invisible hit counter invisible bg invisible ico

Kenali Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Berikut Ini

Kenali Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Berikut IniManfaat kacang hijau untuk ibu hamil memang sudah banyak dikenal dimasyarakat sejak dulu. Kehamilan bagi mereka yang sudah menikah memang merupakan saat yang ditunggu-tunggu untuk memiliki momongan. Banyak hal dilakukan oleh pasangan-pasangan yang sedang berbahagia ini untuk menjaga kesehatan sang ibu maupun janin yang sedang dikandung. Berbagai makanan dianjurkan bagi wanita hamil untuk dikonsumsi karena konon memiliki khasiat yang baik bagi kandungan sang ibu. Begitu pula dengan kacang hijau, sudah sejak lama jenis kacang polong ini dikonsumsi sebagai menu makanan wanita hamil. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Phaseolus aereus ini juga terkenal karena kandungan protein nabati tinggi di dalam bentuknya yang mungil. Untuk itu kacang hijau menjadi salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil, lalu apa saja kandungan yang memberikan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil? Mari kita simak pembahasan berikut ini!

Nutrisi Penting Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Selama menjalani kehamilan seorang wanita hamil membutuhkan banyak nutrisi tambahan guna mengoptimalkan perkembangan sang buah hati di dalam kandungan. Selain kandungan protein juga terdapat berbagai manfaat yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang seperti asam folat yang mutlak dibutuhkan oleh bayi. Mari kita simak apa saja manfaat kacang hijau untuk ibu hamil berikut!

  • Protein

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang pertama akan kita bahas adalah kandungan protein nabati yang tinggi. Mengapa protein menjadi begitu penting dalam kehamilan? Seperti kita ketahui  protein bersama karbohidrat dan lemak merupakan makronutrien yang sangat penting dalam menu makanan setiap orang. Protein dibutuhkan dalam jumlah yang cukup banyak dalam porsi makanan kita, karena merupakan senyawa pembangun yang penting bagi tubuh.

Protein merupakan senyawa yang penting dalam pembentukan organ tubuh manusia sejak di dalam kandungan dan tidak hanya itu berat badan bayi saat lahir juga sangat dipengaruhi oleh asupan protein saat ibu sedang hamil. Seorang tiap wanita dalam kehamilannya membutuhkan tambahan 25 gram protein setiap harinya. Rata-rata seorang ibu hamil membutuhkan kurang lebih 46-71 gram protein per hari, bahkan bisa lebih jika wanita hamil sedang mengandung anak kembar.

Sumber protein memang banyak jenisnya dan tidak hanya kacang hijau, anda dapat mengkonsumsi berbagai sumber protein seperti daging-dagingan, ikan, telur, kacang kedelai dan beberapa jenis makanan lain.

  • Vitamin B

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil berikutnya adalah kandungan vitamin B yakni B1 (tiamin) dan juga vitamin B2 (riboflavin) yang berguna bagi tumbuh dan kembang seorang bayi. Tiamin merupakan vitamin yang dibutuhkan oleh anda dan buah hati di dalam kandungan untuk mengubah karbohidrat yang masuk ke dalam sistem pencernaan menjadi energi. Hal ini penting untuk menjaga fungsi sistem saraf, pergerakan otot dan juga jantung. Seorang wanita hamil membutuhkan 1,4 miligram vitamin B1 ini setiap harinya.

Selain itu dalam setiap biji kacang hijau terkandung riboflavin yang memiliki fungsi untuk mendukung pertumbuhan, mengoptimalkan penglihatan dan juga penting untuk pertumbuhan tulang, otot dan saraf bayi. Sama halnya dengan vitamin B1, seorang wanita hamil membutuhkan 1,4 miligram vitamin B2 per hari. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia atau kurang darah dan juga sariawan pada mulut.

  • Kalsium dan fosfor

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah kandungan kalsium di dalamnya. Dalam kehamilannya seorang wanita hamil akan mengalami kekurangan kalsium, karena harus berbagi dengan sang buah hati yang juga membutuhkannya untuk pertumbuhan tulang dan email giginya. Untuk itulah saat hamil sang ibu membutuhkan tambahan kalsium untuk dirinya dan sang buah hati sehingga risiko terkena osteoporosis (tulang keropos) menurun.

Selain kalsium manfaat kacang hijau untuk ibu hamil juga disebabkan oleh kandungan fosfor, yang juga memiliki peran cukup penting untuk pertumbuhan sang buah hati. Fosfor merupakan mineral yang akan membantu pertumbuhan tulang serta ginjal dan merupakan salah satu mineral untuk memperbaiki kerusakan jaringan. Seorang wanita hamil membutuhkan kurang lebih 700 miligram fosfor per hari.

  • Serat

Seorang wanita membutuhkan asupan serat yang cukup dalam menu makanan mereka agar mengoptimalkan kerja usus halus dalam penyerapan nutrisi. Itulah mengapa kacang hijau menjadi salah satu makanan yang bisa memberikan manfaat itu. Selain itu manfaat kacang hijau untuk ibu hamil di samping untuk menjaga asupan nutrisi yang diserap, juga untuk melancarkan pencernaan.

Seorang wanita hamil akan akan merasa tidak nyaman jika mengalami susah buang air besar, perut yang terasa makin penuh dan rasa tidak nyaman karena harus mengedan merupakan hal yang perlu dihindari saat menjalani kehamilan. Untuk itu penting bagi seorang wanita hamil untuk mengkonsumsi serat yang cukup setiap hari, selain dari kacang hijau anda juga bisa mendapatkannya dari buah dan sayuran.

  • Lemak

Kacang hijau juga memiliki kandungan lemak di dalamnya, namun ibu hamil tidak perlu khawatir karena kandungan yang dimiliki kacang hijau merupakan kandungan lemak tak jenuh yang justru baik bagi kesehatan jantung.

  • Asam folat

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang terakhir akan kita bahas ini merupakan manfaat utama yang diharapkan oleh wanita hamil dari kacang hijau. Asam folat sangat penting bagi pertumbuhan seorang anak terutama dalam pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf. Asupan asam folat sangat penting untuk seorang bayi dalam pembentukan sistem saraf mereka terutama pada trimester awal kehamilan. Untuk itulah seorang wanita yang ingin memiliki momongan harus mencukupi kebutuhan asam folat sejak awal bahkan sebelum anda hamil.

Kekurangan asam folat bagi bayi selama tahap perkembangannya di awal kehidupan dapat menyebabkan bayi tersebut lahir dengan kelainan yakni spina bifida. Spina bifida merupakan suatu kelainan kongenital dimana terbentuk celah pada tulang belakang bayi dan sangat berpotensi menyebabkan kelainan saraf bahkan kelumpuhan. Kekurangan asam folat ini juga bisa menyebabkan kelainan bawaan berupa bibir sumbing dengan berbagai tipe dan derajat.

Asam folat selain didapatkan dari kacang hijau juga dapat dikonsumsi oleh wanita hamil dari suplemen asam folat yang mengandung 400 mikrogram asam folat. Suplemen ini biasa diberikan kepada seorang wanita yang ingin memilki anak dan dilanjutkan hingga 12 minggu pertama kehamilan.

Semua manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang sudah disebutkan di atas dapat ditemukan dengan mudah jika anda mengkonsumsi kacang hijau dan juga berbagai makanan sehat lainnya. Jangan lupa untuk memperhatikan tingkat kebersihan dan juga kematangan makanan yang ingin anda konsumsi selama kehamilan. Demikianlah artikel manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang bisa kami bagikan kepada pembaca sekalian. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan kehamilan anda berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *