invisible bg invisible ico

Ketahui Obat dan Penanganan Kembung pada Anak yang Mudah

Ketahui Obat dan Penanganan Kembung pada Anak yang MudahKondisi kembung adalah sebuah kondisi tersering yang menyebabkan anak menjadi sakit, rewel dan tidak ceria. Kondisi kembung dapat ditangani dengan obat dan pencegahan yang tepat. Sebagai orang tua atau pengasuh yang baik, penanganan kembung pada anak harus Anda ketahui dengan baik.

Berikut akan dibahas beberapa penanganan dan obat kembung anak yang mudah, simpel dan tidak ribet. Silahkan scroll halaman ke bawah untuk membaca artikel ini.

Berbagai Penanganan dan Obat Kembung Anak

Kembung terjadi ketika terdapat gas berlebihan yang masuk dalam tubuh anak. Selain berasal dari luar, gas juga dapat terjadi akibat beberapa bahan makanan yang ketika di metabolisme dalam lambungnya akan menciptakan gas. Kelebihan gas inilah yang kemudian memenuhi saluran pencernaan anak. Mengakibatkan perut penuh dan timbul ketidaknyamanan pada perut anak. Cukup mudah mengatasi kembung pada anak. Berikut penjelasannya:

1. Instruksikan Anak untuk Makan dengan Tenang di Meja Makan

Gas masuk dalam saluran pencernaan bersamaan dengan makanan yang tertelan oleh anak. Ketika anak makan sambil bermain, berlarian dan berceloteh maka akan terdapat banyak gas yang ikut masuk memenuhi saluran pencernaannya.

Instruksikan anak Anda untuk tenang dan makan di meja makan dengan baik dan teratur. Hal ini akan menghindarinya terjadinya kondisi kembung akibat gas yang berlebihan masuk dalam perutnya. Selalu ajarkan bahwa makan sambil berbicara merupakan hal yang kurang sopan dan dapat mengakibatkan berbagai penyakit pencernaan terutama kembung.

2. Ajarkan Mengunyah dengan Benar

Mengunyah dan menelan yang terlalu cepat akan menyebabkan banyak gas yang akan ikut masuk dalam saluran pencernaan anak. Selalu pahamkan kepada anak bahwa makan terlalu terburu-buru itu tidak baik bagi pencernaannya. Idealnya mengunyah adalah sebanyak 32 kali.

Mengunyah dengan optimal akan membantu lambung untuk mencerna berbagai bahan makanan yang masuk dengan lebih baik. Nutrisi akan diserap secara optimal, dan tidak akan terbuang. Jika perlu bantu anak untuk dapat mengunyah dengan baik, yakni dengan membuat potongan makanan yang lebih kecil baginya.

Menjaga kesehatan gigi juga akan menjadi kunci anak dapat mengunyah dengan baik. Gigi yang rusak dan bolong akan menghalangi anak untuk dapat mengunyah secara optimal dan menghindari kembung akibat proses mengunyah yang salah.

3. Kurangi Bahan dan Jenis Makanan yang Mengandung Gas

Beberapa bahan makanan ternyata terbukti mengandung dan menghasilkan gas ketika diolah oleh berbagai hormon serta asam dalam lambung.  Antara lain produk susu (dairy), minuman atau makanan bersoda, makanan yang mengangung alkohol, fastfood dan berbagai makanan instan, berpengawet dan berpemanis buatan. Tidak hanya itu beberapa bumbu dapur seperti bawang merah atau bawang putih serta beberapa jenis sayuran seperti brokoli, kubis dan kecambah ternyata mengandung gas.

Pada beberapa anak yang mengalami intoleransi pada produk susu (dairy) akan terjadi kembung, diare bahkan reaksi alergi akibat tubuhnya tidak mampu mengolah protein yang masuk dengan baik dan benar. Begitupun dengan berbagai bahan yang telah tersebut di atas.

Batasi konsumsi jus buah pada anak hanya sekali dalam sehari. Kandungan fruktosa dan sukrosa dalam jus buah kadang tidak dapat dicerna dengan baik oleh pencernaan anak. Menyebabkan gejala kembung dan ketidaknyamanan pada area perutnya.

Selalu pantau dan perhatikan setiap makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh anak. Hindari sumber makanan yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh saluran pencernaan anak Anda dan seringlah menggali informasi mengenai bahan lain yang dapat menggantikan nutrisi dari bahan yang tidak dapat dikonsumsi oleh anak Anda.

4. Menjaga Pencernaannya Tetap Terisi Makanan

Gas dapat memenuhi perut anak dan menyebabkan kembung terlebih ketika perutnya kosong dan tidak terisi cukup makanan dalam waktu yang lama. Selalu membekali anak dengan makanan adalah cara yang baik untuk menjaga perutnya tetap berisi dan menghindari terjadinya kembung.

Berbagai cemilan sehat untuk anak dapat Anda buat dengan mudah. Hindari cemilan yang kurang sehat seperti snack berbumbu, terlalu tinggi garam dan bahan pengawet. Beralihlah kepada cemilan yang sehat seperti buah dan sayuran. Buah dan sayuran juga mampu menjaga perut anak tetap kenyang untuk waktu yang lama.

5. Menjaga Tubuh Anak Tetap Hangat

Selain menjaga perutnya tetap terisi makanan, menjaga tubuh anak tetap hangat adalah penting untuk dilaksanakan dalam penanganan kembung. Seperti halnya ketika musim hujan datang, maka angin dan hujan dapat menjadi penyebab anak masuk angin dan sakit.

Lindungi anak dari kembung dengan memakaikan pakaian yang tepat ketika musim angin dan hujan datang. Selalu pakaikan jaket dan kaos kaki, gantikan pula bajunya dengan baju yang kering dan berikan minuman hangat apabila anak kehujanan selepas pulang dari sekolah. Baju yang kering dan bersih serta minuman hangat dapat mencegahnya dari penyakit kembung yang akan membuat harinya jadi lesu dan tidak ceria.

6. Obat Herbal untuk Kembung Anak

Selain beberapa hal yang telah tersebut di atas, tidak ada salahnya pula Anda memberikan berbagai resep tradisional herbal yang telah digunakan secara turun temurun dalam tradisi Indonesia untuk mengatasi kembung pada anak.

Salah satu contohnya adalah jahe. Selain efeknya yang menghangatkan tubuh, jahe mampu mengusir gas yang berlebihan masuk dalam perut anak. Rebus saja rimpang jahe ke dalam 500 ml air. Saring dan berikan pada anak selagi hangat. Tambahkan sedikit gula untuk memberikan rasa manis dan mengurangi kepedasan jahe. Berikan rebusan jahe ini secara rutin pada anak setiap paginya.

Selain jahe, jeruk nipis juga memiliki efek menghangatkan pada tubuh. Kaya akan kandungan vitamin dan antioksidan yang akan menguatkan daya tahan tubuh anak. Cukup dengan mencampur perasan jeruk nipis ke dalam teh hangat manis. Berikan pada anak setiap pagi, niscaya tubuhnya akan hangat dan kembung akan enggan mampir kembali pada tubuhnya.

Penggunaan obat oles herbal yang menghangatkan dapat pula Anda gunakan pada permukaan luar dari perut, dada dan leher anak. Oleskan secukupnya dan jangan berlebihan, karena panas dapat terjadi akibat pemberian obat oles yang berlebihan. Kehangatan dari minyak herbal tersebut akan membantu dalam pengeluaran gas yang berlebihan pada anak yang kembung dengan mudah.

Jika Anda mengenal metode “kerokan”, maka metode ini pun dapat Anda laksanakan pada anak Anda yang mengalami kembung. Kerokan yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada bayi dan anak-anak yang kembung adalah dengan menggunakan bawah merah.

Tidak perlu ragu terhadap khasiat dan manfaat kerokan bagi kembung karena sebuah penelitian biomolekuler yang telah dilaksanakan oleh Prof. Didik Gunawan Tamtomo pada tahun 2005 telah membuktikan bahwa dengan kerokan, pembuluh darah pada punggung akan berdilatasi, melepaskan zat endorphin pada otak. Tubuh akan rileks serta  berbagai gejala kembung seperti rasa nyeri pada otot dan ketidaknyamanan pada saluran pencernaan dapat menghilang dari dalam tubuh anak.

Cukup dengan membelah bawang merah menjadi dua bagian, dan mengerok punggung anak dengan bagian dalam bawang tersebut dengan gerakan kerokan dengan koin. Yang perlu untuk diperhatikan bahwa tekanan yang diberikan saat melakukan kerokan dengan bawang putih ini jangan terlalu keras dan terlalu dalam. Karena akan merusak jaringan kulit anak dan menimbulkan penyakit lain seperti infeksi.

Nah, telah tersaji berbagai informasi mengenai penanganan dan obat kembung anak yang mudah. Selamat mencoba dan semoga anak Anda lekas sembuh dari kondisi kembungnya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *