kulit kepala atau mengkonsumsinya untuk perlawanan dari dalam.

Selain manfaat bawang putih untuk wajah dan rambut yang telah Anda ketahui, bawang putih juga berkhasiat menurunkan dan menjaga tekanan darah, memelihara kesehatan sistem kardiovaskuler, mencegah penurunan daya ingat, memperkuat tulang bagi wanita yang lebih rentan terkena osteoporosis, memperkuat daya tahan tubuh, mengontrol kadar kolesterol, meredakan sakit gigi, mencegah kanker, dan melawan infeksi yang sering menyerang sistem pertahanan tubuh kita seperti pilek dan infeksi telinga. Jadi, masihkah Anda menunda untuk memanfaatkan bawang putih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *