invisible hit counter invisible bg invisible ico

Makanan Sehat agar Cepat Hamil: Nutrisi Tepat untuk Persiapan Kehamilan

Makanan Sehat agar Cepat Hamil: Nutrisi Tepat untuk Persiapan KehamilanKetika Anda telah mulai menginginkan untuk menjadi ibu, memilih makanan sehat agar cepat hamil menjadi salah satu langkah yang penting untuk dilakukan. Nutrisi dan kesuburan adalah dua hal yang saling berkaitan. Oleh karenanya, diet yang sehat dan seimbang akan membantu memperbesar kemungkinan Anda dan pasangan untuk menimang buah hati. Manfaat diet yang sehat dan seimbang akan berlaku untuk jangka panjang; membantu membentuk kebiasaan makan sehat yang akan dibawa sepanjang proses kehamilan, mempersiapkan tubuh untuk menyediakan nutrisi bagi bayi, dan mendukung tubuh calon ibu sendiri agar tetap sehat dan bugar selama hamil dan sesudah melahirkan.

Sebelum Mengenal Makanan Sehat agar Cepat Hamil, Periksa Berat Badan Anda

Cara yang dapat dilakukan untuk memeriksa apakah berat badan Anda sudah ideal adalah dengan menggunakan rumus Indeks Massa Tubuh (IMT), yakni dengan membagi berat badan dalam satuan kilogram dengan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat. Melalui perhitungan ini, seseorang dapat menentukan apakah ia termasuk dalam kategori di bawah normal, normal, gemuk, atau obesitas. Idealnya, IMT Anda haruslah antara 18.5 hingga 25.

Berat badan Anda sebelum hamil memiliki pengaruh langsung terhadap berat calon bayi dan status kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan di bawah normal (underweight) lebih rentan melahirkan bayi dengan berat rendah pula, meskipun peningkatan berat badan mereka selama hamil sama dengan wanita yang memiliki berat badan normal.

Di sisi lain, wanita yang mengalami kegemukan (overweight) lebih beresiko menderita beberapa masalah kesehatan seperti diabetes gestasional (diabetes yang timbul pada masa kehamilan) dan tekanan darah tinggi. Melihat dampak dari kekurangan maupun kelebihan berat badan sebelum hamil tersebut, konsultasikanlah pada dokter kandungan Anda untuk memutuskan apakah perlu menambah atau mengurangi berat badan sebelum memulai program hamil.

Makanan Sehat agar Cepat Hamil: Zat Gizi yang Anda Butuhkan

Tidak ada satupun jenis diet tertentu yang dapat serta-merta membuat Anda cepat hamil. Konsisten pada diet dengan gizi seimbang akan membantu menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Kondisi tubuh yang sehat inilah yang akan memudahkan Anda untuk ‘menampung’ kehidupan baru. Selama hamil nantinya, tubuh Anda akan mengalami perubahan-perubahan besar. Untuk menyambut proses tersebut, Anda perlu meningkatkan konsumsi bahan makanan yang mengandung zat-zat gizi di bawah ini.

  • Asam folat

Asam folat diperlukan untuk perkembangan otak janin, pembelahan sel, serta bersama dengan zat besi mampu membantu mencegah anemia. Konsumsilah asam folat mulai dari sekarang. Biasanya, seorang ibu baru mengetahui bahwa ia hamil setelah usia kehamilan 4-5 minggu. Jika ia tidak mempersiapkan diri dengan mengkonsumsi asam folat sebelumnya, sementara cadangan asam folat dalam tubuh tidak mencukupi, selama 4-5 minggu tersebut janin bisa jadi akan kekurangan asam folat.

Kekurangan asam folat akan membawa resiko pada bayi untuk mengalami cacat bawaan, diantaranya adalah bibir sumbing, gangguan jantung, otak dan sumsum tulang belakang. Itulah mengapa bahan makanan yang mengandung asam folat menempati urutan pertama dalam daftar makanan sehat agar cepat hamil.

Kebutuhan asam folat per hari adalah 400 mikrogram (mcg), yang bisa diperoleh dari sayuran berdaun hijau (seperti bayam, sawi, kubis, dan selada), brokoli, kol, asparagus, jeruk, telur, dan kacang-kacangan (seperti kacang polong, kacang kapri, dan buncis). Selain itu asam folat juga terdapat pada gandum utuh, sereal, maupun roti yang telah difortifikasi. Biasanya, dokter kandungan Anda juga akan meresepkan 400 mcg asam folat sebagai suplemen harian. Meskipun demikian, harus diingat bahwa suplemen harian tersebut bukan sebagai pengganti diet sehat.

Dokter mungkin akan meresepkan suplemen asam folat dengan dosis yang lebih tinggi, yaitu 4-5 miligram (mg), pada individu yang memiliki keluarga dengan kondisi cacat otak, penyakit autoimun yang dipicu oleh zat gluten, thalassemia atau diabetes, IMT lebih dari 30, atau jika individu tersebut sedang berada dalam pengobatan antiepilepsi. Jika Anda memiliki kondisi-kondisi tersebut, sampaikanlah pada dokter kandungan Anda.

  • Protein

Protein membawa manfaat besar bagi kesuburan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada pasangan-pasangan yang mengalami masalah kesuburan menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat tinggi protein dapat membantu meningkatkan peluang untuk hamil. Menambah asupan protein 25% lebih banyak dan mengurangi asupan karbohidrat hingga 40% membantu meningkatkan kualitas sel telur wanita. Selain itu, protein penting bagi perkembangan organ tubuh janin nantinya.

Protein terkandung dalam telur (terutama putih telurnya), kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, tempe, daging tanpa kulit dan lemak, susu rendah lemak, dan ikan. Usahakan untuk memasukkan ikan dalam menu diet Anda minimal dua kali dalam seminggu. Selain tinggi protein, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak dan penglihatan bayi, membantu mengurangi resiko lahir prematur, dan membantu mengoptimalkan kerja hormon yang mendukung untuk proses kehamilan. Sehingga ikan sangat cocok jika disebut sebagai makanan sehat agar cepat hamil.

Ikan yang aman dikonsumsi adalah yang memiliki kandungan akumulasi merkuri yang rendah, seperti tongkol, kakap, tuna, dan salmon. Ikan yang disinyalir memiliki kandungan akumulasi merkuri tinggi adalah hiu, king mackerel, dan ikan tuna kalengan. Ikan-ikan jenis ini yang sebaiknya dihindari.

  • Zat besi

Berikutnya dalam daftar makanan sehat agar cepat hamil adalah bahan makanan yang banyak mengandung zat besi. Zat besi berguna dalam proses pembentukan hemoglobin. Dalam darah, hemoglobin berfungsi mengikat oksigen. Sehingga, jika kadar zat besi dalam darah rendah, hemoglobin darah pun rendah. Akibatnya, oksigen yang beredar dalam darah pun berkurang. Kebanyakan wanita tidak memiliki cadangan zat besi yang cukup akibat menstruasi tiap bulannya dan asupan makanan yang rendah zat besi.

Dampak dari kekurangan zat besi dapat berupa keguguran, kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah, atau cacat bawaan. Bagi ibu, kekurangan zat besi yang berlanjut hingga akhir proses kehamilan memperbesar resiko mengalami pendarahan waktu melahirkan, yang dapat berujung pada kematian.

Zat besi dapat dijumpai pada daging, ikan, kerang, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan. Selain itu sekarang juga banyak terdapat roti gandum utuh, roti putih, maupun pasta yang telah diperkaya dengan zat besi. Cobalah untuk mengkonsumsi bahan makanan tersebut bersamaan dengan bahan makanan yang mengandung vitamin C (seperti jeruk, pepaya, jambu biji, dan tomat) untuk lebih mengoptimalkan penyerapannya. Sebaliknya, tidak disarankan mengkonsumsinya bersamaan dengan teh atau kopi karena teh atau kopi dapat menghambat penyerapan zat besi.

  • Vitamin

Setidaknya ada tiga macam vitamin yang termasuk dalam makanan sehat agar cepat hamil, sehingga harus Anda tingkatkan asupannya begitu Anda dan pasangan merencanakan kehamilan. Ketiga vitamin tersebut yakni vitamin B6, A, dan C (meskipun jenis vitamin lain juga tidak kalah pentingnya).

Vitamin B6 bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B6 antara lain sayuran hijau, kecambah, kacang-kacangan, kentang, dan biji-bijian. Di beberapa literatur, konsumsi beras merah sebagai sumber vitamin B6 sekaligus sumber karbohidrat bahkan lebih disarankan daripada nasi putih. Hal ini mengingat kandungan karbohidrat pada beras merah yang sangat minim, namun kandungan serat dan mineralnya jauh lebih tinggi.

Vitamin A bermanfaat untuk mengurangi resiko seorang ibu mengalami hamil anggur. Yang mengejutkan, ternyata bagi calon ayah vitamin A juga dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Vitamin A banyak terkandung dalam hati ayam, hati sapi, wortel, tomat, labu, dan daun ubi jalar.

Dalam diet yang sehat dan seimbang, perencanaan menu memegang peranan penting. Tidak ada satu bahan makananpun yang mengandung seluruh zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Juga, tidak ada satu zat gizipun yang sanggup bekerja sendirian dalam mendatangkan manfaat bagi tubuh. Sehingga, menu harus direncanakan dengan baik agar bahan makanan menjadi bervariasi. Konsultasikan juga dengan ahli gizi Anda terkait porsi makanan. Demikian artikel mengenai makanan sehat agar cepat hamil. Semoga mendatangkan manfaat bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *