invisible hit counter invisible bg invisible ico

Ketahui Lebih Banyak Mengenai Ciri-Ciri Hamil Muda

Ketahui Lebih Banyak Mengenai Ciri-Ciri Hamil MudaCiri-ciri hamil muda merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang sedang mengharapkan kehadiran buah hati di tengah keluarga. Apalagi kehadiran anak merupakan suatu anugerah yang begitu menakjubkan sehingga pasangan suami istri tentu tidak mau ketinggalan semua momen dan tanda awal dari kehamilan. Mengetahui ciri-ciri hamil muda juga akan mempersiapkan keluarga Anda untuk menyambut kehadiran buah hati.

Kehamilan diawali oleh proses pembuahan sel telur oleh sel sperma. Sel telur ini nantinya akan berkembang dan bertumbuh menjadi lebih besar. Sel telur ini pun akan mengimplantasi dinding rahim Anda, atau menempel di dinding rahim agar dapat mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Kehamilan juga akan mengubah hormon seorang perempuan. Hal-hal di atas akan memberikan ciri-ciri hamil muda.

Ciri-ciri Hamil Muda yang Sering Terjadi Pada Ibu Hamil

Gejala orang hamil muda berbeda-beda tergantung untuk setiap orangnya. Yang pasti, semua orang hamil sudah mengandung sel telur yang sudah dibuahi di dalam rahimnya. Namun ciri-ciri hamil muda tidak selalu semua terjadi pada seorang perempuan. Keadaan ini dipengaruhi oleh kondisi fisik dan hormon yang berbeda di setiap perempuan.

Ciri-ciri hamil muda dapat dibagi menjadi ciri yang belum tentu pasti dan ciri yang pasti. Tanda belum pasti maksudnya ialah bahwa hal ini dapat terjadi pada kondisi kesehatan lainnya, namun bila dilihat secara keseluruhan merupakan gejala orang hamil muda. Ciri yang pasti ialah tanda yang dapat dibuktikan dan hampir dapat dipastikan bahwa orang tersebut hamil.

Ciri-ciri hamil muda : tanda yang tidak pasti

  • Perubahan pada payudara

Payudara akan terasa lebih lembut, membesar dan mengencang. Puting payudara juga akan terasa lebih gatal dan sensitive bila tersentuh oleh sesuatu, misalnya saja bra. Biasanya perubahan payudara ini akan memberikan sensasi tidak nyaman. Perubahan pada payudara ini disebabkan oleh perubahan hormon dan dapat menjadi ciri-ciri hamil 1 minggu.

  • Perdarahan atau bercak darah

Keluarnya sedikit bercak darah atau spotting dapat terjadi pada umur 1 minggu kehamilan sampai hari yang seharusnya menjadi hari menstruasi Anda yang berikutnya. Bercak darah dapat dilihat di pakaian Anda atau mungkin juga saat Anda sedang buang air kecil. Perdarahan yang sedikit ini normal terjadi dikarenakan hormon. Beberapa ahli juga berpendapat bahwa proses implantasi menyebabkan sedikit perdarahan.

  • Kram perut atau sakit perut

Sensasi kram pada perut terjadi karena proses implantasi calon janin. Perut akan terasa agak kencang bahkan bisa nyeri.

  • Mengidam

Menginginkan makanan tertentu yang berlebihan merupakan ciri-ciri hamil muda yang khas. Mungkin Anda jadi tidak berselera terhadap makanan tertentu namun mengidam makanan lainnya. Tanda ini merupakan ciri-ciri orang hamil 1 minggu, karena onsetnya lebih cepat dibandingkan terlambat haid. Jangan heran bila Anda tiba-tiba membenci makanan yang biasanya Anda sukai, namun malah ngidam makanan yang biasanya Anda hindari.

  • Lebih sensitif terhadap bebauan

Kemampuan menghidu Anda pun akan meningkat. Anda akan lebih peka terhadap bau makanan. Kadang beberapa aroma makanan akan terasa begitu menusuk di indera penciuman Anda.

  • Mual dan muntah

Perlu diingat bahwa tidak setiap ibu hamil akan mengalami gejala ini. Namun, mual terus menerus yang terjadi pada pagi hari merupakan salah satu ciri-ciri hamil muda yang paling sering terjadi. Biasanya mual dan muntah ini baru terjadi pada minggu ke-4 kehamilan. Sensasi mual yang diikuti muntah ini terjadi karena peningkatan hormon kehamilan. Mual dapat terjadi kapan saja, tidak melulu di pagi hari. Bila Anda mengalami muntah yang hebat, jangan lupa untuk minum banyak air putih dan bila perlu berobat ke dokter.

Apalagi ciri-cirinya? Artikel mengenai ciri-ciri hamil muda ini berlanjut ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *