invisible bg invisible ico

Kenalilah Ciri-Ciri Wanita Mandul Sedini Mungkin

Kenalilah Ciri-Ciri Wanita Mandul Sedini MungkinSebagai kaum wanita, apabila telah menjalani kehidupan pernikahan dalam waktu cukup lama namun tidak kunjung dikaruniai keturunan, Anda mungkin bertanya-tanya apa ciri-ciri wanita mandul. Mandul atau infertilitas adalah sebuah kondisi yang mempengaruhi setidaknya 1 dari 6 pasangan suami istri. Pasangan suami istri dikatakan memiliki masalah infertilitas apabila mereka telah berusaha memiliki keturunan tanpa metode kontrasepsi apapun selama satu tahun penuh. Kemandulan pada wanita atau female infertility adalah apabila penyebab masalah infertilitas tersebut dari pihak wanita. Faktanya, kontribusi kemandulan pada wanita pada seluruh kasus infertilitas mencapai hingga 30%.

Penyebab kemandulan pada wanita dapat bermacam-macam. Di antaranya adalah apabila ada gangguan pada proses ovulasi, kerusakan pada rahim atau tuba falopi, atau apabila ada masalah pada leher rahim. Usia juga dapat berkontribusi pada masalah ketidaksuburan pada wanita, karena seiring dengan pertambahan usia, kesuburan seorang wanita secara alami akan mengalami penurunan.

Berikut Ciri-Ciri Wanita Mandul yang Sebaiknya Anda Waspadai

Seperti yang telah disampaikan pada paragraf sebelumnya, salah satu penyebab kemandulan pada wanita adalah apabila terdapat gangguan ovulasi. Gangguan ovulasi itu sendiri dapat diakibatkan oleh banyak hal, di antaranya adalah ketidakseimbangan hormon, kista, gangguan makan, penyalahgunaan obat atau alkohol, gangguan tiroid, stres, dan siklus menstruasi yang tidak normal. Dengan demikian, dari beberapa penyebab di atas dapat kita simpulkan bahwa ciri-ciri wanita mandul di antaranya adalah:

  • Siklus menstruasi di luar rentang normal

Siklus menstruasi adalah bagian penting dari proses ovulasi, yang dapat menunjukkan normal tidaknya kerja hormon dalam tubuh dan ada tidaknya gangguan pada proses ovulasi. Siklus menstruasi yang terlalu panjang (lebih dari 35 hari), terlalu pendek (kurang dari 21 hari), tidak teratur, atau bahkan tidak menstruasi sama sekali dapat menimbulkan kesulitan dalam menentukan masa subur dan akibatnya membuat kehamilan lebih sulit terjadi.

  • Berat badan terlalu kurus atau gemuk

Berat badan normal dapat dilihat dari Indeks Massa Tubuh (IMT), caranya dengan membagi berat badan (dalam kilogram) dengan tinggi badan (dalam meter kuadrat). IMT normal berkisar antara 18.5 – 24.9. Salah satu ciri-ciri wanita mandul adalah apabila berat badannya terlalu kurus atau gemuk, yang dapat dilihat dari IMT-nya (kurus atau underweight adalah apabila IMT <18.5 dan gemuk atau overweight adalah apabila IMT >25).

Hal ini tidak berarti wanita yang terlalu kurus atau gemuk tidak dapat hamil. Wanita yang terlalu kurus atau gemuk masih berpeluang untuk mengandung bayi, namun faktor berat badan yang tidak normal ini dapat mengurangi peluang keberhasilannya. Hal ini karena, pada saat tubuh terlalu kurus atau gemuk, hormon-hormon dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan optimal. Tidak hanya hormon reproduksi saja, namun juga hormon untuk menunjang fungsi tubuh lainnya. Akibatnya, proses ovulasi dapat terganggu yang menyebabkan masalah infertilitas atau kemandulan terjadi.

  • Adanya tanda-tanda ketidakseimbangan hormon yang dapat diamati secara fisik

Mekanisme kerja hormon dalam tubuh kita memang rumit, namun bukan berarti tidak termanifestasi pada fisik seseorang. Justru, adanya ketidakseimbangan hormon dapat menimbulkan tanda-tanda yang dapat diamati, seperti misalnya perubahan warna kulit, banyaknya jerawat yang timbul di kulit, penurunan dalam gairah untuk melakukan hubungan suami istri, tumbuhnya rambut-rambut halus di sekitar dagu, bibir, dan dada, serta kerontokan atau penipisan rambut.

Tanda dan gejala lain yang mungkin berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon yaitu pertambahan berat badan (secara signifikan dan dalam waktu singkat), keluarnya cairan berwarna putih susu dari puting payudara (padahal tidak sedang menyusui), dan rasa nyeri ketika melakukan hubungan suami istri. Tanda dan gejala tersebut dapat menjadi ciri-ciri wanita mandul, meskipun harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya.

  • Tumor atau kista

Sindrom polikistik ovari atau polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah gangguan sistem endoktrin pada wanita usia subur, dimana ovarium seorang wanita berisi kista-kista kecil. Normalnya, ovarium hanya memproduksi sejumlah kecil hormon androgen (hormon yang mencirikan karakteristik jenis kelamin pria). Namun pada ovarium yang terkena PCOS, hormon androgen yang diproduksi menjadi lebih banyak sehingga wanita yang mengalami PCOS bisa jadi terganggu ovulasinya, dan sebagai akibatnya sulit hamil. Adanya PCOS adalah ciri-ciri wanita tidak subur yang paling banyak dijumpai.

Selain PCOS, endometriosis atau tumor jinak pada rahim berkontribusi terhadap sulitnya seorang wanita untuk memiliki keturunan. Endometriosis dapat menutupi tuba falopi sehingga menghalangi sel sperma untuk bertemu dengan sel telur. Endometriosis juga dapat mempengaruhi dinding rahim, yang menyebabkan sulitnya calon janin (sel telur yang sudah dibuahi oleh sel sperma) melakukan pelekatan, sehingga kehamilan sulit terjadi. Apapun mekanismenya, adanya riwayat menderita PCOS maupun endometriosis sudah menjadi salah satu ciri-ciri wanita mandul yang harus diwaspadai.

  • Memiliki kebiasaan merokok dan/atau mengkonsumsi alkohol

Selama ini yang kita ketahui adalah bahwa merokok dapat merusak sistem pernafasan dan kardiovaskuler. Namun bagi seorang wanita, dampak negatif rokok bisa jadi lebih jauh daripada itu. Merokok ternyata dapat menimbulkan kerusakan pada leher rahim dan tuba falopi. Tuba falopi adalah tempat bertemunya sel telur dan sel sperma. Apa yang terjadi apabila tuba falopi mengalami kerusakan? Ya, tentu saja peluang terjadinya pembuahan akan menjadi lebih kecil sehingga secara otomatis peluang hamil pun mengalami penurunan.

Selain itu, merokok dapat meningkatkan resiko keguguran dan kehamilan ektopik (kehamilan yang terjadi di luar rongga rahim). Merokok juga dipercaya membuat ovarium seorang wanita ‘menua’ dan membuat stok sel telur habis lebih cepat. Selain rokok, kebiasaan mengkonsumsi alkohol pun bukan hal yang patut dipertahankan apabila seseorang ingin segera menimang buah hati.

  • Pernah atau sedang menderita Penyakit Menular Seksual (PMS)

Ciri-ciri wanita mandul yang berikutnya adalah apabila ia sedang atau memiliki riwayat menderita penyakit menular seksual (PMS), seperti klamidia atau gonore. Komplikasi PMS adalah dapat menyebabkan penyakit radang panggul, dimana terjadi infeksi pada organ reproduksi wanita seperti rahim, tuba falopi, leher rahim, dan ovariumnya.

Salah satu tanda infeksi yang terjadi adalah timbulnya jaringan parut pada organ reproduksi yang dapat mengganggu proses ovulasi dan memperkecil peluang seorang wanita untuk hamil. Seseorang beresiko untuk terkena PMS apabila ia berhubungan badan dengan lebih dari satu orang, atau tertular dari pasangannya apabila pasangannya berhubungan badan dengan orang lain.

  • Stres

Zaman yang semakin maju justru membuat stres semakin sulit dihindari. Pasalnya, tuntutan hidup pun semakin tinggi baik dari segi kebutuhan dasar, kebutuhan aktualisasi diri, maupun dalam hal bersosialisasi dengan orang lain. Wanita yang hidup di kota besar, dengan tuntutan pekerjaan yang menantang, ditambah lagi apabila ada konflik dengan keluarga maupun rekan, membuat manajemen stres menjadi hal yang sangat penting apabila ia sedang merencanakan untuk memiliki buah hati. Tidaklah berlebihan apabila dikatakan bahwa salah satu ciri-ciri wanita mandul adalah mudah stres.

Wanita yang berada dalam kondisi stres, tubuhnya akan menghasilkan banyak hormon adrenalin dan kortisol, yang dapat secara aktif mengganggu bahkan menghentikan ovulasi. Dalam jangka panjang, stres membuat daya tahan tubuh mengalami penurunan dan tubuh akan menjadi lebih mudah sakit. Hal ini akan membuat energi tubuh terpusat pada bagaimana membangun kembali sistem kekebalan tubuh yang baik, karena bagaimanapun juga tubuh dengan daya tahan yang lemah bukan merupakan lingkungan yang baik bagi calon janin untuk tumbuh dan berkembang.

Demikian artikel yang dapat kami sajikan mengenai ciri-ciri wanita mandul. Perlu diperhatikan bahwa sekalipun seorang wanita memiliki ciri-ciri seperti yang telah disebutkan, hal ini tidak berarti ia tidak akan bisa memiliki anak sama sekali. Dokter akan melakukan berbagai metode untuk memperbesar peluang hamil. Selain itu, masalah kesuburan tidak hanya terletak pada wanita. Dalam banyak kasus, adanya infertilitas terjadi karena adanya masalah pada suami. Untuk itu pemeriksaan kesuburan harus melibatkan suami istri. Pengobatannya pun memerlukan kerjasama yang baik dari kedua belah pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *