invisible hit counter invisible bg invisible ico

Makanan Pantangan Darah Tinggi yang Wajib Anda Hindari

Makanan Pantangan Darah Tinggi yang Wajib Anda HindariMempunyai penyakit darah tinggi membuat kita harus mengetahui makanan pantangan darah tinggi yang harus dihindari. Penyakit darah tinggi merupakan penyakit yang tidak asing lagi di telinga kita. Penyakit ini bergitu banyak diderita oleh orang dewasa hingga orangtua. Penyakit ini dapat menyebabkan banyak sekali komplikasi, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke dan bahkan penyakit mata. Mengingat begitu banyaknya komplikasi yang dapat terjadi, mengetahui pantangan darah tinggi dapat membantu kita melawan penyakit ini.

Daftar Makanan Pantangan Darah Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Meski penyebab darah tinggi masih belum banyak diketahui, namun dunia kedokteran yakin bahwa pola makan turut menyumbang sebagai penyebab penyakit kronis ini. Pola makan yang salah dapat menyebabkan darah tinggi, atau menyebabkan sulitnya penurunan tekanan darah pada penderita darah tinggi. Seringkali, faktor yang dapat kita kendalikan ini dianggap remeh sehingga penyakit darah tinggi terus berlanjut dan tidak jarang menyebabkan komplikasi.

Berikut ini adalah makanan pantangan darah tinggi yang sebaiknya dihindari:

  1. Garam

Ini adalah pantangan darah tinggi yang utama. Kandungan garam yang banyak di dalam darah penderita darah tinggi akan menyebabkan kenaikkan tekanan darah yang disebabkan oleh sifat garam yang dapat menarik air. Namun bukan berarti Anda tidak boleh makan garam sama sekali. Institusi terkenal Amerika yang meneliti banyak mengenai penyakit darah tinggi mengatakan bahwa asupan garam dapur maksimal yang dapat dikonsumsi oleh penderita darah tinggi adalah 6 gram atau setara dengan satu sendok teh. Bila dapat lebih sedikit, efeknya lebih bagus.

Jadi, lebih baik makan makanan yang dibuat sendiri di rumah daripada beli makanan di luar, karena kita dapat mengontrol jumlah garam yang kita konsumsi.

  1. Makanan Kaleng

Pengawet yang dipakai untuk megawetkan makanan kaleng terbuat dari substansi yang membentuk garam. Alasan inilah yang membuat makanan kaleng menjadi pantangan darah tinggi. Mungkin rasa makanan kaleng tidak begitu asin, namun hati-hati karena kadar garam yang dikandungnya tetao tinggi.

  1. Produk Daging Olahan

Sama seperti makanan kaleng, produk daging olahan banyak mengandung garam untuk mengawetkan daging tersebut. Hindari makanan seperti dendeng, sosis, nugget, kornet, daging ham dan daging olahan lainnya. Sama seperti makanan kaleng, meski rasa daging olahan ini tidak terlalu asin namun garam yang dikandungnya tetap saja tinggi.

  1. Mie Instan

Jenis makanan ini tentu menjadi teman sejati Anda dikala lapar, tidak punya uang dan tidak mau masak makanan yang ribet. Namun hati-hati terhadap mie instan yang mengandung kadar garam yang tinggi. Selain garam, mie instan juga mengandung banyak lemak dan kalori yang dapat menaikkan berat badan. Padahal berat badan yang ideal merupakan salah satu dari program menurunkan berat badan. Satu bungkus mie instan saja dapat membahayakan, apalagi bila dimakan dalam jumlah yang lebih. Mie instan merupakan pantangan darah tinggi yang wajib dihindari.

  1. Makanan Berlemak Jenuh

Apa itu makanan yang mengandung lemak jenuh? Banyak sekali makanan enak yang mengandung lemak jenuh. Namun secara prinsip, semua makanan yang digoreng menggunakan minyak kelapa atau minyak sayur merupakan makanan dengan lemak jenuh. Lemak dari sapi pun mengandung banyak lemak jenuh. Termasuk juga susu full cream, keju, kuning telur, donat, dan kulit ayam. Jangan lupakan mentega pada popcorn atau roti Anda yang juga mengandung lemak tidak baik ini.

Makanan dengan lemak jenuh dapat menaikkan tekanan darah dengan cara meningkatkan kadar kolesterol yang akan mempersempit lubang pembuluh darah Anda. Menurunkan kadar kolesterol dan berat badan merupakan salah satu program terapi darah tinggi. Jadi, pantangan darah tinggi yang satu ini tidak bisa Anda maklumi begitu saja.

Selengkapnya artikel mengenai makanan pantangan darah tinggi ini berlanjut ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *