invisible hit counter invisible bg invisible ico

Ketahui Apa Saja Penyebab Nyeri Dada Kiri yang Paling Umum

Ketahui Apa Saja Penyebab Nyeri Dada Kiri yang Paling UmumPada jaman sekarang, rasanya sudah menjadi rahasia umum bahwa nyeri dada kiri biasanya dan paling sering disebabkan oleh penyakit jantung. Biasanya orang akan menjadi panik, entah dirinya sendiri atau kerabatnya, bila merasakan nyeri dada kiri. Ya, nyeri dada kiri memang lazim disebabkan oleh penyakit jantung, namun ternyata masih ada penyebab medis lainnya yang dapat menyebabkan seseorang merasakan sensasi nyeri dada kiri.

Di bidang kedokteran, nyeri dada kiri dapat dibedakan menjadi nyeri dada yang berhubungan dengan penyakit jantung atau disebut cardiac pain dan nyeri dada yang tidak berkaitan dengan penyakit jantung. Satu hal yang perlu diingat adalah sensasi nyeri dada harus selalu dianggap serius sampai terbukti secara objektif bahwa nyeri tersebut tidak membahayakan nyawa Anda. Untuk mengetahui penyebab nyeri dada lebih lanjut, ikuti tulisan di bawah ini.

Penyakit yang Lazim Menyebabkan Nyeri Dada Kiri

Secara anatomi tubuh manusia, beberapa organ selain jantung ternyata dapat pula menyebabkan nyeri dada kiri. Organ-organ yang dapat menimbulkan sensasi tersebut ialah jantung, paru-paru, lambung dan saluran pencernaan hingga otot dan tulang. Maka, tidaklah heran bila nyeri dada kiri dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit pada organ tersebut.

Penyakit Jantung dan Nyeri Dada Kiri

Beberapa penyakit jantung memang lazim menyebabkan nyeri dada kiri. Dua penyakit jantung utama yang dapat menyebabkan nyeri dada kiri adalah angina pectoris dan serangan jantung. Dan perlu diingat bahwa dua penyakit ini tidak dapat dianggap sepele dan membutuhkan penanganan segera.

  • Angina Pektoris

Penyakit ini juga lazim disebut sebagai coronary artery disease. Artinya, penyakit ini timbul karena adanya penyempitan pembuluh darah koroner yang berfungsi menyallurkan darah untuk kehidupan organ jantung. Bila pembuluh darah koroner menyempit maka jantung akan kekurangan oksigen dan hal inilah yang menyebabkan nyeri dada kiri.

Ciri khas dari angina pectoris adalah nyeri yang timbul pada saat beraktivitas berat, misalnya bermain sepakbola, naik tangga dan bermain tenis; serta nyeri akan menghilang dan membaik bila penderita beristirahat. Karakteristik nyeri dada ini ialah terasa seperti ditekan, dihimpit, atau ditindih benda berat. Terkadang, nyeri dada dapat menjalar ke lengan, pundak, punggung dan rahang kiri.

  • Serangan Jantung

Myocard Infarct atau serangan jantung adalah penyebab nyeri dada kiri yang perlu diwaspadai dan paling ditakuti. Penyakit ini sebenarnya mirip dengan angina pectoris namun sudah sampai pada tahap yang lebih gawat yaitu pembuluh darah sudah menyempit hingga 90% atau malah tersumbat sama sekali. Pembuluh darah dapat menyempit karena timbunan kolesterol, pengaruh zat rokok serta aktivitas berat. Sedangkan penyumbatan pembuluh darah dapat terjadi karena pecahnya gumpalan kolesterol dan menjadi sumbatan dai saluran pembuluh darah. Di tahap ini, jantung benar-benar kehilangan oksigen dan membutuhkan penanganan medis segera.

Ciri khas dari serangan jantung ialah nyeri dada kiri seperti angina pektoris (namun tidak membaik bila istirahat) dan nyeri terasa sangat berat, ditambah keringat dingin, rasa mual, muntah, rasa tidak enak badan dan sesak napas.

  • Penyakit Jantung Lainnya

Selain dua penyakit utama di atas, penyakit jantung lainnya dapat menyebabkan nyeri dada kiri. Contohnya adalah perikarditis, penyakit katup jantung, kardiomiopati dan miokarditis.

Waspadailah munculnya nyeri pada dada kiri karena banyak diantaranya merupakan gejala penyakit berat. Di halaman 2 masih ada beberapa penyebab nyeri dada kiri yang bisa Anda ketahui.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *