invisible bg invisible ico

Ketahui Manfaat Air Es untuk Wajah yang Menakjubkan

Ketahui Manfaat Air Es untuk Wajah yang MenakjubkanPenasaran dengan judul di atas? Ya, memang benar. Air es ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang menakjubkan terutama untuk area kulit pada wajah. Menggunakan air es dengan cara rendaman atau bilasan sangat cocok, terutama untuk kulit Anda yang memiliki jenis berminyak, pori – pori yang membesar dan kusam.

Berikut detail penjelasan mengenai manfaat air es untuk wajah beserta anjuran penggunaan dan manfaat apabila dikombinasi dengan bahan alami lain. Selamat membaca.

Apakah Manfaat Air Es untuk Wajah?

Tentu Anda pernah merasakan bagaimana kulit yang sakit akibat mengkerut dan terpapar air es yang terlalu lama. Ternyata, dibalik efeknya yang sedikit menyakitkan, air es sangat bermanfaat untuk kulit wajah.

Cara paling mudah untuk melaksanakan terapi air es untuk wajah adalah dengan menuangkan air dingin ke dalam sebuah baskom. Tambahkan es batu, dan ikat rambut panjang Anda. Celupkan wajah selama 10 – 30 detik kedalam baskom berisi air dingin. Laksanakan maksimal 1 – 2 kali saja dalam seminggu maka hasil yang menakjubkan akan Anda dapatkan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

1. Mengempiskan Kantung Mata

Air es atau air dingin memiliki efek kontraksi pada kulit dan pembuluh darah yang mengaliri wajah. Kontraksi ini menyebabkan pembuluh darah menarik kembali air yang terkumpul dalam kantung mata. Hal ini merupakan cara alami mengempiskan kantung mata. Menggunakan air es akan mempercantik tampilan serta riasan make up Anda.

2. Memudarkan Bekas Kemerahan

Air es ampuh untuh mengatasi bekas kemerahan atau luka terbakar akibat sengatan sinar matahari. Cukup dengan mengikuti langkah yang telah disebutkan sebelumnya. Yakni dengan mencelupkan wajah ke dalam baskom yang berisi air dingin dan beberapa es batu selama 10 hingga 30 detik saja.

Hindari merendam wajah yang terbakar matahari terlalu lama dalam air dingin, karena justru akan menghambat sirkulasi darah dan menyebabkan luka terbakar atau bekas terbakar sukar sembuhnya.

3. Melawan Kerutan

Kerutan halus pada wajah dapat diatasi dengan melakukan perendaman wajah dengan air dingin. Proses cepat pendinginan kulit wajah akan membantu menunda proses aging dan penuaan yang mengakibatkan penuaan. Menambahkan beberapa bahan alami ke dalam baskom berisi air es akan lebih memberikan efek yang lebih baik untuk mengatasi kerutan pada wajah.

4. Mencerahkan dan Membuat Wajah Terlihat Lebih Segar

Melaksanakan perendaman wajah dengan air es dan es batu selama 10 – 30 detik dapat membantu mencerahkan dan membuat wajah terlihat lebih segar. Efek ini telah dibuktikan sendiri oleh beberapa artis Hollywood seperti Sonia Morgan dan Melodi Erdogan.

5. Meredakan Jerawat

Air es yang dingin juga memiliki efek meredakan jerawat. Termasuk pula meredakan nyeri akibat peradangan kulit pada kondisi jerawat. Secara tidak langsung air es juga menurup kelenjar minyak yang memproduksi minyak secara berlebihan di wajah. Sehingga jerawat akan enggan mampir dan merusak kecantikan kulit wajah Anda.

6. Menutup Pori pori Wajah yang Membesar

Untuk efeknya yang satu ini, air es sangat terkenal dan sangat ampuh dalam melawannya. Sesuai dengan yang telah dianjurkan di atas, cukup dengan merendam wajah ke dalam baskom berisi air es selama 10 hingga 30 detik saja maka pori pori yang membesar akan menyempit dengan sempurna.

Bahan Alami yang Dapat Digunakan Bersamaan dengan Air Es

Untuk meningkatkan dan memperkaya kandungan air es, maka beberapa bahan alami dapat Anda gunakan bersamaan. Berikut penjelasan serta cara mudah untuk membuatnya:

1. Air Perasan Jeruk

Anda dapat menggunakan air perasan jeruk untuk memperkaya kandungan air es. Di dalam perasan jeruk, terkandung banyak manfaat vitamin C sebagai antioxidan. Meredakan dan menyembuhkan jerawat yang meradang. Cara menggunakannya cukup mudah, Buatlah perasan jeruk menjadi es batu dan gunakan bersamaan dengan membasuh wajah menggunakan air dingin.

Atau Anda dapat menggunakan secara terpisah, setelah merendam wajah dengan air es selama 10 – 30 detik, lanjutkan penggunaan perasan jeruk berbentuk es batu pada area wajah untuk 10 – 30 detik yang kedua. Efek perasan jeruk akan semakin melengkapi kesegaran air es pada wajah Anda.

2. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya dapat secara langsung Anda gunakan sesaat setelah melakukan rendaman wajah dengan air es dan mengeringkan wajah dengan handuk kering. Gel lidah buaya bekerja sebagai pelembab alami pada wajah. Jika kulit Anda cederung berminyak, menggunakan gel lidah buaya justru akan mencerahkan dan menetralkan kembali kulit wajah Anda.

3. Madu dan Minyak Zaitun

Anda dapat mengkombinasikan madu dan minyak zaitun dengan air es sebagai rendaman wajah dengan cara membentuknya sebagai es batu. Penggunaannya serupa dengan menggunakan air perasan jeruk sebagai es batu. Dapat diaplikasikan sesaat setelah melakukan rendaman wajah dengan air es. Atau Anda dapat melakukannya secara terpisah berselang seling dengan perendaman air es.

Madu memiliki efek membersihkan kulit wajah yang kotor, sedangkan minyak zaitun akan membantu melembabkan wajah. Kombinasi madu dengan minyak zaitun akan semakin memperlengkap efek dan manfaat air es untuk wajah.

4. Madu dan Lemon

Berbeda antara kombinasi madu – minyak zaitun dengan madu dengan perasan jeruk lemon. Kombinasi madu dan perasan jeruk lemon membantu meredakan nyeri, kemerahan dan peradangan akibat jerawat yang pecah. Untuk menghemat penggunaannya, Anda dapat membuat es batu dengan campuran madu dan lemon terlebih dahulu.

Gunakan sesaat setelah melakukan rendaman wajah, atau dapat pula Anda gunakan es batu langsung sebagai campuran air es dalam baskom. Tunggu es batu agak mencair sebelum menggunakannya sebagai air bilasan atau rendaman wajah.

5. Minyak Esensial

Beberapa minya esensial juga sangat bermanfaat ketika dikombinasikan dengan air es sebagai rendaman atau air mencuci wajah. Karena minyak dan air tidak dapat bersatu, pemberian minyak essensial ini dapat dilakukan secara terpisah. Teteskan sedikit minyak esensial lemon, lavender atau tea tree oil pada handuk yang Anda gunakan pada selembar tissue atau kapas kering.

Balurkan pada wajah sesaat setelah melakukan rendaman wajah dengan air es. Kandungan minyak essensial akan menutrisi kulit, memberikan efek refreshing dan membantu mengobati peradangan akibat jerawat.

6. Cuka Apel Cidar

Cuka apel cidar mungkin akan agak sulit ditemukan di Indonesia. Bahan alami ini sangat terkenal akan manfaatnya sebagai antiaging. Membersihkan pori pori kulit dengan mengangkat bakteri dan minyak berlebih dari wajah. Kandungan antioksidan dalam cuka apel cidar juga mampu meningkatkan dan memperbaiki sirkulasi darah menuju wajah.

Anda dapat mencampurkan beberapa tetes cuka apel cidar dalam baskom berisi es batu untuk mengambil manfaatnya. Atau Anda juga dapat membentuknya menjadi es batu, serta melakukan gerakan pijat melingkar pada wajah. Mulai dari pipi kanan dan kiri, dahi, hidung dan dagu.

Ya, telah tersaji penjelasan singkat mengenai manfaat air es untuk wajah yang menakjubkan. Tidak akan ada permasalahan yang berarti pada kegiatan merendam dan membilas wajah dengan air dingin meski kegiatan ini mungkin agak menyakitkan. Namun bila telah terbiasa, Anda akan menyukai dan takjub dengan hasil yang Anda dapat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *