invisible bg invisible ico

Khasiat Daun Sirih untuk Wanita yang Penting untuk Diketahui

khasiat daun sirih untuk wanitaDan sirih merupakan tanaman yang sudah lama dikenal memiliki banyak sekali manfaat. Selain digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit, daun sirih juga ternyata sangat bagus untuk kecantikan wanita. Memang khasiat daun sirih untuk wanita ini ada banyak sekali. Untuk ulasan lengkap simak uraian berikut.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai daun sirih, secara morfologis, daunnya berbentuk jantung dan tunggal. Dengan ujung lancip dan memiliki tangkai, panjangnya sekitar lima hingga delapan centimeter dengan lebar antara dua hingga lima centimeter. Daun yang punya nama latin piper betle ini memiliki bau yang khas terutama saat daunnya diremas.

Tanaman yang asalnya asli dari nusantara ini memiliki tiga jenis, yaitu daun sirih hijau, daun sirih hitam, dan daun sirih merah. Tanaman yang bisanya tumbuh merambat hingga ketinggian lima belas meter ini meski berbeda jenisnya namun tetap memiliki manfaat yang sama misalnya untuk mengobati mimisan, sariawan, bau mulut, keputihan, batuk, sakit gigi, dan masih banyak lagi.

Delapan Khasiat Daun Sirih Untuk Wanita Yang Penting Untuk Diketahui

Khasiat daun sirih ini tentu tak lepas dari adanya zat penting yang dikandung daun sirih. Zat-zat inilah yang membuat daun sirih ini memiliki banyak sekali manfaat penting dalam dunia kesehatan terutama untuk wanita. Zat atau kandungan terkenal dari daun sirih, salah satunya yaitu minyak atsiri. Untuk mengetahui manfaat lebih jauh mengenai tanaman yang satu ini, simak ulasan berikut.

  1. Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Khasiat yang pertama dari daun sirih yaitu bisa mengatasi keputihan. Keputihan yang dimaksud tentunya keputihan abnormal yang bisanya ditandai dengan bau tak sedap, berwarna putih kekuningan atau kehijauan, serta lengket. Keputihan yang tidak sehat tersebut tentunya bahaya jika dibiarkan dan dengan daun sirih maka perlahan keputihan bisa teratasi.

Perlu diketahui bahwa keputihan memang banyak sekali terjadi kepada para wanita. Selain menimbulkan penyakit, keputihan juga sangat mengganggu terutama dalam hubungan suami istri. Keputihan yang berlebih tentu akan membuat istri atau suami tidak nyaman.

Untuk menghilangkan keputihan ini, cara penggunaan daun sirih ini yaitu dengan menyiapkan sekitar sepuluh lembar daun, satu ruas kunyit dan bangle, lalu satu jari batang krangean yang dicampur dua liter air bersih. Semua bahan tersebut dipotong dan direbus hingga mendidih. Setelah itu, air tersebut bisa disaring dan didinginkan untuk digunakan sebagai pencuci organ wanita saat mandi pagi dan sore.

  1. Membersihkan Organ Kewanitaan

Selain mengatasi keputihan, daun sirih ini juga bisa membuat organ kewanitaan menjadi lebih bersih. Dengan rutin menggunakan rebusan daun sirih maka bisa membunuh jamur, bakteri, dan kuman berbahaya yang bisa menyebabkan aneka gangguan pada organ wanita. Cara penggunaanya hampir sama dengan saat digunakan sebagai penghilang keputihan, namun tak perlu tambahan bahan alias cukup daun sirih saja.

  1. Mengatasi Rasa Gatal Pada Organ Wanita

Khasiat daun sirih untuk wanita yang berikutnya yaitu bisa menghilangkan rasa gatal pada organ khusus wanita. Rasa gatal ini biasanya terjadi karena organ wanita tersebut kotor, lembap, atau adanya gangguan karena kuman, bakteri, hingga jamur. Dengan kandungan anti septic yang ada pada daun sirih maka mikroorganisme jahat yang menyebabkan gatal bisa mati.

Tentunya selain menggunakan daun sirih perlu dipahami bahwa agar terhindar dari masalah gatal pada organ wanita ini, kebersihan juga harus dijaga sebaik-baiknya. Dengan menjaga kebersihan, menjaga kelembapan agar tidak berlebihan, sering mengganti pakaian dalam yang sudah kotor tentu bisa juga mencegah adanya gatal yang tentu sangat mengganggu.

Perlu diketahui bahwa selain kandungan antiseptik, daun sirih juga memiliki kandungan anti jamur, minyak atsiri, dan anti oksidan yang tentunya membantu seorang wanita mencegah timbulnya rasa gatal di area organ khusus miliknya.

  1. Menghilang Bau Kurang Sedap

Manfaat daun sirih yang berikutnya untuk wanita yaitu bisa menghilangkan bau tak sedap yang muncul di organ khusus wanita. Hal ini dikarenakan bau tidak sedap juga bisa muncul karena penyebab yang sama dengan keputihan maupun gatal-gatal. Bau tidak sedap ini meski tidak mengganggu kesehatan namun tentunya sangat mengganggu rasa percaya diri, terutama untuk wanita yang sudah menikah.

Untuk menggunakan daun sirih dalam mengatasi bau pada organ kewanitaan ini bisa dengan rajin mengkonsumsi rebusan daun sirih secara teratur. Untuk lebih efektif, maka dalam proses perebusan daun sirih maka jika menggunakan dua gelas air perebusan dilakukan hingga air tersisa segelas saja dengan jumlah daun sekitar sepuluh lembar.

  1. Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur

Khasiat daun sirih untuk wanita yang berikutnya yaitu bisa melancarkan haid yang kurang teratur. Perlu diketahui bahwa di dunia ini ada banyak sekali wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Dengan mengkonsumsi daun sirih maka bisa menjadi alternatif untuk membantu melancarkan siklus tersebut. Tentunya dengan siklus yang teratur maka hidup seorang wanita juga menjadi lemah nyaman dan tenteram.

Hal ini bisa dilakukan tentunya karena daun sirih memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan termasuk melancarkan datang bulan pada wanita. Untuk menggunakannya yaitu bisa dengan meminum rebusan daun sirih secara teratur. Dalam membuat rebusan ini bisa disamakan dengan dalam membuat rebusan daun sirih untuk menghilangkan bau organ kewanitaan.

  1. Merapatkan Organ Kewanitaan

Manfaat daun sirih yang berikutnya yaitu bisa merapatkan organ kewanitaan. Manfaat ini memang sudah dikenal sejak lama. Bahkan banyak sekali produk untuk merapatkan organ kewanitaan yang menggunakan kandungan utama daun sirih di dalamnya. Untuk cara penggunaanya ada dua macam yaitu bisa dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih atau dengan membilas arena kewanitaan dengan air rebusan tersebut.

  1. Meningkatkan Gairah Berhubungan Suami Istri

Manfaat lainnya bagi wanita yaitu daun sirih bisa meningkatkan gairah untuk berhubungan suami istri. Hal ini dikarenakan dengan banyak mengkonsumsi daun sirih atau menggunakan airnya untuk membilas area kewanitaan akan membuatnya bersih, harum, dan kesat. Dengan organ wanita yang demikian tentunya ia memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi untuk berhubungan bersama suami yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hubungan mereka.

  1. Mengurangi Lendir Berlebih

Manfaat terakhir daun sirih untuk wanita yaitu bisa mengurangi jumlah lendir berlebih yang kadang muncul pada area kewanitaan. Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki kandungan alami yang sehat seperti zat tanin. Tentunya dengan hilangnya lendir maka akan membuat organ wanita ini terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Demikian beberapa khasiat daun sirih untuk wanita yang perlu diketahui. Tentunya khasiat di atas adalah sebagian kecil dari banyak sekali manfaat daun sirih ini. Walau tentunya dalam penggunaan daun sirih juga tetap harus diperhatikan kebersihan daunnya dan selalu memastikan bahwa daun yang digunakan telah dicuci hingga bersih terlebih dahulu. Tak lupa juga untuk memperhatikan apakah daun tersebut terkena bahan kimia atau pestisida atau tidak. Hal ini dikarenakan daun sirih yang bagus adalah yang alami tanpa pupuk buatan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *