invisible bg invisible ico

Cara Menaikkan Tensi Darah dan Mengapa Mengonsumsi Kambing Tidak Dianjurkan

Ketahui Cara Cepat Menaikkan Tensi DarahPusing, keletihan dan gampang mengantuk sering dialami oleh orang yang memiliki tensi atau tekanan darah rendah. Berikut akan disajikan informasi mengenai berbagai cara menaikkan tensi darah dengan cepat dan aman. Akan disajikan pula informasi mengenai tanda gejala tensi yang rendah sebelum masuk kepada inti pembahasan. Selamat membaca!

Tanda dan Gejala ketika Anda Mengalami Tensi atau Tekanan Darah yang Rendah

Cukup mudah mengenali berbagai tanda dan gejala tekanan darah yang rendah. Selain melaksanakan pengukuran dengan alat pengukur tensi atau sphygmomanometer yang menunjukkan angka dibawah 90/60 mmHg.

Namun sebenarnya, tekanan darah yang rendah tidak selalu menyebabkan gejala atau gangguan fisik dan tidak selalu merupakan tanda terjadinya sebuah penyakit. Para atlet kesehatan bahkan ada yang memiliki tekanan darah 80/50 mmHg. Hal ini bermakna bahwa hipotensi (istilah medis untuk tensi/tekanan darah rendah) sering bersifat relatif. Dapat merupakan keadaan normal maupun keadaan sakit.

Berikut akan dijelaskan mengenai tanda dan gejala lain ketika terjadi tekanan darah rendah pada seseorang:

  • Pusing Berkunang ketika Berpindah Posisi

Orang yang memiliki tensi rendah biasanya akan merasa pusing berkunang ketika harus berpindah posisi tubuh dengan cepat. Sebagai contohnya berpindah posisi dari duduk ke berdiri. Dan juga dari posisi berbaring ke posisi berdiri. Berpindah secara perlahan dan bertahap adalah solusinya.

  • Pingsan

Tidak jarang orang dengan tensi rendah akan mudah pingsan. Hal ini terjadi ketika darah tidak mampu mengaliri darah secara optimal menuju otak. Otak yang kurang mendapat oksigen tidak hanya dapat menyebabkan pingsan tapi juga dapat menyebabkan koma dan tidak sadarkan diri.

  • Penglihatan yang Menurun dan Gelap

Daya penglihatan yang kabur atau menurun merupakan salah satu pertanda terjadinya tensi rendah. Hal ini terjadi karena berkurangnya aliran darah menuju mata, sehingga kondisi kurangnya oksigen pada sel mata menurunkan ketajaman dan penglihatan pada mata.

  • Kulit Pucat dan Rasa Kedinginan

Kulit pucat merupakan tanda rendahnya tekanan darah dalam tubuh seseorang. Hal ini terjadi ketika darah tidak mampu mengaliri bagian terluar dari kulit seseorang. Menyebabkan pucat dan rasa dingin pada tangan atau kaki.

  • Susah Konsentrasi

Tanda lain dari terjadinya tensi rendah adalah susahnya seseorang untuk berkonsentrasi. Tubuhnya lemas dan tidak bersemangat ketika menjalankan pekerjaan atau ketika belajar di kelas.

Bagaimana Cara Menaikkan Tekanan Darah dengan Cepat dan Aman

Setelah mengetahui berbagai tanda dan gejala tensi yang rendah. Maka saat nya pembahasan mengenai cara menaikkan tekanan darah dengan cepat dan aman.

  • Berolahraga Rutin

Berolahraga rutin dapat membantu memperbaiki sirkulasi jantung dan pembuluh darah. Olahraga cardio seperti berjalan, bersepeda dan berenang adalah jenis olahraga yang disarankan untuk dilaksanakan secara rutin bagi penderita tekanan darah rendah.

  • Kafein

Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan kinerja jantung. Sehingga tekanan darah dapat meningkat secara bertahap dan Anda akan merasa lebih bersemangat ketika beraktivitas.

Konsumsi maksimal kafein adalah 200 mg per hari. Lebih dari itu, kafein justru dapat memperberat kinerja jantung dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lain bahkan kematian.

  • Kismis

Kismis adalah salah satu bahan alami yang paling baik untuk meningkatkan tensi darah. Kandungan alaminya mampu menjaga kesehatan kelenjar adrenal, sebagai kelenjar yang bertugas mengatur tekanan darah dalam tubuh manusia.

Rendam sekitar 30 hingga 40 biji kismis dalam semangkuk air semalaman. Dan nikmati kismis pada pagi hari. Rutinkan konsumsi kismis ini hingga satu bulan untuk melihat perubahan yang terjadi pada tekanan darah Anda.

  • Air Garam

Garam merupakan bumbu dapur yang penting jika Anda mengalami tekanan darah rendah. Senyawa natrium dan klorida merupakan susunan senyawa kimia dalam garam. Meningkatnya tekanan darah ketika mengkonsumsi makanan yang asin sebenarnya sangat dipengaruhi oleh natrium yang terkandung dalam makanan tersebut.

Natrium ini tidak hanya terkandung dalam garam saja, namun juga pada penyedap makanan (MSG), dan pengawet makanan (natrium benzoate). Batas konsumsi garam yang dianjurkan oleh American Heart Association tidak lebih dari 2.300 gr per hari. Hal ini bermakna bahwa dalam sehari konsumsi garam yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 1 sendok teh.

Cukup dengan menambahkan garam ke dalam masakan atau membuat larutan garam yang diminum setiap pagi, maka tekanan darah yang rendah dapat meningkat menjadi normal. Kelebihan asupan garam justru akan menjadi penyebab tensi tinggi yang beresiko kepada stroke atau pecah pembuluh darah dan penyakit kerusakan ginjal.

  • Buah dan Sayuran yang Cocok untuk Penderita Tensi Rendah

Beberapa buah dan sayuran cocok untuk penderita tensi rendah. Sebagai contohnya buah semangka banyak mengandung vitamin A yang dibutuhkan dalam produksi sel darah merah. Mengkonsumsi semangka secara rutin dapat meningkatkan tensi darah.

Buah alpukat juga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Karena dalam buah alpukat terkandung lemak tidak jenuh yang baik untuk kesehatan otot jantung dan kelenturan pembuluh darah. Selain itu buah delima, kurma dan anggur merupakan buah buahan yang kaya akan vitamin B dan merupakan syarat terbentuknya hemoglobin dalam darah.

Brokoli, bayam, sawi dan lobak adalah jenis sayuran yang sehat dan aman dikonsumsi oleh penderita tensi rendah. Keempat jenis sayuran ini banyak mengandung berbagai vitamin dan mineral terutama yang diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah merah dengan optimal.

  • Menggunakan Stocking Kompresi

Stocking kompresi adalah sebuah metode yang menggunakan kaus kaki elastis namun cenderung ketat. Penggunaan stocking kompresi ini akan memberikan tekanan tambahan pada pembuluh darah di bagian bawah tubuh, yakni area perut hingga kaki.

Dengan adanya penekanan maka aliran darah balik ke jantung menjadi lebih optimal. Sehingga tekanan darah akan meningkat, dan sirkulasi darah juga akan semakin lancar. Penggunaan metode ini harus tetap dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter karena tidak semua kondisi tensi rendah dapat teratasi dengan penggunaan stocking kompresi.

Ketika yang terjadi adalah kaki pucat dan kebiruan, serta lebam. Maka penggunaan stocking kompresi tidak dianjurkan. Perbanyak konsumsi air putih dan cairan lebih disarankan untuk meningkatkan tensi darah yang rendah pada kondisi tersebut.

Mitos Mengenai Konsumsi Daging Kambing pada Peningkatan Tensi Rendah

Banyak kepercayaan yang berkembang di masyarakat bahwa konsumsi daging kambing merupakan cara yang cepat dalam meningkatkan tensi darah yang rendah. Pada satu sisi hal ini dibenarkan, karena konsumsi daging kambing akan meningkatkan kadar lemak dalam darah.

Tingginya kadar lemak akibat konsumsi daging kambing akan menyebabkan menumpuknya lemak dalam pembuluh darah, menyebabkan sempitnya pembuluh darah sehingga tekanan yang diberikan oleh jantung akan menjadi tinggi.  Secara otomatis tensi akan menjadi naik dan meningkat.

Namun penggunaan daging kambing dalam jangka lama justru menjadi cara yang salah. Lemak yang menumpuk pada pembuluh darah justru menjadi boomerang bagi penderita tensi rendah. Bahaya pecah pembuluh darah dan stroke dapat mengancam kesehatan. Selain itu fungsi ginjal juga akan memberat, kegagalan dan kerusakan organ ginjal dapat terjadi.

Keseimbangan dalam hidup adalah yang dibutuhkan untuk pengaturan tekanan darah dalam tubuh manusia. Olahraga rutin disertai dengan diet dan konsumsi makanan sehat seimbang lebih dianjurkan daripada menggunakan cara cepat namun berdampak buruk bagi kesehatan.

Demikian artikel mengenai cara menaikkan tensi darah beserta sedikit tambahan informasi mengenai tanda dan gejala tensi darah yang rendah serta mitos mengenai daging kambing. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *