invisible bg invisible ico

Manfaat Air Bagi Manusia: Mengapa Air Penting bagi Manusia

Manfaat Air Bagi Manusia: Mengapa Air Penting bagi ManusiaKita semua tahu bahwa air memegang peranan yang penting bagi kehidupan manusia, namun belum banyak yang mengetahui apa sebenarnya manfaat air bagi manusia. Air memang merupakan suatu komponen paling penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Tidak jarang juga kita mendengar saran dari berbagai tokoh kesehatan untuk tidak lupa meminum air dalam jumlah yang cukup setiap harinya, terutama bila sedang jatuh sakit. Omongan tersebut bukan hanya basa-basi belaka, namun didasarkan fakta mengenai pentingnya manfaat air bagi manusia.

Tahukah Anda ada pernyataan yang mengatakan bahwa manusia dapat bertahan hidup selama 1 bulan tanpa mengonsumsi makanan apapun, namun dapat meninggal  bila tidak mengonsumsi air selama 1 minggu? Pernyataan ini menekankan bahwa air merupakan komponen yang sangat dibutuhkan di tubuh manusia. Banyak sekali manfaat air bagi manusia, misalnya saja sebagai pengatur suhu tubuh, pembawa nutrisi dan sel darah ke seluruh tubuh hingga membantu proses pembuangan zat sisa dari dalam tubuh. Kami akan membahas manfaat air bagi manusia yang juga kurang lebih mirip dengan manfaat air bagi hewan di artikel ini.

Berbagai Macam Manfaat Air bagi Kehidupan Manusia yang Sangat Penting

Tujuh puluh persen komponen yang menyusun tubuh seorang manusia dewasa adalah air. Kehilangan air beberapa persen saja akan mengganggu kelangsungan tubuh manusia untuk bekerja. Bahkan, di dunia kedokteran, beberapa jenis penyakit akut yang gawat darurat dan membutuhkan penanganan dengan cepat merupakan penyakit yang berkaitan dengan air, alias keadaan dehidrasi atau kurang cairan dalam tubuh. Ya, air memang memainkan peran yang sangat penting bagi tubuh manusia yang tidak dapat digantikan dengan zat lainnya. Mari kita simak apa saja beberapa manfaat air bagi manusia yang penting dan krusial:

1. Sebagai Pelembap Jaringan Tubuh

Salah satu manfaat air bagi manusia yang penting adalah sebagai pelembap beberapa jaringan dan organ tubuh. Misalnya saja bola mata, lapisan mukosa dalam mulut serta kulit. Tanpa air yang berfungsi sebagai pelembap, jaringan tubuh tertentu dapat menjadi kering, rusak dan akhirnya tidak dapat berfungsi dengan baik kembali. Contohnya saja, mata yang kering dapat membahayakan kornea, sehingga akan mengancam kemampuan manusia untuk dapat melihat dengan sempurna. Mukosa yang kering pun dapat mengancam keutuhan jaringan sehingga dapat menyebabkan terganggunya kerja organ serta menimbulkan rasa nyeri.  Bahkan paru-paru, organ yang berfungsi menerima oksigen pun membutuhkan kadar air yang optimal untuk mempertahankan fungsinya.

2. Mengatur Suhu Tubuh

Pengaturan suhu tubuh adalah satu manfaat air bagi manusia yang sangat penting. Suhu tubuh yang stabil dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bekerja dengan optimal. Suhu tubuh yang ekstrim (terlalu panas atau terlalu dingin) dapat merusak kerja sel-sel dalam tubuh hingga akhirnya mengganggu keseimbangan tubuh bekerja dan akibat paling gawatnya dapat menyebabkan kematian. Air bekerja sebagai penstabil suhu tubuh, karena suhu dalam air tidak mudah berubah dengan cepat dan drastis. Air juga dapat dikeluarkan lewat keringat untuk usaha menurunkan suhu tubuh.

3. Transportasi Darah, Nutrisi dan Oksigen

Manfaat air bagi manusia yang tidak kalah penting ialah fungsinya sebagai sarana transportasi bagi darah, nutrisi dan oksigen untuk berkeliling ke seluruh organ dan jaringan pada tubuh manusia. Tanpa air, sel darah tidak akan mampu ‘mengunjungi’ semua organ dan jaringan yang membutuhkan asupan oksigen. Air pun bertugas sebagai pembawa nutrisi dan mineral yang dibutuhkan sel dalam tubuh. Tanpa adanya air, mineral penting yang dibutuhkan sel tubuh tidak akan mampu ditransportasikan. Bayangkan ancaman yang terjadi bila organ vital tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkannya.

4. Pelumas Tulang Belakang, Otak dan Sendi

Air pun berguna dalam tubuh manusia sebagai pelumas organ otak, tulang belakang dan persendian tubuh. Tanpa adanya air sebagai pelumas, sendi tidak akan dapat bergerak dengan mulus, malah akan terasa sakit setiap kali sendi digerakkan. Manfaat air bagi manusia yang penting juga ialah sebagai pelumas dan pelindung salah satu organ paling vital di tubuh manusia, yaitu otak. Dengan adanya air, otak terlindungi dari gesekan dengan tulang tengkorak. Air pun dapat melindungi dan mengurangi risiko kerusakan otak bila mengalami kecelakaan seperti terbentur benda berat. Pergerakan sendi tulang belakang pun dibantu oleh air sehingga tuang belakang manusia dapat digerakkan tanpa rasa sakit. Air pun melindungi serabut saraf yang keluar melalui tulang belakang.

5. Membantu Proses Pencernaan

Manfaat air bagi kehidupan manusia yang tidak kalah penting dan terjadi setiap hari ialah membantu memperlancar proses pencernaan. Mulai dari fungsinya yang dapat mempermudah perjalanan makanan dari mulut sampai ke saluran pencernaan yang lebih ujung hingga fungsinya sebagai pembawa enzim-enzim pencernaan. Tanpa air, akan sangat sulit bagi makanan untuk menelusuri saluran pencernaan. Tanpa air pula, enzim yang bertanggung jawab untuk memecah komponen makanan tidak akan bekerja dengan baik. Air pun membantu proses pengeluaran feses. Salah satu fungsi air yang paling penting pada proses pencernaan lainnya adalah membantu ‘menyerahkan’ nutrisi di dalam makanan ke dalam peredaran darah sehingga nantinya dapat dipakai oleh organ dan jaringan tubuh untuk bertahan hidup.

6. Sebagai Sarana Pembuangan Zat Sisa Tubuh

Tidak kalah penting, manfaat air bagi manusia lainnya yang mutlak dibutuhkan adalah membantu proses pembuangan zat sisa metabolisme tubuh yang sudah tidak terpakai. Air merupakan 99% penyusun urin atau air kencing yang harus dikeluarkan oleh tubuh setiap hari. Urin adalah air yang bercampur dengan zat-zat sisa dalam tubuh yang harus dikeluarkan setiap harinya. Tanpa air yang cukup, ginjal tidak akan mampu membuang zat sisa yang nantinya dapat menjadi racun bagi tubuh manusia. Air pun merupakan salah komponen penyusun feses yang penting. Bila kandungan air dalam feses tidak dalam jumlah yang memadai, maka feses akan sulit dikeluarkan dari usus besar.

7. Membantu Mencegah Terjadinya Penyakit

Selain menjaga keseimbangan dalam tubuh, air pun berguna untuk mengurangi risiko terjadinya beberapa penyakit. Kandungan air dalam air urin yang tidak memadai dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih seperti sistitis. Air yang sedikit di dalam air urin pun dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu di ginjal dan saluran kemih lainnya. Feses yang mengandung sedikit air pun dapat menimbulkan konstipasi dan menimbulkan penyakit ambeien atau hemorrhoid. Kekurangan air dalam tubuh pun akan menyebabkan dehidrasi yang sangat membahayakan kesehatan tubuh.

Mengingat banyaknya manfaat air bagi kehidupan manusia, tidaklah heran bila hampir semua tenaga kesehatan menyarankan Anda untuk minum air yang cukup dalam keseharian Anda. Namun perlu diingat bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan ginjal untuk berkonsultasi mengenai seberapa banyak air yang boleh diminum karena beberapa penyakit membutuhkan diet cairan yang khusus. Minumlah air minimal 2 liter seharinya, terutama pilihlah air mineral yang tidak mengandung gula atau kafein. Selamat hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *