invisible bg invisible ico

Konsumsilah Buah untuk Menurunkan Kolesterol Anda

Previous 1 2
  • Pepaya

Buah untuk menurunkan kolesterol yang satu ini mengandung serat tidak larut yang sangat banyak. Buah pepaya terkenal dengan fungsinya sebagai pelancar saluran pencernaan, namun sedikit yang mengetahui bahwa buah ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol berlebih. Pepaya mengandung banyak Vitamin E yang terbukti dapat mencegah menumpuknya kolesterol di dinding pembuluh darah dan mencegah terjadinya oksidasi lemak jahat yang dapat membahayakan tubuh. Makanlah pepaya sebagai makanan selingan keseharian Anda mengingat banyaknya manfaat yang ditawarkan buah ini.

  • Mangga

Ternyata buah oranye yang enak, manis dan menyegarkan ini dapat menjadi buah untuk menurunkan kolesterol. Buah mangga mengandung Vitamin C, serat dan Vitamin E yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih serta mencegah terjadinya penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah. Mangga pun mengandung antioksidan yang baik untuk melawan reaksi oksidasi yang buruk dari lemak yang berlebih. Namun perlu diingat bahwa mangga mengandung banyak kandungan gula, sehingga kombinasikan buah ini dengan buah lain untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

  • Anggur

Bagi Anda penikmat minuman semacam wine, ini merupakan kabar baik bagi Anda. Minum wine dalam kadar yang tepat ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sekaligus menjaga fungsi dan ketahanan pembuluh darah Anda. Kandungan resveratrol pada kulit buah anggur merah yang juga turut ada di dalam minuman wine ternyata mempunyai peran yang besar dalam menurunkan kadar kolesterol, mencegah penimbunan kolesterol berlebih dan menjaga fungsi pembuluh darah. Minumlahm maksimal 1-2 gelas wine per hari. Anda yang tidak meminum wine pun tidak perlu khawatir karena buah anggur segar pun dapat menjadi alternatif asalkan dimakan bersama kulitnya.

  • Jambu Batu

Bila di jus, buah ini terkenal dapat menjadi obat alami untuk membantu penderita demam berdarah dengue menaikkan kadar trombosit dalam darahnya. Ternyata, jambu batu bukan hanya dapat menjadi obat bagi penderita demam berdarah, namun juga baik sekali untuk penderita kolesterol tinggi. Buah untuk menurunkan kolesterol yang satu ini mengandung banyak Vitamin C dan Vitamin E yang dapat mencegah penimbunan kolesterol berlebih pada dinding pembuluh darah serta membantu tubuh membersihkan diri dari kadar kolesterol yang berlebih. Setakan jus atau buah jambu batu segar di dalam menu makanan sehari-hari untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Memerangi kadar kolesterol yang tinggi memang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan komitmen, disiplin dan keinginan yang kuat untuk selalu menjaga pola makan Anda. Menghindari makanan berlemak seperti gorengan, makanan cepat saji, daging kambing, lemak sapi atau pun keripik merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol yang harus Anda lakukan juga. Namun melihat begitu banyak buah yang baik untuk menurunkan kolesterol, ternyata program ini mungkin dapat menjadi menyenangkan. Konsumsilah buah segar sebagai makanan selingan Anda. Selain menurunkan kadar kolesterol, buah juga dapat menjadi pengganti makanan berlemak di atas sebagai snack Anda sehingga Anda tidak akan terlalu lapar sampai menjelang jam makan berat berikutnya. Selamat hidup sehat.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *