invisible bg invisible ico

Ketahui Efek Samping Suntik Putih yang Berbahaya bagi Tubuh

Ketahui Efek Samping Suntik Putih yang Berbahaya bagi TubuhJika saat ini Anda berkeinginan melaksanakan prosedur kecantikan yakni suntik putih permanen, beberapa hal mengenai efek suntik putih ini harus Anda waspadai. Suntik putih memang merupakan salah satu cara instan yang saat ini banyak dipilih oleh para wanita.

Berikut akan dijelaskan pula secara singkat prosedur suntik putih permanen, zat yang digunakan serta efek serta daya tahan suntik putih pada kulit manusia. Selamat membaca!

Inilah Bahan yang Digunakan dalam Suntik Putih dan Prosedur Pelaksanaannya

Suntik putih memang menjadi tren baru – baru ini, terutama pada kelompok wanita kalangan atas karena prosedur suntik putih memang tidaklah murah. Berbagai faktor melatar belakangi penggunaan suntik putih ini, dan rata – rata memang menginginkan kulit yang putih dan bersinar selayaknya artis Korea.

Perlu Anda ketahui juga suntik putih hanya dapat dilaksanakan dan sah dilakukan oleh dokter yang profesional dan terlatih. Sehingga, sangat penting sebelum melaksanakan suntik putih Anda wajib untuk berkonsultasi dengan dokter kecantikan untuk mengetahui cara kerja serta dosis yang tepat untuk jenis kulit dan usia Anda. Hindari tawaran suntik putih oleh salon maupun tenaga kesehatan yang tidak memiliki lisensi maupun pengalaman perihal prosedur suntik putih ini.

Berbagai merk obat suntik pemutih kulit terjual di klinik kecantikan maupun apotek dan toko obat. Kandungan dalam obat pemutih kulit ini biasanya adalah glutathione, vitamin C dan kolagen. Glutathion merupakan zat aktif yang sebenarnya diproduksi secara alami dalam tubuh manusia. Bersifat antioksidan dan sangat banyak terutama pada organ hati, pankreas, limpa dan mata.

Menyuntikkan glutathione dalam pembuluh darah di bawah kulit dapat menghambat produksi melanin sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih putih. Selain fungsinya yang memutihkan, Glutathion mengandung anti radikal bebas, memperbaiki dan mensintesis DNA. Glutathione juga mendukung proses detoksifikasi tubuh dengan lebih baik, bahkan mampu meningkatkan imunitas tubuh dari dalam dan mencegah terjadinya kanker.

Berbeda dengan fungsinya dalam memutihkan kulit, Vitamin C dan kolagen lebih berfungsi sebagai antioksidan pada kulit. Tercukupinya antioksidan dari dalam melalui suntikan akan memberikan efek yang baik bagi kulit seseorang. Kulit nampak kenyal dan bebas dari bekas kehitaman maupun bekas luka akibat jerawat.

Untuk prosedur pelaksanaan suntik putih sendiri, akan lebih baik jika dilaksanakan oleh dokter spesialis kecantikan yang berkualitas dan berpengalaman. Hanya dokter profesional dan terlatih yang dapat melaksanakan prosedur suntik putih. Sebelum melaksanakan terapi suntik putih Dokter pun harus melaksanakan tindakan pemeriksaan dan pengecekan riwayat kesehatan.

Dokter juga akan memeriksa terlebih dahulu mengenai kondisi ginjal, liver atau hati maupun kondisi penyakit lainnya. Ginjal dan hati Anda harus benar benar dalam kondisi yang sehat, karena menginjeksikan zat seperti Glutathion, Vitamin C dan Kolagen meskipun bersifat baik namun dapat meningkatkan resiko terjadinya kegagalan pada organ ginjal dan hati. Sangat penting juga untuk Anda pastikan bahwa obat yang digunakan merupakan obat injeksi yang aman dan telah terstandar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI).

Pemeriksaan alergi juga harus dilaksanakan sebelum terapi suntik putih. Tes alergi yang dilaksanakan berupa tes kulit, yakni dengan menginjeksikan sedikit dosis obat suntik putih dalam pembuluh darah Anda dan melihat reaksinya. Beberapa orang yang tidak toleran atau alergi terhadap bahan dalam obat suntik putih akan menunjukkan reaksi alergi seperti kemerahan, gatal dan bengkak pada area suntikan. Setelah melaksanakan berbagai prosedur tersebut, barulah Dokter akan melaksanakan proses suntik putih.

Perlu pula Anda waspadai mengenai dosis yang digunakan haruslah benar benar sesuai dengan dosis dan kebutuhan harian Anda. Kondisi berlebihan dalam penyuntikan vitamin C justru dapat menyebabkan berbagai efek samping yang akan dibahas pada paragraf selanjutnya.

Efek Suntik Putih bagi Kulit dan Kesehatan Organ Tubuh Lainnya

Tentu saja efek memutihkan merupakan efek utama yang dicari dan dituju dari penggunaan suntik putih. Berikut beberapa efek positif maupun negatif dari suntik putih yang penting untuk Anda ketahui:

1. Menekan Produksi Melanin

Penyuntikan glutathione, vitamin C dan kolagen melalui pembuluh darah otomatis akan menurunkan produksi dan aktivitas dari melanin. Yakni sel pigmen atau warna kulit yang melindungi dari paparan sinar UV dari matahari. Ketika melanin ini berkurang, maka secara otomatis warna kulit akan semakin cerah namun hal ini tentu berefek lain yakni kulit akan lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Kondisi melanin yang berkurang dalam tubuh seseorang juga dikenal sebagai kondisi hipopigmentasi. Tidak hanya kulit yang akan mengalami pemudaran warna, namun rambut dan mata akan mengalami perubahan warna ke arah yang lebih cerah.

2. Tidak Dianjurkan pada Kondisi Hamil dan Menyusui

Belum terdapat penelitian mengenai efek samping suntik putih terhadap kondisi kehamilan dan menyusui. Akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan atau menyuntikkan bahan kimia aktif untuk menghindarkan dari kondisi cacat janin, pengaruh terhadap pertumbuhan serta perkembangan janin, serta berbagai kelainan yang tentu saja tidak akan Anda inginkan.

Bagi Anda yang sedang hamil dan menyusui namun menginginkan kulit yang cerah dan sehat, konsumsilah berbagai bahan alam yang juga mengandung antioksidan alami seperti buah dan sayuran organik. Tidak hanya manfaat pada kulit saja yang akan Anda dapatkan, konsumsi buah dan sayuran yang baik selama kehamilan dan menyusui akan menjaga kebugaran dan kesehatan organ pencernaan. Meningkatkan produksi ASI dan memperkaya kandungan gizi dalam ASI.

3. Bereaksi dengan Obat-obatan Lain

Zat kimia di dalam suntik putih merupakan berbagai zat yang sebenarnya digunakan dalam pengobatan maupun proses recovery para pasien penderita kanker selepas maupun sebelum menjalani proses kemoterapi. Berbagai efek samping kemoterapi yang merugikan seperti kerusakan syaraf, organ seperti jantung, paru – paru dapat dicegah dengan menggunakan glutathione atau suntik putih.

Beberapa jenis obat kemoterapi dapat menimbulkan reaksi obat yang berbahaya bagi tubuh manusia. Sehingga, perlu Anda waspadai untuk tidak menggunakan suntik ini bersamaan dengan obat-obatan berjenis kemoterapi.

4. Ketidakstabilan Hormon

Suntik putih dapat berefek pula pada kestabilan hormon dalam tubuh manusia. Hormon yang terkena dampak dari suntik putih adalah hormon estrogen dan katalase. Sebuah penelitian yang dilaksanakan pada 43 wanita berusia 22 hingga 51 tahun oleh Chang et al (2015) menunjukkan bahwa terhadap hubungan antara glutathione dengan kedua hormone tersebut. Semakin meningkat kandungan glutathione dalam darah maka kadar estrogen dan katalase akan ikut meningkat.

Estrogen yang terlalu tinggi dalam tubuh seseorang terutama wanita akan menyebabkan kelelahan, moody dan gangguan dalam tidur. Dapat terjadi pula penurunan nafsu makan yang akan lebih mengganggu keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

5. Gangguan Pencernaan dan Perkemihan

Vitamin C merupakan zat yang tidak diproduksi oleh tubuh dan harus didapatkan dari sumber lain seperti sumber makanan maupun suplemen dan suntikan vitamin C. Batas konsumsi vitamin C perhari hanyalah 60 – 100 mg/harinya. Ketika injeksi suntik putih dengan kandungan vitamin C yang amat tinggi disuntikkan setiap harinya, maka akan beresiko pada terjadinya pembentukan kristal vitamin C dalam ginjal.

Selain itu kandungan vitamin C yang berlebihan justru dapat mengganggu sistem pencernaan. Perdarahan dalam lambung dapat terjadi, penurunan nafsu makan hingga berbagai keluhan lain yang dapat terjadi pada saluran pencernaan dan perkemihan.

Demikian informasi mengenai efek suntik putih baik positif maupun efek negatifnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi rekomendasi Anda untuk melaksanakan suntik putih atau menunda pelaksanaan suntik putih dan berpikir kembali. Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *