invisible hit counter invisible bg invisible ico

Konsumsilah Buah untuk Menurunkan Kolesterol Anda

Konsumsilah Buah untuk Menurunkan Kolesterol AndaBanyak ahli kesehatan yang menyarankan mengkonsumsi buah untuk menurunkan kolesterol Anda. Kolesterol dalam darah adalah suatu substansi yang terdiri dari berbagai macam komponen lemak. Sebenarnya, setiap orang membutuhkan kolesterol sebagai penyusun sel tubuh, namun jumlah kolesterol yang berlebihan dapat merugikan tubuh. Kolesterol yang diukur di laboratorium merupakan gambaran dari jumlah kolesterol yang beredar di dalam darah.

Mengapa kolesterol ini berbahaya? Kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat menumpuk di dinding pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu menurunkan kolesterol merupakan hal yang penting bagi mereka dengan kolesterol tinggi. Dan menjaga kadar kolesterol di kadar normal juga merupakan tugas bagi orang yang memiliki kadar kolesterol darah yang normal. Cobalah mengkonsumsi buah untuk menurunkan kolesterol sebagai gaya hidup yang dapat Anda adopsi untuk menjadi individu yang lebih sehat.

Tambahkan Buah Untuk menurunkan Kolesterol di Menu Makanan Anda

Cara menurunkan kolesterol yang dapat Anda pilih ialah mengkonsumsi makanan yang tepat. Banyak ahli kesehatan yang meneliti mengenai makanan yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol darah Anda. Di antaranya banyak makanan yang menaikkan kadar kolesterol dan juga yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Salah satu kelompok mkanan untuk menurunkan kolesterol adalah sayuran dan buah-buahan. Artikel ini terutama akan membahas mengenai buah untuk menurunkan kolesterol yang sangat bermanfaat.

  • Apel

Pepatah ‘An apple a day keeps the doctor away’ tampaknya memang benar. Buah apel adalah buah untuk menurunkan kolesterol yang sangat baik karena kandungan serat yang dimilikinya. Serat larut yang terdapat dalam buah apel akan masuk dan terlarut di dalam darah Anda dan pada akhirnya akan membantu membersihkan kolesterol berlebih di dalam darah Anda. Jadi, cobalah menambahkan buah ini di menu sarapan atau sebagai makanan selingan. Dan jangan lupa untuk turut memakan kulitnya karena akan menambah lebih banyak serat kepada asupan makanan Anda.

  • Pear

Sama seperti apel, ternyata pear juga memiliki peran sebagai buah untuk menurunkan kolesterol. Buah pear pun ternyata mengandung serat larut yang turut membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih dari darah Anda. Selain rasanya yang enak dan manis, ternyata buah pear juga memiliki manfaat lain seperti memberikan antioksidan yang baik bagi tubuh sehingga membantu mencegah menumpuknya kolesterol di darah Anda. Selipkan buah ini sebagai makanan selingan ketika lapar menyerang.

  • Alpukat

Buah alpukat terkenal mengandung lemak, bahkan dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Ternyata mitos itu benar apabila Anda mengkonsumsi alpukat dalam sajian jus alpukat atau es campur yang mengandung banyak gula. Sebaliknya, buah alpukat mempunyai lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Selain itu, kandungan niasin atau Vitamin B3 dalam buah alpukat membuatnya menjadi buah untuk menurunkan kolesterol yang baik. Niasin mempunyai peran menurunkan produksi kolesterol buruk yang terlalu banyak pada tubuh Anda serta dapat membantu darah membersihkan kadar kolesterol yang berlebih. Konsumsilah buah ini dekat sedikit gula atau pemanis sehingga tidak memberikan asupan kalori berlebih pada tubuh.

  • Strawberry

Selain rasa dan aroma yang manis, ternyata buah strawberry merupakan buah untuk menurunkan kolesterol yang banyak disarankan para ahli kesehatan. Buah ini mengandung banyak antioksidan yang mampu mencegah tertimbunnya kolesterol di dinding pembuluh darah Anda. Selain itu, strawberry pun mengandung Vitamin C yang juga turut mencegah terjadinya reaksi oksidasi kolesterol yang berbahaya. Makanlah buah ini tanpa gula atau susu yang berlebih. Selain strawberry, Anda dapat mengkonsumsi buah berry lainnya seperti blueberry dan blackberry untuk mendapatkan manfaat yang serupa.

Sangat penting untuk menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Di halaman 2 masih ada banyak lagi buah-buahan yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *