invisible hit counter invisible bg invisible ico

Ketahui Ciri-Ciri Sakit Maag dan Berbagai Macam Penyebabnya

Ketahui Ciri-Ciri Sakit Maag dan Berbagai Macam PenyebabnyaTerkadang ciri-ciri sakit maag sering sekali diabaikan, karena dianggap sebagai ciri atau gejala penyakit yang biasa saja. Namun demikian jika diabaikan, maka bisa jadi penyakit maag tersebut bertransformasi menjadi maag akut yang tentu saja lebih berbahaya untuk kesehatan. Maag sendiri adalah sebuah penyakit akibat kelebihan zat asam yang diproduksi oleh lambung. Nah, asam tersebut akan membuat selaput lendir pada lambung mengalami iritasi. Padahal jika masih berada pada kadar yang normal, asam lambung ini berfungsi untuk mengolah makanan yang masuk ke dalamtubuh. Namun terkadang maag juga bisa terjadi sebagai gejala atau pertanda suatu penyakit yang menggerogoti lambung karena terjadinya peradangan pada lambung. So, untuk lebih jelasnya tentang tanda tanda penyakit maag, simak informasinya berikut ini.

Beberapa Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Maag

Sebelum membahas lebih jauh tentang ciri-ciri sakit maag dan juga tentang obat sakit maag, Anda tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja hal yang bisa membuat produksi asam lambung menjadi berlebih. Nah, tak bisa dipungkiri bahwa masalah yang bisa membuat Anda terserang penyakit maag adalah karena makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Jenis makanan pertama adalah cokelat, makanan yang mengandung kakaoi, kafein, dan juga beberapa stimulan lain di dalamnya. Tanpa Anda sadari jika Anda mengonsumsi cokelat dalam bentuk apapun, hal ini bisa meningkatkan kadar asam lambung di dalam tubuh Anda. Apalagi cokelat juga salah satu sumber lemak di mana lemak juga bisa memengaruhi kadar asam lambung Anda. Bahkan gorengan pun juga bisa loh membuat Anda sakit maag. Benarkah demikian?

Sama seperti cokelat, gorengan juga pastinya mengandung lemak yang sangat tinggi. Hal ini tentu akan memengaruhi jumlah atau kadar asam lambung yang diproduksi oleh lambung. Dan risiko lain yang bisa dirasakan oleh Anda yang sangat suka makan gorengan adalah bisa mengalami rasa nyeri pada bagian ulu hati atau yang juga disebut dengan heartburn. Maka dari itu mulai sekarang kurangi dan kendalikanlah konsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak lemak. Sebelum akhirnya nanti Anda merasakan berbagai macam ciri-ciri sakit maag.

Selain makanan, ternyata ada beberapa minuman yang juga berpotensi membuat seseorang mengalami maag. Salah satunya adalah minuman bersoda, yang secara umum sifat minuman ini memang sangat asam. Apalagi dengan terjadinya efek karbonisasi yang bisa membuat perut Anda menjadi kembung. Dan akhirnya produksi asam lambung meningkat dan perut Anda pun terasa tidak nyaman. Namun mungkin minuman bersoda masih sedikit lebih aman ketimbang minuman beralkohol. Pasalnya mengonsumsi bir atau berbagai jenis minuman keras lainnya juga berpotensi meningkatkan asam lambung.

Jika Anda suka minum susu, Anda juga harus pandai memilih susu yang Anda konsumsi. Pastikan susu yang Anda minum tersebut adalah susu yang tidak berlemak tinggi. Sama seperti makanan berlemak, efek susu berlemak tinggi juga akan membuat kadar asam lambung meningkat. Maka dari itu cobalah cari susu yang rendah lemak, apalagi ketika Anda sedang melakukan program diet.

Ciri-Ciri Sakit Maag yang Sebaiknya Diketahui Sejak Awal

Penyakit maag terkadang memang dianggap sebagai penyakit ringan yang juga sering disepelekan. Apalagi jika penyakitnya masih pada tahapan-tahapan awal. Gejalanya terkadang memang tidak terlalu parah, namun penderita maag akan merasakan gejala yang sangat mengganggu.

Yang pertama adalah penderita maag isa merasakan nyeri pada tukak lambung. Rasa nyeri ini terasa seperti dibakar dan akan terasa dari tulang dada sampai ke pusar. Bahkan rasa panas dan nyeri ini bisa terjadi beberapa menit hingga beberapa jam. Namun kemudian rasa nyeri ini bisa pergi dengan begitu saja. Dan jika kondisi perut Anda sedang kosong alias Anda belum makan, maka ciri-ciri sakit maag ini akan kemali terjadi. Langkah penanganannya bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi obat maag untuk menurunkan asam lambung.

Artikel mengenai ciri-ciri sakit maag dan berbagai macam penyebabnya ini berlanjut ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *