invisible hit counter invisible bg invisible ico

Ketahui Apa Saja Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Previous 1 2
  • Minyak

Bagi Anda yang sudah mencoba memberikan makanan campuran bagi bayi seperti bubur saring dari sayur dan daging, tambahkan minyak pada bubur tersebut. Minyak sangat baik untuk menaikkan berat badan bayi karena mengandung lemak. Pilihlah minyak seperti minyak olive atau minyak wijen. Tambahkan 1-2 sendok teh pada bubur saring anak Anda.

  • Ubi Manis

Selain rasanya enak dan manis, ubi manis dapat dipakai sebagai makanan penambah berat badan bayi. Berikan ubi manis pada bayi berusia 6 bulan ke atas. Ubi mengandung lemak jenuh dalam kadar yang rendah, serat, magnesium, kalium, Vitamin A, C dan B6 dalam kadar yang tinggi. Kalori yang terkandung pun banyak dan padat.

  • Alpukat

Sama seperti buah pisang, alpukat juga merupakan makanan penambah berat badan bayi. Kandungan lemak yang sehat pada alpukat dapat membantu menaikkan berat badan anak. Alpukat juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan. Berikan alpukat dalam bentuk bubur lembut bagi bayi berusia di atas 6 bulan.

  • Telur

Berikan telur pada bayi berusia di atas 8 bulan. Telur mengandung banyak sekali protein di putih telur dan kolesterol di kuning telur. Hati-hati bahwa telur menyebabkan reaksi alergi pada beberapa anak. Telur dapat disajikan dalam bentuk telur rebus, di orak-arik dan di goreng.

  • Selai Kacang

Selain enak, selai kacang juga cocok diberikan pada bayi untuk membantu menaikkan berat badannya. Berikan selai kacang pada anak umur 10 bulan ke atas. Selai kacang mengandung banyak kolesterol dan protein yang dapat menaikkan berat badan bayi. Bila anak Anda telah berusia 1 tahun, selai kacang dapat menjadi teman roti tawar bagi menu makanan anak Anda.

  • Kebiasaan Makan

Kebiasaan makan merupakan kunci yang penting untuk menaikkan berat badan anak Anda. Kebanyakan anak kecil yang mulai beranjak ke usia balita mengalami fase sulit makan sehingga tidak sedikit orangtua yang mengeluh karena hal ini. Untuk itu, kebiasaan makan yang baik sudah harus dipupuk sejak dini.

Berikan anak Anda bubur saring dari nasi, daging dan sayur sejak usia 8 bulan dibandingkan dengan pemberian bubur susu. Hal ini akan membiasakan anak Anda untuk makan makanan orang dewasa saat ia menginjak umur yang lebih besar. Orangtua yang memiliki kebiasaan makan yang baik seperti makan sayur dan daging yang bergizi juga akan menularkan kebiasaan ini kepada anak-anaknya karena anak terbiasa dengan kebiasaan orangtuanya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan makanan pada bayi / anak untuk pertama kali adalah faktor alergi. Beberapa anak memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu, jadi cobalah untuk memberikannya dalam jumlah sedikit dahulu untuk melihat apakah ada reaksi alergi.

Panduan Berat Badan Ideal Bayi

Memiliki bayi yang sehat dan gizi yang baik merupakan tujuan semua orangtua. Namun tidak jarang juga bayi yang gemuk. Kegemukan seharusnya dilawan sejak dini karena akan membawa masalah ketika anak beranjak dewasa karena membuatnya rentan terkena berbagai penyakit. Untuk itu sebaiknya Anda mengetahui berat badan ideal bayi

  • Berat badan bayi akan turun beberapa gram dibandingkan saat lahir. Jangan khawatir karena ini adalah hal yang normal.
  • Sampai usia 3 bulan, berat badan bayi naik 175-210 gram per minggu
  • Usia 5 bulan, berat badan bayi harus 2x berat badan saat lahir
  • Usia 1 tahun, berat badan bayi harus 3x berat badan saat lahir
  • Usia 2,5 tahun, berat badan bayi harus 4x berat badan saat lahir

Kombinasikan makanan-makanan penambah berat badan bayi setiap harinya agar bayi mendapat banyak nutrisi yang cukup dan beragam. Jangan lupa untuk membiasakan bayi Anda makan bubur saring dibuat oleh bahan makanan sehari-hari ketimbang pemberian bubur susu yang instan. Jadikan acuan sederhana berat badan ideal bayi sebagai patokan Anda dalam menambah berat badan bayi Anda.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *