invisible hit counter invisible bg invisible ico

Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Wajib Anda KetahuiAnda tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bawang putih, namun tahukah Anda tentang khasiat bawang putih untuk kesehatan? Artikel berikut ini akan membahas tentang beraneka macam khasiat yang terkandung dalam bawang putih. Dalam kehidupan sehari-hari bawang putih lebih dikenal sebagai bumbu dapur yang memberikan rasa sedap pada masakan. Baunya sangat khas karena cukup menyengat dan memberikan sensasi rasa pedas. Bawang putih termasuk jenis tanaman umbi-umbian yang merupakan salah satu rempah-rempah hasil bumi pertanian Indonesia.

Bawang putih memiliki kandungan nutrisi penting bagi tubuh. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam bawang putih pada setiap 136 gram, antara lain yaitu karbohidrat (15 %), serat (11%), kalsium (25%), zat besi (13%), vitamin C (71%), sodium (1%), dan berbagai senyawa penting seperti allicin, selenium, allilin, ajoene, polisulfida, allylsulphides, diallylsulphide, vinyldithiin, dan thiacremonone. Bawang putih juga mengandung zat sulfur yang menimbulkan aroma khas pada bawang putih. Aroma ini seringkali menyebabkan orang enggan mengkonsumsi bawang putih secara langsung, dan lebih menyukai jika dicampurkan ke dalam masakan sebagai bumbu masak.

11 Macam Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Kita

Bawang putih sejak jaman dahulu sudah dipakai oleh nenek moyang untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit. Dan berbagai penelitian juga telah dilakukan terhadap bawang putih dan menemukan manfaat besar yang terkandung di dalamnya. Harganya yang sangat terjangkau dan mudah didapatkan di sekeliling kita tentunya akan sangat menguntungkan karena dapat menjadi obat herbal yang mujarab dan ekomomis. Berikut ini adalah 11 khasiat bawang putih yang wajib Anda ketahui:

1. Mencegah kanker

Khasiat bawang putih yang pertama yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan bahwa di dalam bawang putih terdapat senyawa yang bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas atau mencegah zat asing yang masuk ke dalam tubuh agar tidak tumbuh menjadi sel kanker. Senyawa yang terdapat dalam bawang putih yang berperan untuk memerangi sel kanker yaitu allylsulphide dan diallylsulphide. Bawang putih dapat digunakan untuk mencegah segala jenis kanker.

2. Menurunkan kolesterol

Khasiat bawang putih juga dapat untuk menurunkan kolesterol jahat. Sebagaimana kita ketahui bahwa timbunan kolesterol jahat dalam pembuluh darah dapat menyumbat aliran darah sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi bawang putih dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat), trigliserida, dan menjaga kesehatan jantung.

3. Mengurangi tekanan darah

Bagi Anda yang memiliki hipertensi atau darah tinggi, bawang putih juga dapat menjadi obat yang mujarab. Khasiat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah ini dikarenakan adanya zat allicin yang terkandung di dalam bawang putih yang berperan untuk menghambat pembentukan angiotensin II sehingga tekanan darah terkontrol. Selain itu senyawa polisulfida dalam bawang putih diubah menjadi gas hidrogen sulfide oleh sel darah merah yang berperan untuk menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah.

4. Mengurangi kadar gula dalam darah

Bawang putih juga mempunyai khasiat menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan bawang putih mempunyai efek untuk merangsang pengeluaran insulin dari pankreas. Dengan meningkatnya jumlah insulin, maka dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Sehingga bawang putih dapat menjadi obat atau terapi untuk Anda yang mempunyai penyakit diabetes mellitus atau kencing manis.

5. Pembunuh kuman dan meningkatkan daya tahan tubuh

Bawang putih juga dikenal memiliki kandungan zat anti biotik alami. Oleh karena itu khasiat bawang putih dapat untuk membunuh berbagai kuman penyakit baik bakteri, virus, jamur, maupun parasit. Bawang putih dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang diakibatkan oleh kuman misalnya radang tenggorokan, demam, diare, sakit gigi, penyakit kulit, dan sebagainya. Selain itu bawang putih juga mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit atau mempercepat kesembuhan ketika menderita suatu penyakit.

6. Mencegah pembekuan darah

Khasiat bawang putih yang berikutnya yaitu dapat mencegah pembekuan darah. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa aktif yang bernama ajoene yang membantu mencegah terbentuknya darah beku di dalam pembuluh darah. Sehingga konsumsi bawang putih dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah akibat darah yang terlalu kental agar Anda terhindar dari penyakit atherosklerosis (pengerasan pembuluh darah arteri) dan juga penyakit jantung.

7. Mengatasi alergi

Dari beberapa penelitian, bawang putih juga mempunyai khasiat untuk melawan alergi. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mempunyai kandungan senyawa diallylsulphide dan thiacremonone yang berperan sebagai anti inflamasi sekaligus anti alergi. Oleh karena itu bawang putih dapat digunakan untuk mengatasi berbagai alergi yang biasanya ditandai dengan dengan adanya ruam atau gatal-gatal pada kulit.

8. Mengatasi anemia

Bawang putih mempunyai efek meningkatkan zat ferroportin dalam tubuh. Ferroportin merupakan jenis protein yang berperan dalam penyerapan zat besi. Sehingga dengan penyerapan zat besi secara optimal maka dapat mencegah penyakit kurang darah atau anemia.

9. Mengurangi berat badan

Bawang putih juga dapat digunakan untuk terapi atau program penurunan berat bedan. Dalam hal ini khasiat bawang putih dapat menurunkan lemak dalam tubuh dengan mekanisme menghambat terjadinya inflamasi pembentukan sel lemak. Jadi bawang putih mengandung zat anti inflamatori yang bernama 1,2-vinyldithiin yang berperan untuk menghambat sintesis pra-adypocytes menjadi sel lemak melalui aktifitas/mekanisme inflamasi.

10. Mencegah kerusakan sel syaraf

Bawang putih juga mempunyai manfaat untuk mencegah kerusakan sel syaraf. Kandungan zat anti oksidan di dalam bawang putih dapat menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan oksidatif atau kerusakan sel syaraf. Sehingga konsumsi bawang putih dapat membantu mencegah penuaan dini dan mencegah penyakit dimensia serta alzheimer.

11. Menjaga kesehatan kulit

Khasiat bawang putih juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kecantikan kulit. Hal ini dikarenakan bawang putih dapat digunakan sebagai obat oles untuk mengobati berbagai macam keluhan penyakit pada kulit seperti jerawat, komedo, bekas luka, panu, kadas, maupun kurap.

Dalam mengkonsumsi bawang putih, cara yang paling baik yaitu dengan mengkonsumsinya mentah-mentah. Hal ini supaya kandungan nutrisi dan senyawa penting di dalamnya masih dalam kualitas yang bagus. Anda dapat mengkonsumsi bawang putih secara langsung dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Jika Anda sulit mengkonsumsi secara langsung karena tidak tahan dengan aromanya yang menyengat dan rasanya yang cukup pedas, maka Anda dapat mencampurkan bawang putih dengan kecap dengan mengiris bawang putih menjadi bagian yang kecil-kecil terlebih dahulu, dipakai untuk lalapan, dibuat sambal, serta dapat juga dicampurkan pada kuah cuka untuk empek-empek atau kerupuk. Bawang putih dapat juga dikonsumsi dengan cara ditumis atau dicampurkan dengan masakan, namun kulaitasnya tentunya lebih rendah dibandingkan ketika dimakan mentah.

Walaupun bawang putih aman dikonsumsi sebagai bahan obat herbal alami, namun Anda tidak disarankan mengkonsumsi dalam jumlah atau dosis yang sangat banyak. Jika ingin menggunakan atau mengkonsumsi bawang putih sebaiknya dalam jumlah secukupnya. Terutama bagi Anda yang mempunya masalah pencernaan/sakit maag sebab efek panas dan pedas yang ditimbulkan oleh bawang putih dapat meningkatkan produksi asam lambung. Untuk penggunaan bawang putih pada kulit, sebaiknya dalam mengoleskannya jangan terlalu tebal supaya tidak menimbulkan efek seperti terbakar. Jika Anda sedang mengalami perdarahan baik karena luka ataupun ketika menjalani operasi maka sebaiknya tidak mengkonsumsi bawang putih karena dapat menyebabkan perdarahan semakin banyak. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mempunyai efek mencegah pembekuan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *