invisible hit counter invisible bg invisible ico

Ketahui Khasiat Air Rebusan Daun Sirsak yang Luar Biasa

Khasiat Air Rebusan Daun Sirsak Bukan buahnya yang manis dan menyegarkan, justru khasiat obat datang dari air rebusan daun sirsak. Beberapa penemuan penelitian telah membuktikan bahwa senyawa dalam daun sirsak membawa kesembuhan dari segala macam penyakit. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai kandungan daun sirsak serta resep mendapatkan manfaat maksimal dari air rebusan daun sirsak.

Sirsak memiliki nama ilmiah Annona muricata L. Berasal dari Kepulauan Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Suhu tropis di Indonesia memungkinkan tanamah berbuah ini tubuh subur pula di area perbukitan. Beberapa lokasi sentra perkebunan sirsak di tersebar merata di penjuru Indonesia.

Mulai dari daerah Nagari Labuakbatingkok, Sumatera Barat hingga Kalianda, dan Gisting dan Gedong Tataan, Lampung, kemudian Karanganyar, Jawa Tengah, hingga kepulauan Bali dan Nusa Tenggara. Jenis tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian lahan antara 300 – 1200 meter diatas permukaan laut.

Berikut akan disajikan informasi mengenai kandungan senyawa dalam rebusan air daun sirsak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan Senyawa yang Terkandung Dalam Air Rebusan Daun Sirsak

Sirsak juga dikenal sebagai nangka belanda atau durian belanda. Tanaman ini ditanam secara komersil untuk diambil daging buahnya. Karbohidrat, Fruktosa, Vitamin B dan Vitamin C banyak terdapat pada daging buahnya. Beberapa kandungan senyawa di dalam rebusan air daun sirsak antara lain:

  1. Acetogenin

Senyawa ini diteliti oleh Profesor Soelaksono Sastrodihardjo PhD seorang Guru Besar Sekolah dan Ilmu Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung. Terbukti berkhasiat menghambat pertumbuhan berbagai macam sel kanker.

  1. Glikosida

Senyawa glikosida yang diaktivasi dalam tubuh manusia dapat membantu memecah partikel gula dalam darah, sehingga gula yang telah terpecah dapat dengan mudah diserap dan di ubah menjadi energi oleh sel.

  1. Tannin

Kandungan tannin dalam daun sirsak ditandai dengan rasa kesat dan sedikit pahit. Pada umumnya tannin banyak ditemukan dalam daun teh. Fungsi utama tannin sebagai antivirus dan antimikroba. Membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh anda.

  1. Alkaloid

Senyawa alkaloid berfungsi dalam perbaikan sel yang rusak. Senyawa ini juga ditemui pada daging buah sirsak. Sehingga mengkonsumsi rebusan air daun sirsak dapat membantu dalam percepatan penyembuhan luka operasi.

  1. Flavonoid

Senyawa flavonoid berfungsi sebagai anti mikroba dan antivirus. Penelitian terbaru yang dilaksanakan oleh Fakultas Biologi, Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2013 mampu membuktikan bahwa dalam perasan daun sirsak, terdapat senyawa aktif flavonoid yang apabila diberikan kepada tikus mencit melalui pemberian oral/lewat mulut saja, dapat meningkatkan sistem imunitas mencit.

Resep untuk memperoleh khasiat air rebusan daun sirsak

Untuk mendapatkan daun sirsak dengan kandungan senyawa terbaik, pilihlah daun yang berusia tidak terlalu muda ataupun tidak terlalu tua. Pilihlah pada area tulang daun ke 2 hingga ke 4. Berikut disajikan beberapa resep rebusan daun sirsak dan jenis penyakit spesifik yang dapat ditangani dengan air rebusan daun sirsak:

1. Resep untuk penyakit kanker

Daun sirsak terbukti dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker dan tumor, serta melindungi sel sehat dari pertumbuhan sel yang abnormal.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut rebus daun sirsak sebanyak 10 – 15 lembar dalam 3 gelas air, dengan api kecil 200 ml air rebusan daun sirsak (setara dengan 1 gelas air). (dosis sekali minum). Setelah dingin, saring air rebusan daun sirsak dan berikan kepada penderita sebanyak tiga kali sehari selama 2 minggu.

2. Resep untuk penyakit osteoporosis

Rebusan air daun sirsak terbukti mampu mencegah terjadinya osteoporosis. Yakni pengeroposan tulang yang rentan dialami oleh seseorang yang kurang asupan kalsium serta wanita yang memasuki masa manopouse.

Kegunaan daun sirsak yang lain terletak pada kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya, dimana kedua zat ini bermanfaat untuk menambah kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteporosis. Tentu saja, selain mengkonsumsi daun sirsak, seseorang juga harus menambah asupan sumber kalsium lainnya seperti susu, produk susu, dan sayur-sayuran seperti misalnya brokoli hijau.

3. Resep untuk penyakit asam urat

Penyakit asam urat terjadi ketika seseorang mengalami kelebihan purin dan terjadi penumpukan zat asam urat tersebut di persendian.

Untuk membantu mengurangi penumpukan asam urat tersebut rebus daun sirsak sebanyak 7 – 10 lembar dalam air sebanyak 400 ml (setara dengan 2 gelas air) menggunakan api kecil hingga tersisa 200 ml air rebusan daun sirsak (setara dengan 1 gelas air). Setelah dingin, saring air rebusan daun sirsak dan hendaknya dikonsumsi dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

4. Resep untuk penyakit tekanan darah tinggi

Pada penderita darah tinggi rebus daun sirsak sebanyak 7 lembar dengan tambahan rambut jagung manis yang muda (dari 3 buah jagung muda) dalam 400 – 600 ml air (setara dengan 2 – 3 gelas air). Gunakan api kecil hingga mendidih. Setelah dingin, saring air rebusan daun sirsak. Untuk pengobatan, konsumsi dua – tiga kali sehari.

5. Resep untuk penyakit kolesterol

Penyakit kolesterol biasanya mengiringi terjadinya penyakit asam urat. Untuk resep bagi penderita kelebihan kolesterol jahat dalam darah silahkan rebus 3 – 5 lembar daun sirsak di dalam air sebanyak 600 ml (setara dengan 3 gelas air). Gunakan api kecil hingga tersisa 200 ml air rebusan daun sirsak (setara dengan 1 gelas air). Setelah dingin, saring air rebusan daun sirsak dan konsumsi sebanyak satu kali sehari di pagi hari.

6. Air rebusan daun sirsak juga membantu dalam pencegahan terjadinya diabetes

Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa rebusan air daun sirsak dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh serta membantu dalam perbaikan pancreas yang rusak.

Normalnya gula darah sebelum makan akan berkisar antara 70 – 130 mg/dL. Dua jam setelah makan, kadar normal tidak boleh melebihi ambang 180 mg/dL. Dan saat berpuasa selama minimal 8 jam kadar gula darah normal tidak boleh melebihi 110 mg/dL.

Resep untuk penderita diabetes adalah dengan merebus 3 – 5 lembar daun sirsak dalam 2 gelas air hingga mendidih dengan api kecil. Setelah dingin saring air nya dan minumkan pada penderita diabetes secara rutin 2 kali dalam sehari.

7. Resep untuk mengatasi kerusakan rambut

Selain beberapa resep khusus untuk penyakit spesifik di atas, rebusan air daun sirsak juga memiliki fungsi untuk membantu menumbuhkan rambut yang mengalami kerontokan serta mengusir kutu rambut. Yakni dengan mengusapkan air rebusan daun sirsak pada kulit kepala anda secara rutin.

8. Sediaan berbentuk teh daun sirsak

Untuk kemudahan dan meningkatkan nilai komersil dari daun sirsak itu sendiri. Telah tersedia pula teh daun sirsak. Anda tidak perlu kesulitan mencari daun sirsak, cukup dengan menyeduh teh dengan air panas. Maka manfaat air rebusan daun sirsak akan dapat anda rasakan.

Demikian informasi mengenai khasiat air rebusan daun sirsak yang penting untuk anda ketahui. Meski penelitian mendalam mengenai khasiat air rebusan daun sirsak ini belum dapat ditemukan. Bolehlah kiranya mengkonsumsi air rebusan ini sebagai alternatif dalam pengobatan penyakit anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *